“ITB Apprentice Awards” Membekali Talenta Muda untuk Meramaikan Industri Kreatif Bangsa

ITB Walt disney

Institut Teknologi Bandung (ITB), merupakan sekolah tinggi teknik pertama di  Indonesia, dengan  bangga mempersembahkan  ITB  Apprentice  Awards. Sebuah  ajang penghargaan bergengsi yang  diadakan  oleh  LSKK  STEI  ITB  sebagai  bentuk  apresiasi  terhadap  talenta-talenta  muda  diseluruh  Indonesia yang bergerak pada bidang  industri  kreatif  khususnya dibidang animasi dan aplikasi mobile.

Program ini terbuka untuk semua pelajar di Indonesia dengan batasan umur 18 s/d 25 tahun, tidak tanggung-tanggung acara ini didukukung oleh The Walt Disney Company, mereka menyediakan sebuah program penunjang  bagi talenta muda di Indonesia untuk menyajikan karya mereka. Dan tema yang diusung pada acara kali ini adalah “Bringing Communities  Together”  dengan taglinenya  “Fun,  Family,  Optimism,  Story-telling,  Creativity, Innovation and Technology.

Pada acara ini terdapat dua kategori yang bisa diikuti yaitu Best Animated Short dan Best Mobile Application.  Melalui  animasi  atau  aplikasi  bergerak,  para peserta  diharapkan  dapat menginterpretasikan  pilar-pilar  utama tentang  keceriaan,  keluarga,  optimisme,  bercerita,  kreativitas,  inovasi  dan teknologi serta dikemas secara unik dan kreatif yang pada nantinya akan dipertemukan oleh masyarakat global maupun lokal.

Adapun syarat-syarat yang telah ditentukan untuk kedua kategori tersebut, diantaranya untuk kategori Best Animated Short terbagi menjadi dua jenis yaitu Animatics  dan Animated Short, video yang di tampilkan harus memiliki durasi minimal selama 5 menit dan maksimal 8 menit, disertai dengan suara dan musik. Kemudian Buku konsep yang menampilkan, harus memiliki beberapa unsur yaitu konsep (synopsis), desain karakter yang didalamnya sudah termasuk gambar dari segala isi dan ekspresi secara keseluruhan, panel latar belakang (background), script, harus memiliki storyboard, dan Informasi lain yang mendukung, bagaimana karya tersebut dapat diperluas dan berpotensi.

Ada beberapa kriteria Penilaian untuk kategori ini seperti, dilihat dari sisi kreativitas & orisinalitas, penayangan dan penjelasan cerita, kualitas animasi , desain karakter, desain suara, kualitas penceritaan dan hiburan.

Sedangkan untuk syarat dari kategori Best Mobile Application, diantaranya aplikasi yang sudah selesai lengkap dengan versi biner dan source code-nya, kemudian dokumen lengkap berisikan mengenai konsep dan detil aplikasi, harus ada penampilan sekilas (screenshot), memiliki tujuan dan target pengguna yang dituju, strategi penyebaran, wireframe (dokumen) mengenai desain keterlibatan pengguna dan fungsionalnya, taktik nilai jual dari aplikasi yang dibuat, menjabarkan secara detil strategi marketing dari aplikasi, mengenai hal-hal yang berkaitan dengan aplikasi yang dibuat.

Sedangkan kriteria yang dilihat untuk penilaian kategori ini seperti konsep dan kreativitas, kualitas dan desain dari aplikasi, fungsionalitas dan keterlibatan pengguna, marketing, serta strategi nilai jual.

Diajang yang bergengsi ini tentunya hadiah yang telah disediakan juga tidak kalah mengiurkan, yaitu bagi para pemenang dari masing-masing kategori, akan mendapatkan uang  tunai  senilai  US$  3.000  dan  program magang  selama  2  minggu  di kantor  The  Walt  Disney  Company  Pte.Limited yang berada di Singapura.  Serta akan mendapatkan uang  saku  tambahan  senilai  US$ 2.000 untuk akomodasi biaya hidup selama magang, maka jumlah nominal dari hadiah yang didapatkan sebesar US$ 5000. Patut diingat batas akhir penyerahan karya untuk ITB Apprentice Awards akan ditutup pada tanggal 31 Juli 2014. Dan untuk peserta yang mendapatkan kesempatan mengikuti program magang akan dilaksanakan pada bula Oktober sampai November 2014 selama 2 minggu.

IMG-20140523-WA0000

Dr-Tech  Ary  Setijadi  Prihatmanto,  Dosen  Institut  Teknologi  Bandung  mengatakan  bahwa, “Sumber  daya  manusia  lokal  mempunyai  talenta  yang  sejajar  dengan  luar  negeri  namun kualitas dan ragam penyajian tampilan produk kreatif Indonesia harus ditingkatkan agar dapat memenuhi  standar  ekspor.  Kami  sangat  gembira  menanggapi  dukungan  Walt  Disney Company  Pte.Limited  merupakan sebuah  perusahaan  pemimpin  global  dalam  kreatifitas  terhadap  acara ini  di  mana  dalam  masa  magang  selama  2  minggu  di  Singapura  dapat  memberikan  wawasan global dalam karya lokal anak bangsa yang kemudian dapat ditularkan kepada lingkungannya,”  tuturnya.

Untuk bisa ikut berpartisipasi dalam acara ini, kalian dapat mendaftarkan diri ke situs ITB Apprentice Award dan mengunggah karya kalian. Apabila kalian telah mengunggah hasil karya kalian namun kalian ingin mengantinya, jangan khawatir kalian masih bisa mengatinya sebelum tenggat waktu acara ini ditutup. Untuk ukuran  maksimum  data  yang akan diunggah yaitu sebesar 100  MB dan disarankan untuk melakukan compressing file dalam bentuk .zip atau .rar.

Gunakan kesempatan langka ini untuk mendapatkan pengalaman yang lebih dari kreatifitasmu, segera daftarkan karya kalian diajang yang bergengsi ini !!!


SHARE
Previous articleTouchTen Rilis Jumpin’ Apeach, Game KakaoTalk Berhadiah Tiket Nonton Asian Dream Cup 2014!
Next articleSekadar Iseng Mencari Tahu, Kapan dan Dimana Sebenarnya Kisah DreadOut Berlangsung?
Dunia game adalah dunianya, terutama dengan game PC Action War merupakan favoritnya. Perangkat gadget, bermain mobile games adalah hobi sampingan, dia juga suka merakit computer biar bisa ngerasain performance yang maksimal waktu main game.