Star Wars Weekend Jakarta

IMG_0433

MAY THE 4th BE WITH YOU, sebuah acara bagi komunitas penggemar seluruh aspek yang berhubungan dengan STAR WARS untuk berkumpul, berkenalan dan bertukar informasi mengenai dunia STAR WARS, selain menjadi ajang pengenalan film STAR WARS, sebuah seri film epik, fiksi ilmiah menceritakan tentang opera antariksa Amerika Serikat – hadir kembali di Jakarta tepatnya di gedung Kuningan City Hall lantai 3 & 4, sesuai dengan tanggal diselengarakannya acara tersebut yang jatuh pada tanggal 3 dan 4 Mei 2014, dimulai sejak pukul 10.00 – 22.00 WIB. Hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 20.000 kita bisa merasakan kedalam dunia Star Wars yang sangat mengasikan. Namun ada pengecualian untuk para pengunjung yang hadir dengan mengunakan kostum Star Wars, mereka dapat masuk secara “GRATIS”.

Acara ini diselengarakan atas kerjasama komunitas para pecinta film yang disutradarai George Lucas, diantaranya Order 66 Indonesia, komunitas pencinta STAR WARS pertama di Indonesia yang berdiri sejak tahun 2005 dan mempunyai anggota mencapai 700 orang teregistrasi, serta 1.500 anggota di Facebook. Order 66 juga mendapatkan dukungan dari Order 66 Bandung Outpost, 501st Legion, Jakarta Saber, Urban Jedi dan Fightsaber Indonesia dalam menyelenggarakan hari besar STAR WARS WEEKEND JAKARTA.

IMG_0448

Saat saya berkesempatan hadir di event tersebut, pada awal pintu masuk saya disambut oleh dua patung Star Wars cukup besar yang disusun dengan mengunakan Lego. Sejak awal dibukanya event ini, antusias para pengunjung sangat terasa, banyak dari mereka yang sudah hadir untuk meramaikan acara yang hanya diselengarakan setiap 1 tahun sekali. Keantusiasan itu dibuktikan oleh Andiy (35) salah satu pengunjung dari Bandung yang sempat saya mintai komentarnya, “klo gw dateng ke acara ini, gw berasa nostalgia lagi sewaktu masa kecil gw dulu, makanya setiap tahun gw sempet-sempetin dateng ke acara beginian, buat ngelepas rasa kangen gw sama Star Wars.”

star wars collection

Action figure Star Wars yang dipajang dalam acara ini merupakan koleksi dari para anggota pecinta Star Wars. Koleksi yang paling bagus dan unik, akan berkesempatan dipamerkan dalam acara ini. Koleksi-koleksi yang dipamerkan ada yang berupa action figure, majalah, costum Star Wars, dan atribute-atribute lainnya yang berhubungan dengan film garapan dari George Lucas.

kineck

Masuk lebih dalam lagi saya melihat ada sebuah console game kinect yang dapat dimainkan oleh para pengunjung. Kinect sendiri dimainkan dengan cara mengunakan gerakan sensor tubuh, yang mana para pemainnya harus mengerakan tubuhnya sesuai dengan adegan pada video game yang sedang dimainkannya. Terlihat seperti gambar di atas ada salah seorang pengunjung yang sedang mencoba game Star Wars dengan mengunakan console game kinect.

Star Wars Day tidak hanya memanjakan para pengunjung orang dewasa, namun event ini juga menyediakan tempat untuk anak-anak  sebagai ajang berkreasi dengan mengunakan Lego dalam menciptakan Star Wars mereka sendiri. Seperti Johan (8) yang sedang asik merakit pesawat Star Warsnya, “aku seneng banget di ajak sama mamah keacara ini, apalagi ada mainan yang kayak gini, berasa kayak main dirumah aja, aku seneng sama mainan bongkar pasang kayak gini,” ujarnya.

IMG_0512

IMG_0493

Tidak hanya Lego yang disuguhkan oleh pihak penyelenggara, ada salah satu booth yang disediakan sebagai ajangnya beraksi untuk menumpas para pasukan Stormtrooper, dibooth ini tidak hanya diperuntukan para orang dewasa, namun anak-anakpun juga dapat mencoba ikut membasmi para Stormtrooper, dengan cara menembaki mereka. Didekat booth tersebut, saya melihat baner dari Borneo Orangutan Survival Foundation, saya bertanya-tanya, ada hubungan apa antara Star Wars dengan Orangutan? Apakah Chewbacca atau Chewie dalam serial Star Wars merupakan termasuk spesies Orangutan dari galaksi lain?? Atau ada sebuah misi rahasia Star Wars dalam menyelamatkan spesies langka ini??

IMG_0507

Akhirnya pertanyaan saya terjawab, oleh Arief Sunjaja salah satu panitia penyelengara dari divis 501st Legion, yang berhasil saya mintai keterangannya “501st Legion Indonesia tahun ini untuk pertama kali akan menyumbangkan seluruh pendapatan dari permainan Blast A Trooper selama 2 hari untuk  Yayasan Penyelamat Orangutan Borneo (Borneo Orangutan Survival Foundation),” ujarnya.  Dia juga menambahkan bahwa seluruh biaya tiket masuk kedalam acara ini akan disumbangkan kepada Yayasan Penyelamat Orangutan Borneo. “Two Tumbs”  pantas saya berikan untuk komunitas ini karena mereka tidak hanya mementingkan hobi mereka,  namun mereka peduli terhadap kelestarian makhluk hidup yang terancam kepunahan.

Saat mencoba menelusuri booth yang berada di lantai 4 , rupanya disana diperuntukan buat para pengunjung yang ingin membeli oleh-oleh berbagai macam attribute mainan dari Star Wars, namun mainan seperti Marvel dan juga gundampun dapat kita temui disini. Harga rate untuk mainan yang dijual di stiap boothnya sekitar Rp 50.000 sampai ada yang di atas harga Rp 400.000. Bagi kalian yang ingin hadir kembali diacara tahun depan, saya sarankan sebaiknya kalian menyiapkan budget ekstra untuk memanjakan hobi kalian, agar kalian tidak menyesal dan terbayang-bayang dengan mainan-mainan keren yang tidak dapat kalian bawa pulang , hanya karena kalian tidak membawa budget yang lebih.

 

IMG_0471

 

IMG_0472

 

IMG_0477

 

IMG_0476

Acara ini sangat keren dan fantastis, tidak salah banyak para pengunjung yang berdatangan sejak awal acra ini dibuka. Untuk pengunjung tahun lalu Star Wars Day berhasil menghipnotis sebanyak 10.000 pengunjung, dan  antusias para pengunjung bertambah ditahun ini.

 

IMG_0391

 

Untuk kalian yang tidak sempat hadir di tahun ini, jangan khawatir sebab Star Wars Day akan kembali lagi di tahun depan dan pada bulan yang sama, dalam rangka menyambut episode terbaru, Star Wars Episode VII yang akan dirilis oleh Disney Desember 2015. Pastikan kalian mengosongkan jadwal kalian untuk Star Wars, jangan sampai menyesal untuk kedua kalinya. Dapat diprediksikan acara tahun depan akan lebih seru lagi daripada acara ditahun ini dan juga tahun sebelumnya.


SHARE
Previous articleBaru Berjalan Satu Tahun, Puzzle Kingdom Sudah Tutup
Next articleKostum Spesial The Amazing Spider-Man di Marvel : Avengers Alliance
Dunia game adalah dunianya, terutama dengan game PC Action War merupakan favoritnya. Perangkat gadget, bermain mobile games adalah hobi sampingan, dia juga suka merakit computer biar bisa ngerasain performance yang maksimal waktu main game.