nVidia Siapkan Shield 2, Gunakan Tegra K1 Dengan Kemampuan Melampaui Konsol

Para pengguna nVidia Shield mungkin masih sibuk dengan update barunya, dan tidak terpikir harapan mendapatkan penerus handheld tersebut. Sebaliknya, ternyata sudah ada kabar info spesifikasi nVidia Shield 2.

nVidia-Shield-Update-8

Penulis yakin banyak gamer mobile yang masih sekadar tergiur saja dengan nVidia Shield, karena tidak bisa mendapatkannya dengan mudah. Atau mereka pengguna Shield, mungkin masih sibuk dengan update barunya yang eksis mulai awal April 2014 lalu, dan kami yakin tidak terpikir harapan segera mendapatkan penerus handheld tersebut. Namun ternyata sudah ada rumor yang menyebutkan jika nVidia sudah menyiapkan Shield 2. Informasi pertamanya kami dapatkan melalui data hasil benchmark.

Data berupa hasil benchmark AnTuTu tersebut jelas menuliskan beberapa bagian hardware pembangunnya. Mulai chipset nVidia Tegra K1 dengan empat core prosesor ARM Cortex-A15 MPCore R3 pada kecepatan 2.5GHz, plus satu core untuk menghemat daya. Dan karena menggunakan Tegra K1 varian 32-bit, nVidia pun hanya mampu membenamkan maksimal 4GB RAM (tertulis jelas pada data benchmark) saja dalam Shield 2 tersebut. Dari klaim nVidia, Tegra K1 dengan GPU 192 core yang kecepatannya 950 Mhz tersebut seharusnya mampu menghasilkan kinerja komputasi mencapai 364.79GFlops, dan dianggap sudah mampu menandingi konsol seperti X360 dan PS3.

nVidia-Shield-2-1

Dibandingkan Shield pertama, ada prosesor quad-core Tegra 4 pada 1.9GHz dengan 2GB RAM. Kemudian data AnTuTu juga tidak melaporkan mengenai ukuran layar, hanya resolusinya disebutkan 1440 x 810-pixel, atau sedikit meningkat dari 1280 x 720-pixel pada Shield pertama. Informasi lainnya seperti 16GB internal storage, GPU nVidia GeForce (Kepler) kamera depan berkualitas VGA, menjalankan Android 4.4.2 Kit Kat. 

Data benchmark tersebut belum resmi, namun tentunya jika benar ada, penulis tidak sabar menunggu hadirnya handheld game sekuat konsol last gen tersebut.

Sumber: AnTuTu

Share this article

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.