Know Your Swords : 5 Pedang yang Muncul di Game of Thrones Season 4

Game Of Thrones

Game of Thrones telah memasuki season ke 4. Serial televisi yang merupakan adaptasi dari novel A Song of Ice and Fire karangan George R. R. Martin ini kini memasuki fase baru dari konflik yang terjadi di Westeros. Walaupun secara tidak langsung War of the Five Kings bisa dikatakan telah usai setelah Robb Stark sang King in the North gugur dalam the Red Wedding. Hal ini membuat penentang tahta King’s Landing pun tertumpas habis di masa War of the Five Kings. Namun bukan berarti konflik di Westeros telah usai, terbukti dengan kejayaan King Jofrey yang semestinya jadi pemenang War of the Five Kings justru tidak berumur panjang.

Konflik ternyata tidak berhenti begitu saja, dan peperangan bisa terjadi kapan saja. Maka dari itu, memiliki senjata yang kuat seperti pedang di masa ini tetap menjadi hal yang krusial. Jika melihat episode pertama di season 4 yang berjudul Two Swords, season ini dibuka dengan sebuah adegan menarik. Pada awal cerita terlihat sebuah pedang besar dilebur oleh penempa besi, lalu para penempa ini membuat 2 pedang baru dengan ukuran yang berbeda.

game of thrones 05

Pedang yang dilebur itu adalah Ice, greatsword milik Ned Stark yang berbahan Valyrian steel, logam langka yang sangat kuat di dunia Westeros. Sebagai simbol kemenangan House of Lannister, pedang pusaka House of Stark ini dilebur, dan karena pedang Ice sangat besar, leburan pedang ini bisa ditempa menjadi 2 pedang baru. Pedang ini diberikan pada House of Lannister untuk mempertegas kejayaan mereka.

Sepanjang season 4 ini telah terlihat 5 pedang yang khas di dunia Westeros. tidak hanya Ice yang telah dilebur dan 2 pedang hasil tempaanya. Pedang-pedang ini dipercaya masih memiliki peran penting di dunia Westeros. Apa saja pedang yang telah muncul, dan apa cerita di balik keberadaan pedang-pedang ini?

Ice

Ice adalah greatsword berbahan Valyrian Steel dan merupakan pedang pusaka House of Stark. Pedang ini digunakan sebagai senjata perang dan upacara resmi bagi Lord of Winterfell. Semenjak eksekusi mati dari Ned Stark, pedang ini berada di House of Lannister. Ice dilebur atas perintah Tywin Lannister oleh penempa Volantis. Pedang baru ini tadinya akan diberikan pada Jaimee Lannister, namun karena bahan leburannya banyak, dibuatlah satu pedang lagi untuk hadiah pernikahan Joffrey Baratheon. Setelah ditempa ulang, kedua pedang baru ini adalah…

 game of thrones 01

Widow’s Wail

Widow’s Wail adalah pedang kedua yang ditempa dari peleburan Ice. Tywin Lannister memberikannya sebagai hadiah pernikahan untuk cucunya, sang raja Joffrey Baratheon. Dari semua nama yang diusulkan, King Joffrey memilih nama Widow’s Wail. Dan saudara dari pedang ini adalah…

game of thrones 02

Oathkeeper

Oathkeeper adalah pedang pertama yang ditempa dari peleburan Ice. Tywin Lannister memberikan pedang ini kepada anaknya Jaime Lannister dengan tujuan agar pedang ini menjadi pedang pusaka House of Lannister. Jaime memberikan pedang ini pada Brienne of Tarth sebagai bekal bagi Brienne dalam menjalankan tugas menyelamatkan Sansa Stark.

game of thrones 04

Selain pedang di atas, pedang lainnya yang telah muncul di season 4 ini antara lain…

Needle

Needle adalah pedang tipis milik Arya Stark. Pedang ini diberikan oleh Jon Snow, saudara tirinya, dimana Needle ini adalah buatan dari Mikken, penempa Winterfell. Pedang ini sempat diambil Polliver yang menyergap rombongan Arya Stark di Riverland. Belakangan ketika Arya Stark berkelana bersama the Hound, mereka bertemu dengan rombongan Polliver kembali. Arya Stark berhasil membunuh Polliver dan mengambil kembali Needle miliknya.

Needle adalah pedang ringan yang cocok untuk Arya Stark yang berbadan kecil. Pedang ini juga cocok dengan ilmu pedang Braavosi “Water Dancer” yang diajarkan oleh Syrio Forel pada Arya Stark.

Longclaw

Longclaw adalah sebuah bastard sword yang berbahan dari Valyrian Steel. Pedang ini menjadi simbol House of Mormont selama berabad-abad. Namun Jeor Mormont, kepala keluarga Mormont memutuskan membubarkan melepaskan kebangsawanan Mormont dan menjadi Lord Commander di the Night’s Watch.

game of thrones 00

Suatu ketika, nyawa Jeor Mormont diselamatkan oleh Jon Snow dari serangan Wight, sebangsa mayat hidup. Jeor memberikan pedangnya kepada Jon Snow sebagai rasa terima kasih. Ganggang pedang ini diganti dari bentuk beruang menjadi bentuk serigala sebagai simbol House of Stark. Hingga kini Longclaw menjadi senjata andalan Jon Snow dalam bertahan hidup di the North.


SHARE
Previous article“Despicable Me 2” Akan Hadir Di TV Kabel Indonesia
Next articleDreadOut Gets New Teaser Trailer Plus Release Schedule Confirmation!

Toto yang merupakan pemerhati dunia komik dan game ini pernah menjalani karier sebagai editor buku anak selama 3 tahun. Bekerja dalam dunia anak membuat jiwa mudanya selalu ada dalam kehidupan sehari-hari.

Saat ini, orang yang melanjutkan karier nya sebagai perancang pameran ini suka bereksplorasi seni melalui tulisan dan gambar (desain), yang kebanyakan terinspirasi dari berbagai komik dan game kesukaannya.