Acer Iconia Tab 7 dan Iconia One 7, Quad-Core Hyper-Threading Tidak Lebih Dari 2 Jutaan!

Iconia Tab 7
Iconia Tab 7

Melalui event “A Touch More Connected” yang digelar akhir April 2014 lalu di New York, Acer mengenalkan beberapa seri tablet barunya. Beberapa diantaranya menggunakan OS Windows, namun sebagian seperti kebanyakan tablet mereka lainnya, memilih OS Android, melalui Iconia Tab 7 dan Iconia One 7.

Acer Iconia Tab 7

Acer Iconia Tab 7 disebutkan menggunakan chipset MediaTek MT8382 yang memang dikhususkan untuk tablet. Chipset tersebut memiliki prosesor dengan empat core ARM Cortex-A7 yang kecepatannya berkisar antara 598 MHz sampai 1.3 GHz, GPU ARM Mali-400MP, RAM 1 GB, internal storage 16 GB, layar IPS dengan ukuran 7-inchi dengan resolusi 800 x 1280-pixel serta kerapatan pixel 215.4 PPI, slot microSD dengan kapasitas hingga 32 GB, serta klaim ketahanan baterai mencapai 6 jam. Tablet dengan kode angka Acer A1-713HD tersebut juga dibekali koneksi data 3G, serta bisa berfungsi sebagai telepon. Kamera utamanya 5-megapixel (minus flash dan autofocus) serta kamera depan 0.3-megapixel, yang sepertinya untuk standar saat ini pun sangat kurang untuk membuat foto selfie.

Iconia-Tab-7-3

Tablet dengan berat 298-gram yang langsung menjalankan OS Android 4.4.2 KitKat ini akan mulai dijual di Eropa, Afrika, dan Timur Tengah dengan harga penawaran €149, atau sekitar Rp. 2,4 jutaan mulai Mei 2014 mendatang. Kemdian Acer akan membawanya ke Amerika Latin akhir Juni 2014, dengan harga sekitar $1,990 MX Pes, atau sekitar Rp. 1,8 jutaan. Berharap saja Acer akan membawanya masuk ke Indonesia bukan dengan standar harga Eropa ya…

Oh ya, spesifikasi dan harga tersebut untuk versi HD-nya, karena Acer juga memiliki varian yang lebih rendah spesifikasinya, melalui Acer A1-713, resolusi layarnya 1024 x 600-pixel, kamera 2-megapixel, Android 4.2, yang bisa di-upgrade ke Android 4.4.

Acer Iconia One 7

Iconia-One-7-1

Tablet Android kedua yang mereka ungkapkan adalah Acer Iconia One 7. Untuk yang satu ini, diperkuat dengan chipset mobil yang akhir-akhir ini banyak ditawarkan dengan harga terjangkau, yaitu Intel Atom. Acer sendiri memilih Intel Atom Z2560 yang dibangun dari dua core Intel Atom Saltwell pada kecepatan 1,6 GHz, GPU PowerVR SGX 544MP2 GPU yang kecepatannya 400 MHz, RAM 1 GB dari jenis dual-channel 32-bit LPDDR2 SD RAM dengan kecepatan 533 MHz, serta internal storagenya juga sama 16 GB (juga ada varian yang 8 GB), plus slot micro SD hingga kapasitas 32 GB. Kameranya sendiri hanya 2-megapixel untuk yang di belakang (minus flash dan autofocus), serta di depan juga sama, hanya VGA.

Iconia-One-7-2

Untuk layarnya masih sama, IPS 7-inchi dengan resolusi sama seperti Iconia Tab 7, yang menghasilkan kerapatan pixel yang sama. Untuk tablet yang diklaim memiliki ketahanan baterai 7 jam ini, sayangnya masih menjalankan OS Android 4.2.2, yang seharusnya juga akan menerima upgrade KitKat suatu saat nanti. Dan berkat penggunaan chipset Intel yang memang sedang giat-giatnya penetrasi ke pasar mobile dengan menawarkan chipset mereka dengan harga murah, apalagi meskipun dual-core namun karena mendukung Intel teknologi Hyper-Threading sudah berasa quad-core, membuat Iconia Tab 7 memiliki value-for-money yang cukup tinggi.

Iconia-One-7-3

Cukup tinggi valuenya mengingat akan ditawarkan dengan harga €139 atau sekitar Rp. 2,250 jutaan ketika hadir di Eropa, Afrika dan Timur Tengah pertengahan Mei nanti, dan di Amerika harganya akan turun ke nilai $129.99, atau sekitar Rp. 1,5 jutaan. Iconia One 7 akan datang dengan 10 pilihan warna, sedangkan Iconia Tab 7 sejauh ini dikonfirmasikan hanya dalam warna hitam dan putih/silver saja. Perbedaan fisik lainnya, jika Iconia Tab 7 bagian belakangnya terlihat glossy, maka untuk Iconia One 7 dibuat lebih kasar dengan motif kotak-kotak.

Iconia-One-7-4

Yah, harganya tidak jauh dengan Asus Zenfone 4, Android Intel lainnya yang juga ditawarkan sangat murah, dan bahkan saat ini sempat ludes dipesan awal sebelum dijual resmi di Indonesia. Spesifkasinya mungkin tidak terlalu spesial, namun harganya jelas akan sangat diterima, terutama di pasar negara berkembang.

[cb type=”company”]Acer[/cb]

Sumber: Acer (1), (2)


SHARE
Previous articleLima Hal yang Bisa Dilakukan Komik Spider-Man Menyambut Film The Amazing Spider-Man 2
Next articleKompilasi Black Market Terbaru, Fitur New Game+ Demon Gaze & Conception II
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.