Insomniac Games “Full Power” Melalui Sunset Overdrive, Inikah Wujud Resistance Versi Xbox One?

Sunset-Overdrive-2

Nama developer Insomniac Games sebenarnya lebih identik dengan platform-nya Sony. Game-game mereka seperti serial Spyro the Dragon, Ratchet & Clank, dan juga Resistance: Fall of Man, tentu lebih familiar di telinga gamer PlayStation. Namun mulai tahun 2012 lalu, mereka mulai membidik multiplatform, melalui Outernauts, dan terutama game action co-op Fuse, yang dirilis untuk PS3 dan X360. Bahkan kini ketika mereka sama sekali belum membuat persetujuan dengan Sony Computer Entertainment untuk mendukung PS4, Microsoft sudah mengaaetnya lebih dulu mengembangkan game eksklusif Xbox One, yaitu Sunset Overdrive.

Sunset-Overdrive-10

Sunset Overdrive pertama kali terdengar melalui press conference Microsoft selama E3 2013 lalu, dan kembali ditegaskan selama Gamescom 2013, dan rencananya akan dirilis untuk Xbox One akhir tahun 2014 mendatang. Sunset Overdrive akan banyak mengingatkan kita pada franchise mereka sebelumnya. Namun keseluruhan ini sebuah seri baru, yang dibangun di atas dunia open-world, dengan genre third-person shooter.

Sunset-Overdrive-9

Setting-nya berada di kota metropolis Sunset City pada tahun 2027, masa depan yang dari penggambaran beberapa media game ini sepertinya tidak sebaik yang kita temui saat ini. Saat itu dunia dikendalikan perusahaan bernama FizzCo. Karakter utamamu adalah salah satu pegawai di FizzCo, yang disurakan oleh Yuri Lowenthal, pengisi suara berbakat yang dalam gamenya Insomniac dia pernah berperan dalam Resistance 3 sebagai Tommy Dean, Mathison, dan Tony.

Sunset-Overdrive-8

Karakter yang kamu kendalikan dalam Sunset Overdrive ditugasi untuk membereskan “kekacauan” yang menjadi imbas dari peluncuran minuman energi baru produksi FizzCo, Overcharge Delirium XT. Namun rupanya bukan sembarangan minuman energi, karena yang harus kamu bereskan adalah sebagian besar manusia di kota tersebut yang overdosis dan berubah menjadi mutant karena mengonsumsi terlalu banyak Overcharge Delirium XT (yah, setidaknya sudah ada pesan baik game ini, mengingatkan kita agar jangan terlalu banyak mengonsumsi minuman energi).

Sunset-Overdrive-7

Sampai sebelum Insomniac Games merilis trailer barunya yang terfokus pada gameplay game ini, kami tidak mengetahui banyak mengenai Sunset Overdrive. Sebelumnya hanya disebutkan jika gameplay-nya akan melibatkan aksi cepat, termasuk memungkinkan karakter berlarian di dinding, mungkin mirip dengan wall-runnernya Titanfall, melakukan zip-line antar bangunan, dan juga gerakan akrobatik lainnya. Namun dengan trailer barunya, setidaknya kami tahu jika ciri khas efek ledakan senjata api khas Insomniac masih kami dapati di sepanjang permainan. 

Sunset-Overdrive-6

Pertama, kini lebih jelas jika penggambaran dunia open-world dalam Sunset Overdrive memiliki atmosfernya sendiri, diperlihatkan kaya akan warna, ada pergantian siang dan malam, serta memasukkan unsur punk rock yang seharusnya lebih cocok eksis di dunia masa kini. Kamu bisa menjelajahi setting yang terbuka itu dengan bebas, entah itu bergerak di darat, atau di atas bangunan, sehingga penggunaan gerakan-gerakan parkour ketika berlarian di atas bangunan akan jamak dilakukan, sembari juga menumbangkan musuh mirip zombie menggunakan banyak pilihan gadget yang menjadi ciri khas gamenya Insomniac.

Sunset-Overdrive-5

Mungkin settingnya bisa diibaratkan perpaduan antara setting Prototype dan Infamous, namun disini kamu bisa berlari di setiap dinding, setiap mobil dan tenda bisa menjadi pijakan, dan juga setiap kawat yang menggantung bisa dilalui sembari menyerang para zombie OD. Makin tinggi lokasi bangunan yang kamu gunakan untuk bergerak, makin luas area yang bisa dilihat, dan akan membuta lebih banyak rute dan jalan pintas untuk mencapai sasaranmu.

Pasca penduduk menjadi zombie akibat minuman berenergi, kota itu pun diisolasi oleh FizzCo, dan yang ditunjuk untuk membereskan kekacauan itu adalah karaktermu, yang sayangnya (atau justru untungnya, ya!?) tidak juga sempat merasakan seperti apa rasanya Overcharge Delirium XT.

Sunset-Overdrive-13

Seluas apa settingnya memang belum terungkap, namun dari trailer gameplay-nya disebutkan jika setting akan mencakup beberapa pulau, dan di semua bagian kota tersebut misi bisa dilakukan kapan saja, yang diberikan oleh para manusia yang masih selamat dari efek minuman energi. Di sisi lain, selain manusia yang bertahan, ternyata ada kelompok manusia lainnya yang justru memanfaatkan keadaan dan membuat kekacauan dan mereka dikenal sebagai Scab, ada juga kelompok manusia yang OD dan sangat kuat serta sudah memanfaatkan mesin sebagai senjata. Faction tersebut memberi opsi misi lain yang lebih bervariasi.

Sunset-Overdrive-11

Kemudian jika kalian tertarik bagaimana Insomniac mendesain gadget dalam setiap gamenya, suka atau tidak, mungkin kini senjata ciptaan mereka, meskipun tetap orisinal, ternyata cukup aneh. Kami menjumpai ada peluncur lilin (entah apa efek lilin untuk para zombie), granat teddy bear yang diluncurkan dengan alat pemadam api, serta ada juga shotgun yang menembakkan api. Masih ada yang normal kok, seperti AK assault rifle dan hover turret. Namun senjata konsep mereka kali ini memang kelewatan anehnya… tunggu ulasan kami selanjutnya untuk beberapa senjata yang sudah dikonfirmasikan.

Sunset-Overdrive-4

Selain senjata api jarak jauh, kamu juga bisa melengkapi kemampuan karakter dengan superpower Amps, yang dibentuk dari minuman Overcharge, serta bisa digunakan ketika Style Meter-nya penuh. Karakter memiliki tiga slot dan satu untuk senjata untuk Amps yang bisa digonta-ganti, dengan pilihan mulai dari yang bisa merubah karakter menjadi bol api atau es, dan juga memberi amunisi berkekuatan nuklir. Mekanisnya sendiri tetap berbasis action third-person shooter, dan menggabungkan elemen shooter dengan pergerakan yang bebas. Style Meter yang disediakan akan terisi ketika kamu berhasil menghabisi musuh dengan style yang tidak biasa, atau melakukan gerakan yang ekstrem selama menjelajahi settingnya. Dan di sini jelas, menghabisi musuh sembari grinding melalui bangunan akan memberi kontribusi lebih banyak Style dibandingkan tidak melakukan apa-apa, apalagi justru berlindung di balik cover seperti tipikal first-person shooter.

Sunset-Overdrive-12

Bicara mengenai karakter, ada satu yang mungkin kamu tanyakan. Ya, tidak ada namanya, atau kepribadian khusus, karena dia adalah karakter yang bebas kalian ciptakan sendiri. Ada character creator tool di awal permainan, yang memberi pilihan mulai jenis kelamin, dan kostum apa yang akan digunakan karakter. Insomniac bahkan menyewa seorang perancang busana yang dikenal melalui label Hazmat Design, yaitu Carin Cronacher, untuk membantu menyediakan kostum yang stylish bagi karaktermu.

Sunset-Overdrive-3

Satu lagi yang akan kamu temui selama permainan, adalah Sunset TV, stasiun televisi milik Insomniac yang akan kamu temui di sepanjang permainan melalui layar dan juga papan iklan. Di sana Insomniac bakal membahas mengenai kondisi game saat ini, serta apa rencana ke depan mereka, dengan tujuan mengajak para pemain untuk berkontribusi dalam memberikan perubaham, pembenahan atau update di masa datang. Cara tersebut sepertinya lebih baik dibandingkan melemparkan gamer ke dalam forum khusus.

Microsoft juga sudah memastikan jika demo playable Sunset Overdrive tersedia selama E3 2014 awal Juni nanti. Jadi pastikan kalian terus memantau Duniaku untuk mendapatkan update barunya nanti. Sementara itu, kita lihat bersama-sama trailer gameplay yang dirilis kemarin.

Sunset Overdrive E3 Teaser

Insomniac Games “Full Power” Melalui Sunset Overdrive, Inikah Wujud Resistance Versi Xbox One?

Sunset Overdrive pertama kali terdengar melalui press conference Microsoft selama E3 2013 lalu, dan kemudian tidak ada kabar lanjutan, sampai kemarin kami mendapatkan trailer baru, plus segudang informasi baru.

Abaikan

Sunset Overdrive First Look

Insomniac Games “Full Power” Melalui Sunset Overdrive, Inikah Wujud Resistance Versi Xbox One?

Sunset Overdrive pertama kali terdengar melalui press conference Microsoft selama E3 2013 lalu, dan kemudian tidak ada kabar lanjutan, sampai kemarin kami mendapatkan trailer baru, plus segudang informasi baru.

Abaikan

Sumber: Microsoft


SHARE
Previous articleHugh Jackman Syuting X-Men: Apocalypse dan Wolverine 3 Bersamaan?
Next articleAdvergame Politik, Sarana Lain untuk “Mengiklankan” Citra Personal
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.