Tidak Harus Online Untuk Bercocok Tanam Dimana Saja Melalui FarmVille 2: Country Escape

Zynga menawarkan FarmVille 2 September 2012 lalu. Namun game tersebut tetap harus dimainkan online di depan PC. Solusinya, spin-off FarmVille 2 ini, dirilis untuk iOS dan Android, dan bisa dimainkan secara offline.

FarmVille-2-Country-Escap-1

Game simulasi bercocok-tanam FarmVille yang diproduksi Zynga, sempat menjadi game terpopuler di Facebook sejak pertama kali diluncurkan pertengahan Juni 2009 lalu. Namun perlahan kepopulerannya mulai menurun. Meskipun jumlah pemainnya tidak semasif masa-masa awalnya di media sosial, namun Zynga tetap menawarkan sekuelnya FarmVille 2, yang dirilis September 2012 lalu, serta kembali menjadi game terpopuler di Facebook pada tahun 2012. Namun Zynga yang mulai sadar jika gamer mobile jauh lebih besar populasinya, mereka juga membuat spin-off FarmVille 2 untuk iOS dan Android.

FarmVille-2-Country-Escap-2

Spin-off yang berjudul FarmVille 2: Country Escape tersebut pertama kali diungkapkan awal Maret 2014 kemarin. Menurut Zynga, FarmVille 2: Country Escape adalah game mobile baru yang berbeda dengan FarmVille 2 di Facebook, serta hanya bisa dimainkan di smartphone dan tablet. Kamu masih dihadapkan dengan tanah pertanian, yang kini mengambil setting di sekitar pantai, dimana kamu berperan untuk memulihkan tanah pertanian keluarga. Walaupun berbeda, namun ada Connected Rewards diantara keduanya, yang memungkinkan kita mensinkronisasikan data antara mobile dan facebook, dan kemudian saling bertukar benda berharga diantara tanah pertanian mereka pada kedua versi game. Gamer juga bisa mengirim sumber daya seperti air.

FarmVille-2-Country-Escap-3

Zynga menambahkan juga bahwa FarmVille 2: Country Escape hadir agar pengalaman FarmVille bisa terus dinikmati penggemarnya, walaupun mereka tidak berada di depan monitor PC. Dan karena fokusnya untuk permainan mobile, kita bisa memainkan FarmVille 2: Country Escape tanpa perlu terus terhubung ke internet.

FarmVille-2-Country-Escap-9

Setelah menjalani masa beta mulai 7 April 2014 lalu, akhirnya Zynga merilis FarmVille 2: Country Escape untuk semua wilayah, dan untuk mereka pengguna Android dan iOS. Meskipun Zynga mengatakan berbeda, namun kami mendapati banyak nuansa FarmVille 2 di sini. Seperti grafis yang meningkat pesat dari seri pertama, tidak lagi 2D, dan kini grafis 3D-nya makin baik memperlihatkan detail tanah pertanian dengan sudut pandang permainan yang baru yang dinamis, dimana obyek terlihat lebih detail ketika kamu makin mendekatkan sudut pandang kameranya.

FarmVille-2-Country-Escap-4

Beberapa hal lain yang membedakan dengan FarmVille pertama seperti perputaran aktivitas pertanian, kini ritmenya plant–water–wait–harvest — dan tidak perlu harus membajak lahan yang sebelumnya digunakan untuk menggunakannya kembali. Untuk mengairi lahan kamu membutuhkan air, dan persediaannya terbatas. Air tersebut otomatis diberikan ke kita pada interval permainan tertentu, sehingga wajar jika kamu intens bermain, disediakan opsi untuk menerima air dari kiriman teman, atau juga didapatkan dari sumur. Pohon juga harus disiram sebelum bisa memproduksi buah. Hasil pertanian kini juga tidak langsung memberi kita coin, namun kamu akan menyimpannya dulu ke dalam inventory, yang kemudian bisa dijual untuk coin atau memproduksi barang berharga lainnya. Sebagian besar hasil pertanian, bisa juga digunakan untuk memberi makan hewan ternak, agar hewan-hewan tersebut bisa memproduksi sumber daya pertanian lainnya.

FarmVille-2-Country-Escap-5

Game ini memang dirilis gratis, namun seperti game Zynga lainnya, in-app purchase menjadi sumber pemasukan utama mereka. Selain coin, salah satu sumber rujukan IAP adalah Keys (ditawarkan dengan harga mulai Rp. 12 ribu hingga 469 ribu, dan bahkan ada yang mencapai 1 jutaan). Perannya sama seperti Farmbucks pada FarmVille 2. Kamu mutlak membutuhkan banyak Keys untuk membeli banyak item dalam game, meskipun versi mobile ini tidak terlalu bergantung padanya. Tentu saja, seperti game freemium lainnya, hidupmu akan menjadi lebih mudah ketika berbelanja IAP yang ditawarkan developernya. Selain melalui membeli Keys, kamu bisa mendapatkannya dengan menyelesaikan quast, yang biasanya memberi 1 atau 2 Keys.

FarmVille-2-Country-Escap-8

Quast menjadi bagian fitur yang dinikmati pengguna mobile. Dengan memainkan Anonymous Mode, kamu bisa mengakses quest, menjual good, dan memperluas tanah pertanianmu tanpa perlu harus terkoneksi ke media sosial yang selama ini menjadi satu syarat penting memainkannya.

FarmVille-2-Country-Escap-6

Meskipun nama FarmVille tidak seramai sebelumnya, namun versi mobile ini berkata lain. FarmVille 2: Country Escape berhasil menorehkan debut yang baik di dua store mobile dimana game ini berada. Di iTunes App Store, FarmVille 2: Country Escape langsung melejit dan masuk chart Top Free Apps dengan menduduki posisi ketiga, dan juga posisi ke 42 pada chart Top Grossing. Sedangkan di Google Play Store juga bermasil menyusup sebagai salah satu 100 Top Free in Games (tepatnya posisi 76).

FarmVille-2-Country-Escap-7

  • Dapatkan FarmVille 2: Country Escape versi iOS melalui Apple App Store. Membutuhkan iOS minimal versi 5.1 dan jatah storage 60.5 MB.
  • Dapatkan FarmVille 2: Country Escape versi Android melalui Google Play Store. Membutuhkan Android minimal versi 4.03 dan jatah storage 46 MB. 

FarmVille 2: Country Escape – OFFICIAL TRAILER

[youtube id=”Ob011RcCY9g”]

Share this article

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.