Glu Mobile Membeli PlayFirst, dan Flo Akan Membuka Restoran Diner Dash Secara “Gratis!”

Diner-Dash-4

Salah satu game kasual yang banyak dimainkan pengguna gadget, atau bahkan laptop yang sejatinya bukan gamer adalah Diner Dash. Penulis melihat, game yang memposisikan kita sebagai pengusaha restoran tersebut menawarkan resep yang lezat untuk sebuah game kasual. Mekanisnya sederhana, dan mudah dipelajari, sekaligus juga adiktif. Developer serial Diner Dash, PlayFirst mengklaim jika total unduhan serial unggulannya tersebut sudah mencapai 550 juta. Angka tersebut dianggap menjadi standar sukses game kasual berbasis manajemen waktu tersebut.

Diner-Dash-3

Hingga saat ini, PlayFirst juga sudah membuat banyak sekuel dan spin-off-nya, seperti  Wedding Dash, Hotel Dash, Parking Dash, hingga Cooking Dash. Di tengah usaha awal PlayFirst mengenalkan serial Dash melalui PC dan konsol, muncullah nama Glu Mobile, publisher besar yang mulai menawarkan versi mobilenya sejak akhir tahun 2007. Meskipun mungkin Glu Mobile hanya mengetahui bagaimana ramainya game tersebut di pasar mobile dan smartphone, namun mata mereka tetap tidak tertutup dengan pancapaian game ini yang mencapai setengah juta unduhan. Mereka pun memutuskan untuk membeli PlayFirst, yang sepertinya itu menjadi keputusan tepat publisher asal San Francisco tersebut, karena harga sahamnya langsung naik 8% pasca konfirmasi tersebut.

Glu-Mobile

Glu Mobile, publisher yang identik dengan game free-to-play seperti Eternal Warriors, Samurai vs Zombies Defense, dan Deer Hunter tersebut mendapatkan PlayFirst dengan membeli keseluruhan sahamnya, yang berjumlah 3 juta saham yang nilainya ditaksir US $12 juta, atau sekitar Rp. 138 milyar, dan kemudian juga akan membayar hutang PlayFirst sebesar $3.55 juta ataus sekitar Rp. 40,1 milyar. Proses akuisisi tersebut diharapkan akan selesai akhir Mei 2014 May ketika studio PlayFirst akan beroperasi sebagai studio yang berdiri sendiri dan melaporkan semua kegiatannya ke President of Studios Glu, Matt Ricchetti.

Diner-Dash-5

Playfirst mencatat sukses mereka setelah merilis serial Dash untuk Windows PC, Mac, dan kemudian merambah ke platform lain seperti Facebook, Nintendo DS, Xbox dan Wii, serta akhir-akhir ini dengan dukungan Glu Mobile untuk smartphone dan tablet. Penerus franchise terpopulernya, Diner Dash akan diluncurkan di seluruh dunia mulai kuartal 4 2014 sebagai game mobile free-to-play, sedangkan versi free-to-play dari serial Cooking Dash dan Wedding Dash dijadwalkan rilis pada 2015.

Diner-Dash-2

Akuisisi PlayFirst tersebut diharapkan akan makin mengukuhkan nama Glu sebagai publisher game yang identik dengan pilihan game free-to-play, dan sarat akan in-app purchase. Dan sepertinya Glu memang lebih suka mengembangkan bisnis monetasi tersebut dibandingkan mengelola layanan mereka lainnya, GameSpy Technology, yang mereka dapatkan dari IGN Entertainment sejak Agustus 2012 lalu. Awal April 2014 lalu, Glu Mobile mengkonfirmasikan jika mereka akan menutup layanan GameSpy Technology, yang selama ini dikenal menawarkan fungsi multiplater untuk banyak platform, mulai konsol (PlayStation 3, Wii, Xbox 360), handheld (Nintendo 3DS dan PS Vita), PC (Mac dan Windows) serta mobile (Android, iOS). GameSpy yang beroperasi mulai tahun 1997 tersebut akan dihentikan layanannya mulai  mulai 31 Mei 2014 mendatang.

SpongeBob-Diner-Dash

Glu Mobile sendiri sudah eksis sejak tahun 2004, tahun yang sama ketika Diner Dash dirilis, dan mereka sudah merilis banyak game Android dan iOS, yang sebagian besar ditawawrkan free-to-play. Meskipun perusahaan tersebut terbukti berhasil dan untung dengan konsep monetasi yang bergantung pada sistem dua mata uang tersebut, namun Glu Mobile juga menjadi satu faktor membanjirnya game lain yang digratiskan dan menawarkan banyak in-app purchase untuk bisa memainkannya dengan lebih nyaman (baca: tidak jengkel karena lebih sering tewas, dan mengulang-ulang permainan yang repetitip). Dengan akuisisi ini, kita juga tidak akan bisa protes ketika nanti Diner Dash, atau game Dash-dash baru lainnya juga akan menerapkan sistem monetasi yang sama, ditawarkan gratisan, dengan mekanis fun yang sama seperti Dash yang kita kenal, namun dibalik itu, akan menawarkan banyak in-app purchase yang lebih cepat menyedot uang para pemainnya.

Sumber: Glu Mobile


SHARE
Previous articleHero Premium Tarantula di Lost Saga Indonesia
Next articleAksi Seru Para Penunggang Naga dalam Klip Terbaru How to Train Your Dragon 2
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.