“Gerakan Indonesia Bermain” Kembali Angkat Permainan Tradisional, Sekaligus Ramaikan Ultah Kota Bandung

Indonesia-Bermain

Di era globalisasi dan digital, permainan tradisional seakan terpinggirkan, bahkan telah dilupakan oleh generasi penerus bangsa ini. Permainan yang sejatinya ada sejak nenek moyang kita dulu merupakan sebagai wahana pendidikan karakter yang menyenangkan. Seiring dengan berkembangnya teknologi yang masuk ke Negara kita, seakan permainan tradisional ini tidak lagi menarik untuk dimainkan. Padahal permainan tradisional kaya akan nilai-nilai dasar kehidupan bermasyarakat, serta modal dasar pembentuk karakter dan kepribadian bangsa. Oleh karena itu, perlu adanya kerjasama yang baik antara pihak pemerintah, elemen masyarakat, sekaligus orang tua untuk kembali menanamkan dan menumbuhkan kembali permainan-permainan tradisional yang hampir hilang.

permainan tradisional

Namun tidak semua orang melupakan permainan yang kaya akan unsur nilai budaya Negara kita, saat ini banyak juga developer dan publisher lokal yang telah memadupadankan antara permainan tradisional ke dalam dunia game digital,  dan mencoba memperkenalkan kembali permainan tradisional ini melalui sarana teknologi, yang dikemas secara modern sehingga tidak terlihat ketinggalan zaman untuk dimainkan.

Untuk mensejajarkan permainan tradisional dengan game-game modern, Duniaku berencana akan mengadakan event dengan tema “Gerakan Indonesia Bermain”. Kota yang dituju untuk menyelengarakan event ini adalah Kota Bandung, serta akan mengandeng Walikotanya, Ridwan Kamil, sebagai pelopor “Gerakan Indonesia Bermain”. Alasan kota ini dipilih, karena Bandung merupakan kota kreatif yang sering melahirkannya berbagai macam trendsetter baik dibidang fashion, kuliner hingga game-game digital untuk semua jenis flatform. Alasan lainnya, karena Bandung akan dijadikan sebagai Smart, Green and Happy City oleh walikotanya.

IMG-20140512-WA0001

Dalam pertemuan Tim Duniaku dengan Ridwan Kamil Senin 12 Mei 2014 kemarin, membahas mengenai beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan, seperti perijinan penggunaan lokasi Car Free Day dan Taman Kota, perijinan acara, penggunaan gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) ITB, publikasi acara melalui media-media publikasi yang dimiliki pemkot Bandung serta Walikota Bandung yang membuka acara dan ikut bermain dalam event tersebut.

“Gerakan Indonesia Bermain” terdiri dari dua bagian, yaitu roadshow dan puncak acara. Roadshow Gerakan Indonesia Bermain akan diselengarakan di Jl. Ir. Juanda selama Car Free Day, dan akan dilaksanakan dengan digelarnya booth berisi berbagai macam mainan dan mengajak masyarakat bermain bersama. Jenis mainan yang akan disajikan dalam booth tersebut adalah permainan Tradisional serta Card & Board yang bersifat kompetisi atau team.

Untuk puncak acaranya akan dilaksanakan di Sabuga ITB Bandung, event ini direncanakan akan berdekatan dengan HUT kota Bandung, yaitu pada 27-28 September 2014 mendatang. Dalam acara puncak akan menghadirkan berbagai macam booth dalam berbagai jenis zona (Tradisional, Digital & Mobile, Card Board, Vintage).

Duniaku juga akan mengadakan permainan Team Treasure Hunt, sebuah game yang melibatkan seluruh anggota keluarga (berbentuk team) untuk menyelesaikan tantangan, disejumlah permainan dan memperoleh clue. Clue-clue tersebut dapat dirangkai menjadi suatu rangkaian kata yang kemudian ditebak untuk memperebutkan hadiah utama.

Indonesia Bermain sebelumnya pernah diselengarakan pada tahun 2011 oleh Agate dan Kumara. Dengan memiliki konsep unik yang mengangkat tema bermain bersama. Target yang dituju dalam Indonesia Bermain ini adalah keluarga dan dapat dimainkan oleh siapapun. Presentase pengunjung yang hadir saat itu adalah 55% pria dan 45% wanita.

indonesia bermain

Diadakannya Gerakan Indonesia Bermain bertujuan untuk mengangkat industri game Indonesia dan memperkenalkan kembali permainan tradisional kepada masyarakat. Gerakan Indonesia Bermain dilaksanakan dalam bentuk event yang menyajikan berbagai variasi permainan, seperti tradisional, digital & mobile game, card & board game, serta vintage. Karena menjadi sebuah gerakan, Indonesia Bermain akan mewujudkan semangat positif untuk bermain pada kalangan luas yang kemudian bebas dikembangkan oleh siapapun. Selain itu juga acara ini diharapkan agar semua para pengunjung dapat merasakan keceriaan dan dampak yang positif dari sebuah permainan.


SHARE
Previous articleLost Dimension Adalah Random Dungeon RPG Lainnya, Atau Shin Megami Tensei Ber-setting Amerika?
Next articleKetika Nazi Menguasai Dunia di Launch Trailer Wolfenstein : The New Order
Dunia game adalah dunianya, terutama dengan game PC Action War merupakan favoritnya. Perangkat gadget, bermain mobile games adalah hobi sampingan, dia juga suka merakit computer biar bisa ngerasain performance yang maksimal waktu main game.