Lima Fakta Son Goku yang Terungkap di Dragon Ball Minus

Dragon Ball 01

SPOLER ALERT

Dragon Ball Minus adalah chapter manga edisi khusus yang hadir di manga Jaco the Galactic Patrolman yang merupakan karya Akira Toriyama yang baru. Manga ini rilis di Jepang pada4 April 2014 dan di Viz Media pada Shonen Jump #18 versi digital yang rilis pada 7 April 2014. Cerita dalam Dragon Ball Minus memiliki keterkaitan dengan Dragon Ball dan Jaco the Galactic Patrolman.

Dari chapter spesial ini, Akira Toriyama mengungkapkan fakta baru mengenai kehidupan Son Goku dan terutama fakta tentang Bangsa Saiyan. Apa saja fakta yang terungkap di manga chapter spesial ini?

Gine, Ibu Son Goku

Setelah 20 tahun lebih lamanya, akhirnya kita diperlihatkan sosok dari ibu Son Goku atau Kakarot. Nama ibu Son Goku adalah Gine, yang tinggal di sebuah desa di Planet Vegeta. Sepertinya Gine adalah bangsa Saiyan yang bukan tipe petarung, dan menjadi ibu rumah tangga dengan mengurus Kakarot yang masih dalam masa 3 tahun inkubasi.

dragon ball minus 03

Freeza dan Super Saiyan God

Dari dialog singkat ini kita bisa menyimpulkan bahwa selain Freeza takut akan kebangkitan Super Saiyan, Freeza juga mengetahui keberadaan Super Saiyan God. Walaupun sepertinya bangsa Saiyan tidak terlalu membicarakan keberadaan Super Saiyan God, seperti yang terlihat pada saat Bardock mempertanyakan kekhawatiran Freeza atas legenda Super Saiyan.

dragon ball minus

Sepertinya ini adalah cara Akira Toriyama untuk mempertegas bahwa GT universe itu tidak berlaku. Karena kehadiran Super Saiyan God sebagai Super Saiyan paling kuat di Dragon Ball universe berarti membuat keberadaan Super Saiyan 4 menjadi terbantahkan. Lagipula, secara timeline Super Saiyan God hadir lebih dahulu daripada Super Saiyan 4, tidak mungkin kan Super Saiyan terkuat hadir lebih dahulu dibandingkan Super Saiyan tingkat di bawahnya?

Inkubasi 3 Tahun Son Goku

Dalam dialog singkat antara Bardock dengan Gine, Kakarot (Son Goku) masih dalam masa inkubasi buatan selama 3 tahun. Hal ini membuat teori bahwa Son Goku dikirim ke Bumi ketika baru saja lahir menjadi terbantahkan. Di lain pihak, berarti apakah umur Son Goku menjadi berubah dengan adanya masa inkubasi 3 tahun ini?

dragon ball minus 02

Walaupun begitu belum tentu 3 tahun di Planet Vegeta setara dengan 3 tahun di Planet Bumi. Tapi tentunya ini menjadi pembicaraan menarik di antara fans Dragon Ball.

Armor Son Goku

Ternyata ketika Son Goku dikirim ke Bumi, dia dalam keadaan berarmor. Pertanyaannya, kemanakah armor Son Goku selama ini? Karena dalam penceritaan Dragon Ball, Ketika Son Gohan (kakek) memungut Son Goku, dia dalam keadaan telanjang. Tentunya menarik perhatian dimana keberadaan armor Saiyan milik Son Goku ini.

dragon ball minus 00

Seperti yang kita ketahui, ketika Son Goku akan menyusul Son Gohan (anak) dan kawan-kawannya ke Planet Namek, Dr. Brief ayah Bulma membuat pesawat luar angkasa berdasarkan teknologi pesawat Attack Ball milik bangsa Saiyan. Konon Attack Ball yang dipelajari adalah Attack Ball dari Son Goku ketika ia datang ke Bumi. Jika pesawat Attack Ball milik Son Goku masih ada, bukankah berarti armor Son Goku juga dapat diperoleh?

Ketika dewasa, Son Goku mengenakan Saiyan armor yang dibuat Dr. Brief berdasarkan armor milik Vegeta. Sepertinya akan menarik jika armor Saiyan milik Son Goku kecil diwariskan kepada keturunan-keturunan dari Son Goku.

Keberadaan Jaco the Patrolman di Dragon Ball universe

Ketika Son Goku akan diberangkatkan ke Bumi, Bardock atau Gine (tidak jelas siapa yang berteriak) berpesan agar Kakarot berhati-hati pada Galactic Patrol, dan scene terakhir juga menunjukkan stasiun luar angkasa dari Galactic Patrol. Hal ini menunjukkan bahwa keberadaan Jaco the Patrolman adalah kanon di Dragon Ball universe, sebagaimana Arale yang juga eksis di Dragon Ball universe.

dragon ball minus 01

Akira Toriyama juga pernah berencana akan menghadirkan cameo Dragon Ball di manga barunya, Jaco the Patrolman. Sepertinya menghadirkan cameo Galactic Patrol di chapter ini menegaskan sinkronisasi universe kedua cerita ini.

dragon-ball-minus-04

Dragon Ball Minus dapat kamu baca dengan sign-up di Viz Media

[ads_pokkt]


SHARE
Previous articleAnime Saint memiliki Feature Dream di Dalamnya
Next articleHeroes : A Grail Quest, Salah Satu Game Strategi Mobile Pilihan yang Bebas Dari IAP
Toto yang merupakan pemerhati dunia komik dan game ini pernah menjalani karier sebagai editor buku anak selama 3 tahun. Bekerja dalam dunia anak membuat jiwa mudanya selalu ada dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini, orang yang melanjutkan karier nya sebagai perancang pameran ini suka bereksplorasi seni melalui tulisan dan gambar (desain), yang kebanyakan terinspirasi dari berbagai komik dan game kesukaannya.