Nintendo Siapkan NFP, Integrasi Figurine dengan Game Digital ala Disney Infinity!

Tidak mau kalah dengan Disney Infinity dan Skylanders, Nintendo dikabarkan siap memperkenalkan integrasi figurine dengan game yang serupa lewat Nintendo Figurine Platform atau NFP. Seperti apa?

Nintendo Siapkan NFP, Integrasi Figurine dengan Game Digital ala Disney Infinity!

Nintendo Siapkan NFP, Integrasi Figurine dengan Game Digital ala Disney Infinity!

Kesuksesan beberapa platform Near Field Communication (NFC) yang mengintegrasikan figurine dengan game digital rupanya menarik perhatian Nintendo. Setelah Activision merilis seri Skylanders, dan Disney dengan Disney Infinity yang sudah menjamah karakter-karaker Marvel, kini dikabarkan Nintendo tengah mempersiapkan platform serupa, yang masih menggunakan kode nama Nintendo Figurine Platform (NFP).

Hal ini disampaikan oleh Presiden Nintendo, Satoru Iwata saat melakukan financial briefing dengan para staff Nintendo beberapa hari lalu. Iwata mengungkapkan gagasannya membuat platform ini, yang menurut rencana akan kompatibel dengan 3Ds dan Wii U. Platform ini terdiri dari dua bagian, sama seperti Skylanders maupun Disney Infinity. Figurine nantinya bisa membaca dan menulis data game ke beberapa game sekaligus, dan membuat pemain bisa melakukan hal yang disebut Iwata "kustomisasi NFP untuk melatih karakter Nintendo milikmu". Bahkan, Iwata sudah mendemokan sedikit teknologi tersebut dengan menggunakan sebuah figurine Mario, yang bisa digunakan untuk berbagai judul game sekaligus.

"Platform ini didesain untuk kompatibel dengan banyak judul software Nintendo," ungkap Iwata seperti dikutip dari Nintendo Japan. "Dengan kata lain, Figurine yang bisa dibeli dan dikoleksi pemain, akan bisa digunakan untuk banyak judul game yang dirilis di masa mendatang, dan kami menargetkan untuk mengembangkan lebih banyak judul lagi yang akan kompatibel dengan deretan figurine ini. Nintendo memiliki banyak IP karakter yang dikenal dalam video game, dan kami selalu merilis judul dari game yang menggunakan IP karakter-karakter tersebut. Inilah yang membuat saya percaya, bahwa platform tipe baru ini akan menjadi kenyataan saat karakter-karakter tersebut kompatibel dengan NFP," papar Iwata.

Nintendo Siapkan NFP, Integrasi Figurine dengan Game Digital ala Disney Infinity!

Iwata juga mengungkapkan, bahwa NFP akan mulai diimplementasikan di berbagai macam judul Wii U mulai akhir tahun ini, dan dilanjutkan dengan dukungan untuk 3Ds pada tahun depan. Selain itu, Nintendo juga akan merilis sebuah device NFP menggunakan teknologi infra merah untuk 3DS pertengahan tahun depan, sehingga figurine ini bisa terintegrasi dengan Wii U dan 3Ds secara bersamaan. Iwata juga berharap, Nintendo bisa segera menyajikan demonya pada E3 2014 nanti.

"Nantinya, mungkin bukan hanya box atau package dari game saja yang menghiasi toko, melainkan figure itu juga. Ini akan memberikan ekspos yang lebih untuk Nintendo dan memainkan peran yang penting dalam meningkatkan brand awareness kami," pungkas Iwata. Menarik untuk ditunggu, seperti apa inovasi yang akan diberikan Nintendo untuk NFP ini, mengingat Nintendo memang memiliki IP karakter yang cukup ikonik dan tidak kalah dengan Disney ataupun Activision, sebut saja Mario, Donkey Kong, hingga Link. Sanggupkah deretan karakter ikonik dan teknologi dari Nintendo ini bersaing dengan Disney Infinity dan Skylanders?

[Sumber: Nintendo/Polygon/Wikipedia]

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU