Dalam Watch Dogs, Seorang Hacker Mampu Kuasai Sebuah Kota Melalui Smartphone!

Watch-Dogs-Hacking

Developer: Ubisoft Montreal
Publisher: Ubisoft
Platform: PS3, PS4, WiiU,  X360, X1,  PC Windows
Genre: Action Adventure
Tanggal Rilis: 27 Mei 2014, Q4 2014 khusus Wii U
Rating: Mature

Pernahkah Citizen membayangkan jika seluruh perangkat listrik atau elektronik di kota sepenuhnya bisa kalian kendalikan? Jika pernah membayangkan hal tersebut, kini kalian bisa mencobanya langsung lho! Bukan di dunia nyata, melainkan melalui game baru garapan Ubisoft, Watch Dogsyang akan segera dirilis 27 Mei mendatang. Meskipun judulnya bisa diartikan sebagai “anjing pengintai,” namun ternyata game ini justru menampilkan protagonis seorang hacker yang lebih identik sebagai seorang “penyusup” (bukan pengintai) di dunia cyber. Sebagai seorang hacker, dia  mampu meng-hack seluruh perangkat bersistem elektronik, untuk mengendalikan atau mencari informasi, hingga merusak perangkat tersebut dalam waktu singkat.

Watch-Dogs-Hacking-2

Setting game ini digambarkan mengalami gangguan pasca diluncurkannya virus komputer yang membuat perangkat elektronik sebagian besar kota di Amerika tidak beroperasi. Dan sehubungan dengan keadaan kota tersebut, konsep cerita Watch Dogs memang dibangun atas dasar tema perang informasi, dimana data di seluruh dunia saling terhubung, dan ketika kebutuhan akan teknologi dunia makin memuncak, akhirnya dipertanyakan siapa sebenarnya yang menjalankan sistem komputer dimana dunia saat ini bergantung.

Tepatnya, setting utama dalam game ini berada di kota Illinois, Chicago, di masa depan. Menurut cerita dalam game, sebagai antisipasi setelah terjadinya kejadian nyata Northeast Blackout pada tahun 2003 lalu, dimana karena ulah hacker akhirnya terjadi pemadaman luas di wilayah sisi barat Amerika Serikat dan Ontario di Kanada, saat ini dibangunlah ctOS (Central Operating System), sebuah software super komputer yang dikembangkan oleh Blume Corp. untuk mengantisipasi kejadian yang sama di masa depan. Namun kini di masa depan, ternyata seseorang hacker berhasil menembus ctOS, dan mampu mengendalikan seluruh perangkat elektronik di Chicago.

Watch-Dogs-Hacking-1
Bicara smartphone, bentuknya mirip Samsung Galaxy S4, meskipun tampilan interface Profilernya jelas mengindikasikan sebuah iOS-nya Apple iPhone…

Namanya adalah Aiden Pearce, seorang hacker dari Irlandia yang memiliki kemampuan untuk meng-hack ctOS melalui smartphone. Meskipun seorang hacker yang cerdas, Aiden juga memiliki kemampuan berkelahi dan menggunakan senjata api. Dia juga dapat bergerak cepat dan melakukan aksi parkour, sehingga sulit ditangkap oleh para musuh-musuhnya, termasuk polisi. Dalam sebuah trailer, Aiden mampu mengendalikan semua CCTV di kota dengan bebas, sehingga dia mampu melihat wilayah disekitarnya secara leluasa. Selain itu, dia juga dapat melakukan gerakan takedown untuk menghabisi musuh secara tiba-tiba tanpa diketahui, gerakan yang biasa kita dapati dalam tipikal game spioanse, dan yang paling dekat adalah dari franchise Ubisoft lainnya, Assassin’s Creed. Tidak hanya itu saja, Aiden Pearce juga ahli dalam bertarung, seperti pada beberapa trailer, polisi saja bisa dia pukul jatuh dengan mudah menggunakan beberapa kombonya. Seperti layaknya Batman, dia juga berjuang di lapangan untuk menegakkan keadilan dengan caranya sendiri.

Selain berbagai jenis senjata api, untuk pertarungan jarak dekat, Aiden Pearce menggunakan sebuah baton atau tongkat polisi.  Aiden menggunakannya untuk melucuti senjata musuh dan melukai tubuh lawannya. Pada suatu kondisi tertentu, senjata ini juga dapat digunakan untuk meng-KO lawannya secara mendadak, membuatnya tidak sadarkan diri. Senjata baton ini merupakan satu-satunya senjata melee yang tersedia di game ini. Namun dibandingkan baton atau keseluruhan senjata api yang dia miliki, tidak ada yang lebih berbahaya dibandingkan Profiler, sebutan keren aplikasi dalam smartphone yang dia gunakan selama beroperasi, dan memiliki beragam fungsi yang mendukung proses hacker.

Watch-Dogs-Profiler-1

Profiler, smartphone yang kalian lihat digenggam Aiden dalam beberapa gambar game ini, merupakan alat yang mampu memberi akses pada informasi pribadi siapa pun juga, dan meng-hack apapun yang terhubung ke CtOS-nya Chicago. Melalui Profiller, kalian juga bisa membuka misi-misi tambahan selama permainan. Profiler juga bisa menyimpan hingga 8 ability dalam sebuah menu berbentuk roda. Setiap ability memiliki fungsi tersendiri, dan hanya satu saja yang bisa digunakan setiap waktu. Ketika menggunakannya, setiap ability tersebut memakan baterai Profiler, sehingga kemampuan hacking tersebut tidak bisa digunakan secara berlebihan. Kemudian setiap ability yang dibagi menjadi dua jenis tersebut, membutuhkan waktu dua detik agar efek hackingnya terjadi.

Data terakhir, ability Profiler akan terus meningkat selama permainan, mulai dengan ability kecil seperti Signal Jamming, hingga yang lebih ekstrem seperti mematikan listrik seluruh bagian kota. Juga disebutkan jika mengendalikan kota seperti pada trailer terbuka di pertengahan menjelang akhir game. Pengendalian kota akan terus meningkat efeknya seiring kamu meng-hack terminal ctOS lokal, sehingga didapatkan kendali penuh atas semua terminal.

Kemampuan Aktif

Profiler memiliki kemampuan aktif, dimana untuk menggunakan kemampuan ini akan memakan beberapa persen dari baterai Profiler. Jika baterai  habis, maka kamu tidak bisa menggunakan kemampuan hacking. Berikut ini merupakan kemampuan hacking yang bisa dilakukan oleh Aiden: 

Signal Jamming

Kemampuan hacking yang digunakan untuk mengganggu sinyal ponsel untuk melumpuhkan komunikasi serta mampu mengalihkan kecuriggan para polisi sehingga memungkinkan Aiden menyelinap tanpa terdeteksi. 

Watch-Dogs-Hacking-3

Bridge Control (Lift)

Kemampuan hacking yang memungkinkan Aiden mengontrol jembatan layang. Biasanya kemampuan ini digunakan untuk pemutus pengejaran, ketika Aiden melewatinya, ia dapat menaikan jembatan agar mobil pengejarnya (biasanya polisi) tidak bisa melewati jalan tersebut.

Watch-Dogs-Hacking-4

Traffic Light Control

Aiden mampu mengontrol lampu lalu lintas, mengacaukannya agar terjadi kemacetan bahkan kecelakaan di jalan yang dinginkannya. Aiden juga dapat membunuh musuhnya dengan menyalakan semua lampu hijau di lalu lintas tempat sang korban berada.

Watch-Dogs-Hacking-5

Subway Train Control

Kemampuan hacking dimana Aiden mampu mengontrol seluruh kereta yang berada di dekatnya. Ia mampu memberhentikan maupun menjalankan kereta semaunya. Ia juga dapat melompat ke atas kereta untuk menghindari musuhnya.

Watch-Dogs-Hacking-7

Rupture Pipe

Aiden mampu mengatur tekanan air melalui kemampuan ini. Dia dapat meningkatkan tekanan air dari bagian pipa tertentu, menyebabkan pipa tersebut meledak dan memuntahkan air atau pun uap untuk menyakiti atau merusak penglihatan lawannya. Efek yang lebih besar bahkan menimbulkan ledakan di tengah jalan.

Watch-Dogs-Hacking-6

Blackout

Yang paling ekstrem, kemampuan hacking Aiden mampu memadamkan aliran listrik di satu kota selama kira-kira 40 detik, sehingga seluruh pemandangan menjadi gelap. Kemampuan ini membuat Aiden mampu melarikan diri tanpa ada musuh (seperti polisi dan para mercenary) yang mengancam, ataupun dapat melumpuhkan dan membunuh lawannya tanpa perlawanan. Ketika kemampuan ini aktif, maka seluruh objek yang sebelumnya ter-hack akan secara otomatis lumpuh. Karena Blackout hanya memadamkan listrik saja, maka kemampuan ini hanya cocok digunakan ketika malam hari atau di daerah gelap.

Watch_Dogs – Story Trailer

Dalam Watch Dogs, Seorang Hacker Mampu Kuasai Sebuah Kota Melalui Smartphone!

Sebelum mengendalikan hacker terkuat di dunia Ubisoft, Aiden Pearce dalam aksinya di Watch Dogs 27 Mei besok, ada baiknya kalian mengenali kemampuan hacking yang bisa dilakukannya selama permainan melalui artikel ini...

Abaikan

Kemampuan Pasif

Profiler juga memiliki kemampuan pasif. Kemampuan pasif ini merupakan kemampuan hacking yang dapat digunakan secara bebas tanpa memakan baterai. Belum banyak kemampuan pasif yang dikonfirmasikan, beberapa diantaranya adalah:

Watch-Dogs-Hacking-8

Telephone Tapping

Kamampuan Aiden untuk mendengarkan pembicaraan kedua orang yang sedang bertelepon. Selain itu, Aiden mampu mendeteksi kedua penelepon tersebut. Kemampuan ini digunakan untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai misi yang diberikan.

Bank Account Theft

Dengan Profiller kamu bisa mengetahui informasi semua manusia yang terdaftar di ctOS. Selain nama dan pekerjaan mereka, kamu bisa melihat pendapatan mereka. Dan dengan data income mereka tersebut, bisa menjadi alasan untuk membobol rekening tersebut. Akan percuma bukan membobol rekening seseorang yang terlihat berduit, ternyata itu cuma “kelihatannya” saja :) Semakin besar income seseorang, semakin besar uang yang dapat kamu ambil. Untuk melakukan hacking akun bank ini kamu bisa melakukannya di mesin ATM. Hati-hati jika kamu mengambil banyak uang, semakin mudah membuka kedok Aiden di mata polisi setempat.

Watch_Dogs – 101 trailer

Dalam Watch Dogs, Seorang Hacker Mampu Kuasai Sebuah Kota Melalui Smartphone!

Sebelum mengendalikan hacker terkuat di dunia Ubisoft, Aiden Pearce dalam aksinya di Watch Dogs 27 Mei besok, ada baiknya kalian mengenali kemampuan hacking yang bisa dilakukannya selama permainan melalui artikel ini...

Abaikan


SHARE
Previous articlePewDiePie Puas dan Ketakutan Setelah Mereview DreadOut
Next articleKetika HTC Merasa Masih Banyak yang Mencari Versi “Hemat” Dari Smartphone Termahal
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.