Meme Dalam Video Games: Ketika Gamer Menjadi Sangat Kreatif!

Video-Game-Meme

Meme bukan judul game atau nama platform, (jangan kebalik dengan MAME ya!), juga bukan kata jorok, apalagi nama Chinese seseorang… (ya kaleee…!!).

Yup, sedikit bercandanya, mari kita banyak santainya. Meme adalah istilah yang muncul tahun 1976 oleh Richard Dawkins dalam bukunya yang berjudul The Selfish Gene. Dawkins menjelaskan definisi Meme yang berhubungan kuat dengan genetik dan proses inkulturasi dalam masyarakat. Well, isi buku tersebut terlalu dalam dan luas untuk dibahas, jadi tidak akan saya jelaskan di sini. Namun, ada definisi yang lebih tepat dalam konteks ini yaitu:

“meme is an idea, behavior, or style that spreads from person to person within a culture” (kamus Merriam-Webster)

Meme bisa berbentuk hampir apa saja dalam konteks visual. Ia bisa berupa gambar, video, hyperlink, website, atau hanya sekedar hashtag (#). Pada intinya, penyebaran Meme hari ini tidak lepas dari dunia internet, dimana para gamer yang mungkin sedang istirahat sejenak dari gaming world, lalu mereka saling bertegur sapa (baik secara aktif maupun pasif) dengan komunitasnya masing-masing, dan… Voila! terciptalah siklus baru dalam dunia ejek-mengejek atau menyindir, yaitu dunia penyebaran Meme (karena jarang sekali ada Meme yang sifatnya diluar satire).

Oke, sekian pembahasan singkat tentang Meme, mari kita simak beberapa karya paling kreatif pilihan saya untuk Meme-meme Video Game terlucu di dunia internet!

meme5
sumber: gamingme
meme4
sumber: gamingme
meme11
sumber: gamingme
meme12
sumber: Gamingme
meme13
sumber: gamingme
meme14
sumber: gamingme
meme16
sumber: gamingme
meme17
sumber: gamingme
meme2
sumber: memebase.cheezburger.com
meme7
sumber: memecenter
sumber: gamesradar
sumber: gamesradar
sumber: gamesradar
sumber: gamesradar
sumber: gamesradar
sumber: gamesradar

Nah, sekarang mari kita tahan senyum kita (atau senyum selebar-lebarnya asal jangan terlihat gila) terhadap Meme terakhir yang menurut saya paling Ultimate, yaitu…

sumber: Go Home, You Are Drunk FB Page
sumber: Go Home, You Are Drunk FB Page

Sekian post saya, sampai jumpa lagi dan selamat berkarya di akhir pekan!


SHARE
Previous articleToge Productions Officially Releases Infectonator: Survivors via Steam Early Access!
Next articleConcept Art Mel Gibson Sebagai Wolverine Terungkap!
Kelahiran 1991, asli Indonesia. Tertarik terhadap dunia seni dan teknologi, dan mendalami dunia musik dan game. Kuliah musik pada tahun 2009, lulus pada tahun 2013, dan menggali kehidupan hingga mencapai keabadian. Pendiri dan Direktur Musik dari "Black and White Wedding Music Entertainment", Guru Musik (Teori / Gitar Akustik / Vokal), Gitaris Akustik, Komponis, dan juga Penyanyi Baritone. Bisa ditemukan di SoundCloud / YouTube / Instagram.