Kangen Flappy Bird? Rovio Hadirkan “Tiruannya”, RETRY, yang Diklaim Lebih Hardcore!

Rovio-Retry-1

Masih ada yang memainkan Flappy Bird? Mungkin, jika itu gamer yang penasaran, bagaimana game sederhana yang hanya melibatkan satu jari untuk mengendalikannya tersebut bisa membuat banyak pengguna gadget mobile, entah itu gamer atau mereka yang sekadar iseng mencobanya, menjadi frustasi karena sulitnya bisa mendapatkan nilai yang tinggi.

Game tersebut sebenarnya sangat mudah dipahami, namun sangat susah sekali dikuasai. Flappy Bird memang sudah ditarik dari pasar digital Google dan iOS, namun dengan begitu banyaknya game yang mendompleng kata “flappy” membuktikan bahwa ada banyak gamer, atau bahkan mungkin developer game, yang tidak rela ketika Dong Nguyen, pencipta Flappy Bird memutuskan menariknya dari pasar virtual. Salah satu developer tersebut sepertinya adalah developer Angry Birds Rovio.

Rovio-Retry-2

Kemarin developer Angry Birds Rovio mengumumkan rencana untuk merilis game yag berpotensi menghasilkan efek frustasi berkepanjangan yang sama seperti Flappy Bird. Namun Rovio menunjukkan kelasnya, mereka tidak ingin dituduh judul gamenya mendompleng Flappy Bird. Selain mekanis sederhana yang mudah dipahami, kontrol satu jari, penuh adegan pengulangan, dan bisa membuat gamer dengan mudah jengkel, nama RETRY setidaknya sama sekali tidak membuat kami berpikir ini sebuah tiruan Flappy Bird lainnya. Setidaknya sebelum memainkannya.

Dari namanya saja sudah jelas, RETRY dengan mudah membuat pemainnya untuk terus mengulang dan mencoba kembali game tersebut. Rovio akan merilis game dengan desain retro (terlihat pixelated) tersebut sebagai game free-to-play, dengan rencana 10 seri, dikembangkan oleh Rovio LVL11 dan diterbitkan Rovio Entertainment. Konfirmasi game ini berlangsung 6 Mei kemarin, namun peluncurannya masih belum dipastikan tanggal berapa akhir bulan ini, hanya saja saat ini RETRY sedang dalam tahap uji coba untuk iTunes Kanada, Finlandia dan Polandia. Versi Android juga dikembangkan, namun belum diungkapkan apakah akan dirilis bersamaan dengan iOS.

Rovio-Retry-3

RETRY menjadi game pertama yang dikembangkan oleh divisi studio baru Rovio, Rovio LVL11, yang bertugas mengembangkan game yang memang tidak berhubungan dengan Angry Birds dan franchise utama mereka. Dalam game ini kamu mengendalikan sebuah pesawat dengan kendali satu sentuhan jari pada layar, dan sebagai pilot yang menerbangkannya melalui beragam lingkungan sambil menghindari rintangan yang muncul di tengah perjalana. Intinya, sentuh layar untuk membuatnya terbang maju dan sekaligus ke atas, dan biarkan saja untuk membuat mesinnya mati dan dia menukik ke tanah. Konsepnya mirip dengan Flappy Bird, namun di dalamnya cukup banyak perbedaan untuk menghindari tuduhan bahwa RETRY sekadar meniru konsep mekanis gameplay Flappy Bird. Seperti dengan melakukan putaran vertikal yang harus dilakukan saat waktu tertentu, sambil terus mempertahankan pesawat tetap berada di udara.

retryplane

Game ini memang ditawarkan free-to-play, namun Rovio tetap menawarkan in-app purchase untuk membeli airport baru. Namun Rovio tetap membuatnya bisa terus dimainkan tanpa harus mengeluarkan sepeser uang pun. Iklan selama permainan juga dipastikan akan ada, plus ada mata uang dalam game dalam bentuk koin. Sejauh ini game dengan grafis 8-bit yang terlihat klasik ini memiliki 4 dunia utama, Summer, Winter, Future dan Pyramids. Masing-masing dunia menyediakan stage yang berbeda.

Rovio-Retry-4

Dan untuk mendapatkan RETRY lebih awal, kalian bisa mengaksesnya melalui Apple App Store di PolandiaFinlandia dan Kanada. Bagaimana cara mengunduhnya? Gunakan saja trik kami melalui tautan berikut ini!

Rovio baru-baru ini melalui pernyataan mereka mengumumkan jika laba tahunan mereka menurun hingga lebih dari 50% selama 2013 lalu, dan banyak yang menduga itu menjadi salah satu efek kutukan dari tidak henti-hentinya mereka mengeksploitasi franchise Angry Birds dengan banyak variasi. Sepertinya Rovio membutuhkan franchise seperti yang satu ini untuk membuat penggemar mereka sebelumnya kembali, dan mengenal Rovio dengan game baru yang lebih fresh, bukan sekadar Angry Birds saja.

Rovio-Retry-5

Sudah penasaran seperti apa RETRY? Lihat saja video trailernya di bawah… dan silahkan dibayangkan betapa frustasinya nanti harus mempertahankan pesawat tersebut tetap melayang di udara… :)

RETRY gameplay trailer – out soon in app stores!

Kangen Flappy Bird? Rovio Hadirkan “Tiruannya”, RETRY, yang Diklaim Lebih Hardcore!

Masih ada yang memainkan Flappy Bird? Apakah ingin mendapatkan Flappy Bird dengan penampilan baru? Rovio, pencipta Angry Birds akan mewujudkannya melalui RETRY, game biang frustasi lainnya untuk Android dan iOS.

Abaikan

Sumber: Retry