Bukan Idol Group Biasa, Obachaaan Hadirkan Semangat ala Bibi Osaka

Obachaaan-1

Di Jepang, sebuah idol group biasanya terdiri dari anak-anak muda yang rupawan dan memiliki postur badan yang sangat memanjakan mata setiap orang yang melihatnya, dan hal ini sudah menjadi stigma bagi sebuah idol group untuk menjadi seperti itu. Di Jepang sendiri, konsep idol sudah lahir sejak era 70-an dengan premis “Kiyoku Tadashiku Utsukushiku” yang berarti “Murni, Jujur (terutama dalam artian polos atau innocent), Indah (lebih pada artian cantik, enak dilihat)” karena itulah idol group yang lahir di Jepang lebih memilih para anggota yang masih muda serta pakaian mereka yang cenderung berkibar dan memberikan rasa “muda” di setiap kemunculan mereka seperti gambar di bawah ini.

idol1
SKE48, salah satu idol group yang memiliki rumah produksi sama dengan AKB48 dan tidak kalah tenarnya dengan mereka

Atau bahkan yang bukan manusia nyata seperti ini:

idol2
iDOLM@STER: Million Live merupakan game mobile tentang idol group 2D yang dibuat oleh Bandai Namco dan sangat, sangat populer di Jepang

Kedua contoh di atas memang memberikan kesan yang sangat moe dari sebuah idol group, namun bagaimana bila sebuah idol group yang biasanya diisi oleh anak-anak manis tersebut ternyata diisi oleh yang seperti ini?

idol3

Yap, citizen tidak salah lihat, bibi di gambar di atas memang anggota dari sebuah idol group yang berdiri pada tahun 2011 bernama “Obachaaan” yang berasal dari Osaka. Meski sudah berdiri sejak tahun 2011, Obachaaan ini baru sangat dikenal akhir-akhir ini berkat lagu terbaru mereka.

Mengapa Osaka? Para bibi dari Osaka memiliki ciri khas yang sangat terkenal di Jepang, mereka cenderung sangat ramai dan tidak mau kalah, terutama dalam hal tawar menawar harga di pasar, sangat menyukai animal prints untuk baju mereka dan yang paling terkenal adalah mereka sangat ramah dan SELALU mempunyai permen untuk dibagi kepada semua orang, meskipun orang tersebut adalah orang yang baru mereka temui di dalam kereta untuk membuat orang tersebut merasa lebih baik.

Obachaaan-2

Tujuan dari didirikannya Obachaaan ini adalah untuk menyebarkan tawa dan kebahagiaan bagi semua orang yang melihat para bibi ini beraksi, baik dalam video klip atau aksi panggung mereka, selain itu, bila AKB48 memiliki konsep “Kamu bisa bertemu dengan mereka”, Obachaan justru sebaliknya, mereka memiliki konsep “Kami akan mendatangimu!”. Seperti ciri khas mereka yang sangat ramah (cenderung terlalu ramah malah) dan ramai bahkan dengan orang baru sekalipun.Denganterbentuknya Obachaaan ini pula, stigma bahwa idol group “harus muda atau harus indah dilihat kasat mata” akan sedikit terbelokkan dengan adanya bentuk “murni, jujur, dan indah” yang ada dalam Obachaaan.

Jumlah anggota idol group ini total ada 47 orang, saat ditanya mengapa jumlah anggotanya hampir mirip dengan AKB48, salah seorang kreatornya menjawab dengan mengatakan bahwa “Kami merasa sedang benar-benar berkompetisi dengan mereka (47 dan 48 cukup dekat) dan angka 47 sama dengan yang ada di film 47 Ronin, jadi kami seperti sedang melakukan serangan secara besar-besar kepada dunia idol.”

Saat ini Obachaaan sudah merilis dua buah lagu, yang pertama berjudul Obachaaan no Theme yang dibintangi tujuh anggota utama dari Obachaaan, The Seven Godesses dan berisi tentang penjelasan mengenai ciri khas bibi-bibi di Osaka.

Bukan Idol Group Biasa, Obachaaan Hadirkan Semangat ala Bibi Osaka

Siapa bilang idol group haruslah berisi gadis muda nan rupawan untuk bisa membuatmu bahagia? Project Obachaaan yang berisi para bibi mencolok ini akan mengubah semuanya!

Abaikan

Yang kedua adalah Obareggae yang mampu membuat mereka sangat tenar dengan gerakan yang lebih “mantap” daripada lagu pertama.

Bukan Idol Group Biasa, Obachaaan Hadirkan Semangat ala Bibi Osaka

Siapa bilang idol group haruslah berisi gadis muda nan rupawan untuk bisa membuatmu bahagia? Project Obachaaan yang berisi para bibi mencolok ini akan mengubah semuanya!

Abaikan

Memang Obachaaan ini mungkin jauh dari kata imut atau menarik perhatian secara kasat mata, namun mereka tidak kalah menarik dengan para idol group muda lho! Selain melakukan aksi panggung, mereka juga sering melakukan fanmeet yang diikuti dengan konseling serta diskusi mengenai kehidupan agar hidup ini terlihat lebih positif daripada sebelumnya.

oo10
Suasana konseling bersama Obachaaan untuk para anak muda agar lebih positif dalam menghadapi hidup

Bagaimana menurut citizen? Apakah idol group satu ini sanggup untuk merebut hatimu? Setidaknya, mereka sudah merebut hati Athira.

Oh ya, Indonesia juga punya sekelompok bibi yang baru-baru ini membentuk sebuah grup yang bernama Teater Sahita lho!

Sahita, grup para bibi di Indonesia yang melakukan berbagai macam aksi untuk menghibur para penontonnya.

SHARE
Previous articleDisney “Sulap” Film Star Wars Menjadi E-Book Interaktif Lewat Journeys!
Next articleDuniaku Checkpoint: Reportase Toukiden Jakarta Tournament
Penggemar berat Roger Federer, Jouji Nakata, Sho Hayami, dan Suwabe Junichi. Wota iDOLM@STER dan juga seorang penikmat game yang memiliki karakter laki-laki 30 tahun ke atas. Silahkan lihat kegalauan saya di twitter: ryofucha