501st Legion, Komunitas Mahal Dari Star Wars

501group2005

Mungkin dari banyak komunitas pecinta Star Wars, hanya Rebel Legion dan 501st Legion lah yang berskala internasional,  dengan para anggotanya telah tersebar diberbagai negara dan  diakui oleh Lucasfilm sebagai komunitas para pecinta Star Wars. Tidak sembarang orang yang dapat masuk kedalam komunitas  tersebut, sebab syarat untuk masuk kedalam komunitas itu tergolong susah dan juga ribet. Jika kalian ingin mengetahui lebih lanjutnya, kalian dapat  masuk ke web berikut ini http://www.501st.com/ .

Komunitas 501st Legion sendiri berasal dari Amerika sudah berdiri sejak tahun 1997, untuk di Indonesia sendiri masih tergolong baru, dan baru terbentuk sekitar tahun 2011 untuk 501st Legion Indonesia. Untuk jumlah keanggotaan dari 501st Legion diseluruh dunia berkisar 10.000 orang dan anggota 501st Legion di Indonesia baru beranggotakan 5 orang.

302175_10150870663545177_1796307548_n

Jika kita ingin masuk ke 501st Legion, kita tidak semata-mata hanya mendaftar, namun sebelum mendaftar kita harus memiliki salah satu kostum yang ada di film Star Wars dengan skala 1:1 atau dengan kata lain kostum yang kita miliki harus secara persis sama dengan kostum yang ada pada film Star Wars. Untuk kostum di 501st Legion sendiri lebih cenderung kepada sisi jahat (antagonis) di film Star Wars, kalau untuk kostum yang biasanya dipakai oleh para jagoan di film Star Wars, atau lebih cenderung kepada sisi baiknya (protagonis) namanya Rebel Legion Sister Company, sister group dari 501st Legion.

Setelah kita memiliki salah satu kostum dari Star Wars, kita harus memfoto setiap detail bagiannya, kemudian foto itu kita kirim ke 501st Legion yang ada di Amerika, jika semuanya bagus dan sesuai dengan standar dari kostum aslinya, baru dapat diterima untuk menjadi anggota. “Pada dasarnya membuat armor seperti itu tidak murah, seperti untuk membuat kostum stormtrooper sendiri minimal budget, harus punya sekitar $2000 ( kurang lebih Rp 20 juta),ungkap Arief Sundjaja saat mengadakan bincang santai di Droids Café, Kemang Jakarta.

Sebenarnya banyak para pecinta Star Wars ingin masuk kedalam komunitas tersebut, namun sayangnya komunitas ini terbatas dari sisi costumingnya. Karena tidak semua orang yang dapat membuat kostum seperti aslinya yang ada pada film Star Wars.

“Karena syarat ingin masuk ke komunitas ini sangat susah sekali, kita selalu mencoba-coba terus, kita baru bisa berhasil masuk kesana setelah adanya pak Arief Sundjaja, orang Indonesia pertama yang dapat masuk kedalam komunitas 501st Legion”, kata Aryo Gono salah satu anggota dari 501st Legion Indonesia yang ikut berbincang di Droids Cafe.

“Kita ingin 501st Legion sendiri merupakan komunitas yang memiliki quality of the armor, dan kita memiliki misi untuk membantu promosi Star Wars”, ungkap Arief Sundjaja CEO 501st Legion Indonesia.

Komunitas 501st Legion sendiri anemonya cenderung berumur 35 tahun keatas karena para anggota yang hobi dengan Star Wars di komunitas ini dapat dikatakan hobi yang mahal. 501st Legion sendiri juga memiliki kode etik di dalam komunitasnya, dengan kata lain komunitas ini terbilang kaku. “Di Negara Jepang pernah ada kasus, kurang lebih sekitar 80 orang anggota dari 501st Legion, namun mereka komersialkan untuk kepentingan pribadi, dan salah satu kode etik dari 501st ini kita dilarang untuk mengkomersialkannya. Karena apabila ketahuan dari 501st Amerika, komunitas 501st Legion di Negara tersebut dapat dibubarkan”, kata Aryo Gono.

“Untuk memakai kostum Star Wars sendiri cukup memakan waktu yang lama, dan mas Arief ini termasuk orang yang cepat memakai costum dan bisa memakai kostum tanpa bantuan orang lain, kostumnya juga cukup panas, khususnya untuk kostum dari Saint trooper. Dan apabila sudah memakai kostum itu, jika untuk duduk atau untuk buang air kecilpun tidak akan bisa”, ungkap Aryo Gono.

417138_10150622794830745_42412260_n

Untuk para anggota baru yang berhasil mendaftar di 501st Legion, anggota tersebut akan mendapatkan nomor lisensi sebanyak 5 digit angka, dan untuk para anggota-anggota 501st Legion yang sebelumnya mereka memiliki nomor lisensi sebanyak 3 dan 4 digit angka.

Bagi kamu yang ingin masuk dan bergabung di komunitas ini, memang butuh sebuah pengorbanan untuk bisa terdaftar dikomunitas itu. But, don’t worry, karena kamu tidak akan berjuang sendri, para anggota 501st Legion Indonesia siap membantu kapanpun kamu butuhkan. Memang butuh sebuah pengorbanan yang besar untuk sebuah hobi yang kita jalani. Karena sebuah hobi yang di jalani secara serius, bisa mendatangkan kepuasan secara tersendiri.


SHARE
Previous articleDisney Infinity 2.0: Marvel Super Heroes Dikonfirmasikan, Hadirkan Lebih dari 20 Superhero!
Next articleVideo dan Poster Promosi The Simpsons : Brick Like Me
Dunia game adalah dunianya, terutama dengan game PC Action War merupakan favoritnya. Perangkat gadget, bermain mobile games adalah hobi sampingan, dia juga suka merakit computer biar bisa ngerasain performance yang maksimal waktu main game.