Prediksi Plot Assassin’s Creed : Unity Berdasarkan Petunjuk Tersembunyi

Plot cerita Assassin’s Creed terbaru yang mengambill setting Perancis ternyata telah disisipkan sebagai petunjuk tersembunyi. Mari kita gali bersama informasi tersebut, dan kemungkinan plot cerita Assassin’s Creed : Unity.

duniaku-acunity-04

Ubisoft telah memberikan petunjuk bahwa seri Assassin’s Creed belum berakhir di Assassin’s Creed IV : Black Flag, dengan menayangkan sepotong klip yang menunjukkan aksi seorang Assassin di settingan tempat yang baru. Berdasarkan klip tersebut, dilihat dari lingkungan, suasana masyarakat, ornamen bangunan, dan jubah Assassin yang tampil di sana, maka diperkirakan setting cerita Assassin’s Creed selanjutnya adalah di Perancis. Dan melihat judul yang ditampilkan yaitu Assassin’s Creed : Unity dengan lambang Assassin yang sekilas seperti guillotine (alat eksekusi pemenggalan leher berupa pisau raksasa yang dijatuhkan), maka diperkirakan era dari Assassin’s Creed : Unity ini adalah ketika berlangsungnya Revolusi Perancis.

Plot cerita saat Assassin’s Creed di Perancis ini ternyata telah ada di beberapa petunjuk tersembunyi di seri Assassin’s Creed sebelumnya. Kali ini Penulis berusaha mengumpulkan petunjuk dari seri Asassin’s Creed sebelumnya yang menyiratkan informasi dan kemungkinan plot cerita di Assassin’s Creed : Unity.

Codex Map

Altair’s Codex adalah codex yang disusun oleh Altair, salah satu Master Assassin dari Levantine di era Perang Salib yang menjadi dasar pengembangan metode dan falsafah hidup bagi faksi Assassin di dunia. Selain terkait dengan pedoman hidup bagi para Assassin, Altair juga mengumpulkan catatan pribadi serta informasi yang ia dapat selama menelaah kekuatan dari Apple of Eden. Saat dalam pengaruh kekuatan Apple of Eden, ia melihat visi dan ilmu yang jauh di luar jangkauan pengetahuannya. Ia mencatat dan mengumpulkannya dalam sebuah codex, dan salah satu isi codex yang menarik adalah gambaran peta dunia.

Assassins creed unity 02

Yang menarik dari peta dunia ini adalah karena saat itu orang belum memahami bahwa dunia itu bulat, sedangkan gambar yang ditampilkan adalah peta yang menunjukkan bahwa Bumi itu bundar. Selain itu peta dunia itu menunjukkan detil lokasi-lokasi yang diperkirakan merupakan lokasi keberadaan Piece of Eden di Bumi. Terkait dari kemungkinan plot cerita di Assassin’s Creed : Unity, salah satu lokasi yang menunjukkan keberadaan Piece of Eden adalah sebuah lokasi di sekitar selatan Perancis /utara Spanyol. Menurut pembicaraan di internet, tempat yang ditunjuk ini adalah di Rennes-le-Château, Perancis.

Assassins creed unity 03

Tempat ini juga ditunjukkan pada Codex Wall, dinding di markas Assassin Ezio Auditore di Monteriggioni. Apakah lokasi ini akan didatangi oleh Assassin di Assassin’s Creed : Unity? Jika ditelaah lebih jauh, lokasi Paris (dugaan awal cerita utama) dan Rennes-le-Château memiliki jarak sekitar 800 km. Apakah cakupan cerita Assassin’s Creed : Unity akan seluas ini, seperti halnya Assassin’s Creed III yang menjelajahi luasnya Amerika Serikat. Medan di daerah Rennes-le-Château sendiri sepertinya cocok sebagai markas Assassin.

Assassins creed unity 04

Hal ini menyiratkan pertanyaan bagi Penulis, antara lain: Apakah nantinya daerah Rennes-le-Château ini menjadi markas Assassin di Paris, selayaknya Masyaf bagi Levantine Assassin dan Monteriggioni bagi Italian Assassin? Dan Piece of Eden apa yang tersembunyi di sini? Apakah Assassin di era ini menguasai Piece of Eden tersebut? Ataukah Piece of Eden ini berada di tangan Templar?

The Glyph

Glyph adalah pesan tersembunyi yang disampaikan oleh Clay Kazmareck atau Subject 16 di dalam animus. Pesan ini adalah petunjuk kebenaran yang ia dapat selama mengalami berbagai memori dari berbagai zaman terkait dengan Piece of Eden, Assassin,Templar, dan lain sebagainya. Subject 16 terlalu diforsir untuk mengalami memori dari berbagai subjek sehingga membuat dirinya mengalami Bleeding Effect, dimana ia mendapat kemampuan dan memori dari subjek yang diaksesnya. Hal ini membuat Subject 16 menjadi gila dan membuatnya terbunuh. Sebelum Subject 16 menemukan ajal, ia menyebar informasi ini berupa Glyph di segala penjuru animus untuk dapat diakses Desmond Miles.

Assassins creed unity 00

Salah satu Glyph yang terkait dengan setting Perancis adalah informasi bahwa Napoleon Bonaparte memiliki Apple of Eden. Hal ini dipercaya menjadi salah satu sebab keberhasilan Napoleon memperluas wilayah kekuasaannya. Seperti yang kami prediksikan, Assassin’s Creed : Unity berlangsung di masa Revolusi Perancis yang berlangsung pada 1789-1799, sedangkan Napoleon lahir pada 1769 dan menjadi Kaisar Perancis pada 1804-1814. Namun mungkin saja pada suatu masa saat Revolusi Perancis, plot ceritanya bersinggungan dengan Napoleon dimana pada 1789 ia masih menjadi prajurit Perancis di batalion Corsica. Apakah salah satu plot di Assassin’s Creed : Unity akan terhubung dengan penguasaan Apple of Eden oleh Napoleon? Bagaimana Apple of Eden itu berada di tangan Napoleon? Apakah ini plot dari Templar atau taktik dari Assassin? Tentu hal ini akan menjadi menarik jika benar dimunculkan di Assassin’s Creed : Unity.

Simbol Phrygian Cap

Ketika Desmond dan para Assassin berhasil mengakses Coloseum Vault, mereka mendapat pencitraan berbagai simbol di dalam Vault tersebut. Salah simbol yang tampak adalah Phrygian Cap. Phrygian Cap, atau dikenal juga sebagai Liberty Cap, adalah simbol nasionalisme bangsa Perancis berupa topi merah, yang menyiratkan kebebasan bagi masyarakat Perancis. Simbol ini dipakai di berbagai gerakan kemerdekaan dan puncaknya adalah Revolusi Perancis.

Assassins creed unity 07

Assassins creed unity 01

Di dalam Colosseum Vault ini, simbol Phrygian Cap bersandingan dengan Masonic Eye. Shaun Hasting menyebut hal ini sebelum ruang dan waktu membeku akibat intervensi Juno. Yang dimaksud Shaun Hasting bahwa simbol Phrygian Cap dan Masonic Eye bersandingan di suatu tempat adalah pada Declaration of the Rights of Man and of the Citizen (Déclaration des droits de l’homme et du citoyen)yang tidak lain adalah dokumen hasil perjuangan Revolusi Perancis dalam memperjuangkan hak asasi manusia. Apakah Phyrgian Cap ini akan menjadi simbol yang berperan penting dalam sepak terjang Assassin di Assassin’s Creed : Unity, seperti halnya Freemason pada Revolusi Amerika?

Assassins creed unity 06

Keterlibatan Connor Kenway dan Aveline

Dalam Perang Revolusi di Amerika, pihak Amerika Serikat mendapat bantuan dari Perancis, karena saat itu Perancis juga bertikai dengan Britania Raya. Connor Kenway atau Ratohnhaketon, Assassin dari Amerika, juga ikut berperan dalam beberapa misi dan pertempuran Perang Revolusi. Dari sinilah Connor Kenway bertemu dengan pemimpin pasukan Perancis yaitu Lafayette dan Paul de Grasse. Lafayette bahkan menawarkan Connor agar kelak ia bisa berkunjung ke Paris.

Assassins creed unity 08

Jika Connor benar memenuhi tawaran Lafayette ini, maka bisa jadi Connor juga terlibat di Revolusi Perancis, karena Lafayette ikut serta dalam Revolusi Perancis setelah kembali dari Perang Revolusi Amerika. Beberapa teori juga menduga bahwa tokoh utama Assassin’s Creed : Unity ini bisa jadi adalah Connor Kenway juga. Atau Connor mungkin hadir sebagai cameo untuk  mendukung Assassin dalam game ini.

Sedangkan Aveline, salah satu Assassin koloni Amerika merupakan keturunan Perancis-Afrika, dan berasal dari keluarga pedagang dari Perancis. Aveline mungkin saja kembali ke Perancis untuk menelusuri jejak keluarganya, sembari membantu gerakan Assassin di Perancis.

Simbol dan petunjuk ini walaupun tersembunyi dan sekilas namun tertanam sejak lama pada seri Assassin’s Creed terdahulu. Bisa jadi, petunjuk-petunjuk ini sebenarnya mengantar kita pada cerita di Assassin’s Creed : Unity kelak. Jika hal ini benar terjadi, tentu semakin menarik menanti kreativitas Ubisoft dalam mengembangkan game dan cerita Assassin’s Creed di masa mendatang.

Apakah citizen menemukan petunjuk lain di seri Assassin’s Creed lainnya? Yuk, kita bahas di sini!

TENTANG PENULIS
totolee

Seorang pekerja teks komersial