Tokyo Game Show 2014, Changing Games: The Transformation of Fun

TGS-2014-2

Seperti yang pernah kami laporkan tahun lalu, event game tahunan di Jepang, Tokyo Game Show akan kembali berlangsung tahun ini pada tanggal 18 hingga 21 September 2014. Seperti sebelumnya, Duniaku kembali mendapat kehormatan sebagai salah satu media resmi Tokyo Game Show 2014 (TGS 2014), dan kami akan melaporkan salah satu event game bergengsi tersebut langsung dari Makuhari Messe.

Tokyo Game Show 2014 masih sama akan diadakan oleh Computer Entertainment Supplier’s Association (CESA) yang bekerjasama dengan Nikkei Business Publications. Dua hari pertamanya seperti sebelumnya akan menjadi Business Day untuk para peserta, sedangkan dua hari selanjutnya menjadi Public Day, dimana masyarakat umum bisa masuk ke dalam dan melihat apa saja yang dipamerkan oleh studio game dari Jepang khususnya, dan bahkan studio game Indonesia. yang sudah menunjukkan keikutsertaannya mulai TGS 2012 lalu.

Duniaku akan kembali terbang ke Jepang untuk melaporkan langsung TGS 2014.
Duniaku akan kembali terbang ke Jepang untuk melaporkan langsung TGS 2014.

Melalui press release yang kami terima, TGS 2014, yang juga menjadi TGS ke-24 ini akan mengusung tema “Changing Games: The Transformation of Fun”, yang menyiratkan akan adanya perubahan visi game seiring dengan hadirnya platform baru, yaitu Xbox One, yang bakal dirilis di Jepang 9 hari sebelum TGS 2014 berlangsung. Konsol now-gen tersebut menemani PS4 yang sudah bercokol di Jepang sejak 22 Februari 2014 lalu, dan jelas publik game di sana pasti banyak berharap event tersebut akan menyajikan banyak game yang disiapkan untuk keduanya.

Event ini juga diharapkan akan kembali memecahkan rekor sebelumnya, yang mencatat lebih dari 270,000 pengunjung hadir, ada 352 perusahaan dan organisasi yang turut mengisi acara, serta diliput oleh media dari 36 negara, termasuk Duniaku yang menjadi salah satu media dari Indonesia, sekaligus media resmi TGS 2014. Sedangkan untuk tahun ini, panitia memperkirakan pengunjung yang datang mencapai 220,000, pesertanya sekitar 300, dan terdaftar hingga 1,600 booth.

Setelah pihak panitia mengkonfirmasikan apa tema TGS 2014 ini, kemarin mereka juga mengungkapkan seperti apa visual utama yang akan digunakan untuk TGS 2014 ini. Untuk gambar tersebut, kembali artis Ippei Gyoubu ditunjuk untuk menggambarkannya. Dan seperti tahun-tahun sebelumnya, apa yang digambarkan Gyoubu juga jauh dari bayangan kita mengenai game. Kami sendiri melihatnya seperti seorang gadis yang aneh dari masa depan, yang bisa kalian lihat di atas. Bagaimana menurut kalian, apakah gambar tersebut cukup menyiratkan tema TGS 2014 kali ini? Coba kita bandingkan juga dengan gambar tema utama TGS tahun sebelumnya, dan juga memahaminya dari penjelasan resmi Gyoubu berikut ini.

“I created this year’s main visual by visualizing the “emergence” based on the keyword “change/transformation” in the theme. A caterpillar becomes a chrysalis, breaks down its body and reconstructs itself to be born as a completely different creature. In a gaming world, technological innovation has evolved in the last 10 years and now that we’ve passed through the revolutions such as internet, social media and smartphone, I feel that we’ve come close to the time of the birth of a completely new world with all those revolutions blending well. I created this visual based on that feeling. This main visual expresses the ambiguity of whether the visual is a reflection of the metal or not, it’s a flat graphic or not, it’s stereoscopic or planar, and she’s a human or a robot.”  


SHARE
Previous articleCerita Dalam Azure Striker Gunvolt Ditampilkan Dalam Wujud Potongan Pesan
Next articleDeretan Screenshot Keren Hyrule Warriors, Hadapkan Link Melawan Penggemar Beratnya!
Mengawali karier menulisnya pada tahun 1997 sebagai kontributor rubrik game majalah Mentari Putera Harapan. Namanya mulai dikenal setelah dia turut membidani lahirnya majalah game pertama di Indonesia, Game Master. Begitu banyak majalah yang lahir dari buah pemikirannya. Sebut saja Game Master, 3D Magazine, Ultima Nation, hingga Zigma dan Omega. Tidak hanya dikenal sebagai jurnalis dan konseptor, GrandC juga seorang penulis cerita. Saat ini dia banyak disibukkan dengan pengembangan Vandaria, dunia fiksi ciptaannya.