Super Time Force Mengajakmu Memutar Waktu dan Bermain Bersama Hantu

Super-Time-Force-2

Setelah memenangkan Games Festival XBLA Prize selama Independent Game Festival 2012, Super T.I.M.E Force yang saat itu dianggap sebagai perpaduan salah satu game indie terbaik tahun 2010 lalu yang disukai karena unsur platforming-nya, Super Meat Boy, dengan elemen penjelajahan waktu. Dan berkat mesin waktu tersebut, bukanya sekadar melihat kegagalanmu begitu kamu sukses, kamu bisa memutar kembali waktu untuk menjemput karakter dari masa lalu, dan mengajaknya membantu karakter dari saat ini, meskipun hal itu akhirnya berujung pada betapa seringnya gamer akan menjumpai karakter tewas karena tingkat kesulitannya yang tinggi. Mendengar sedikit idenya itu saja, kami sudah tidak sabar menunggu game yang akhirnya mendapatkan kepastian rilis 14 Mei 2014 tersebut.

Super-Time-Force-5

Game side-scrolling shooter yang dikembangkan Capybara Games ini eksklusif untuk platform Microsoft, setelah mereka memenangkan XBLA Prize. Meskipun eksis dalam beberapa event game selama 2 tahun belakangan, namun tidak ada kepastian kapan akan dirilis, selain Desember 2013 lalu Microsoft menyebutkan jika Super Time Force juga akan dirilis bersamaan untuk Xbox One, menjadikan kehadirannya makin molor hingga 14 Mei 2014 nanti, dari rencana awal hanya untuk Xbox Live Arcade akhir tahun 2013 lalu. Seperti game indie lainnya, Capybara Games yang akan bertindak menerbitkan game tersebut untuk konsol baru Microsoft melalui program ID@Xbox, dan juga bisa dikendalikan dengan kontroler baru X1 yang memiliki ergonomis lebih baik.

Super Time Force mengisahkan tentang sebuah organisasi militer penjelajah waktu “Super Time Force” yang dipimpin oleh Colonel Repeatski. Mereka kini ditransfer kembali ke jaman prasejarah untuk menyelamatkan dinosaurus dari kepunahan. Dan karena settingnya di masa jutaan tahun lalu, maka boss yang akan dihadapi seperti Tyrannosaurus cyber hingga asteroid yang sejatinya memusnahkan makhluk berukuran raksasa tersebut. Karakternya sendiri disediakan dalam beberapa kelas, seperti Shield Dude, Machine Gun Dude, Sniper Rifle Girl, Bazooka Guy, dan Dinosaurus (itu hanya kelasnya, mereka memiliki nama sendiri). 

Super-Time-Force-6

Dan ketika menyinggung Super Meat Boy, salah satu yang kami ingat adalah tingkat kesulitannya, yang bisa memberi para pemainnya sebagai gamer platformer handal jika berhasil. Demikian juga dengan Super Time Force. Game dengan grafis pixelated yang begitu klasik ini akan menguji kesabaranmu dengan aksi side-scrolling penuh dengan tembakan, perlu memperhatikan juga platform yang dipijak, serta batasan 30 live untuk selamat melalui setiap level yang seakan-akan hanya menyisakan sedikit ruang yang bebas dari arah laju peluru musuh. Kemampuan menjelajahi waktu pasukan Super Time Force terwujud ketika karakter tewas, maka dia bisa melihat dan memutar kembali berjalannya waktu selama sebelum hingga sampai mereka tewas untuk memperbaiki atau mencegah kematian tersebut dan bekerjasama dengan hantu karakter tersebut membalas pada musuh, atau jika tidak mau, bisa memulai aksi yang baru dari awal.

Super-Time-Force-7

Berkat tingkat kesulitan yang tinggi, dan juga kemungkinan memutar kembali waktu, maka dalam Super Time Force justru dengan kematian tersebut akan membuat kita bisa mengetahui bagaimana menghadapi tantangan yang membuat karakter tewas sebelumnya, dan kemudian bersama hantu karakter melalui tantangan tersebut. Bisa dicontohkan ketika menghadapi sebuah boss, kamu bisa mengalahkannya dengan mudah hanya dalam waktu 10 detik saja, karena 10 menit sebelumnya karaktermu yang saat ini sudah tewas sibuk mencari posisi yang tepat untuk bisa menyerangnya.

Super-Time-Force-8

Dan dengan adanya beberapa pilihan kelas karakter, permainan bisa saja menghasilkan unsur strategi yang dalam, dan menunjukkan jika game ini bukan sekadar shooter bergrafis pixelated yang kuno-banget. Seperti ketika kamu respawan pasca kematian dengan kelas yang berbeda. Seperti ketika memulai sebuah level dengan Shield Guy, mencoba menyusuri level penuh dengan tembakan peluru, dan tidak sengaja (atau sengaja) tewas pada titik tertentu. Selanjutnya kamu bisa muncul kembali sebagai Machine Gun Guy, dan mengikuti jalur yang dibuat hantu Shield Dude, terus mendapatkan perlindungan dari perisainya, sambil bisa menembak dari balik perlindungan tersebut.


SHARE
Previous articleSambut Piala Dunia Brasil dengan Game Endless Runner Football Rush
Next articleOrder 66 : Ketika Perbedaan Menyatu Dalam Komunitas
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.