5 Misteri Event DC Forever Evil yang Belum Terpecahkan

forever evil 00

Untuk citizen yang mengikuti storyline komik DC akhir-akhir ini, maka citizen pasti tahu bahwa event besar di dunia DC Comics saat ini adalah Forever Evil. Secara ringkasnya, Forever Evil adalah event utama yang terjadi di dunia DC, dimana para villain mampu mendominasi para superhero dan memporak-porandakan dunia DC. Hal ini dikarenakan villain yang muncul bukan villain sembarangan, melainkan mereka adalah villain yang datang dari Earth 3. Di Earth 3, semesta mereka merupakan versi yang berlawanan dengan karakter semesta di dunia New 52. Jika di semesta New 52 ada seorang superhero, maka di Earth 3 ia adalah seorang supervillain.

Prelude

Jika dalam New 52 terdapat kelompok superhero bernama Justice League, maka di Earth 3 mereka menjadi kumpulan supervillain bernama Crime Syndicate. Crime Syndicate ini terdiri dari : Ultraman (Superman Earth 3), Super-Woman (Wonder Woman Earth 3),  Owlman (Batman Earth 3), Johnny Quick (The Flash Earth 3), Power Ring (Green Lantern Earth 3), serta beberapa karakter baru seperti Grid (Cyborg Earth 3), Deathstorm (Firestorm Earth 3), Atomica (Atom Man Earth 3), Sea King (Aquaman Earth 3, namun tidak selamat ketika berpindah dimensi), dan Outsider (Alfred Pennyworth Earth 3).

Karena suatu sebab, semesta Earth 3 hancur dan Crime Syndicate membuat plot untuk menyelamatkan diri ke semesta lain, dan semesta yang mereka tuju adalah New 52. Karena di semesta New 52 terdapat artefak yang sebenarnya merupakan item dari Earth 3, yaitu Pandora Box. Berkat aktivasi Pandora Box, portal dari Earth 3 ke New 52 terbuka, dan invasi Crime Syndicate ke semesta New 52 pun dimulai. Peristiwa plot rencana Crime Syndicate untuk berpindah dimensi ke New 52 ini diungkapkan pada event Trinity War.

Perlu citizen cermati, antara Earth 3, Earth three, dan Earth-3 adalah semesta yang berbeda, walaupun terdapat karakter yang serupa.

Misteri yang tak Terungkapkan

Event Forever Evil kini telah berakhir, dengan “bersatu”nya para superhero dan supervillain dari New 52 untuk mengalahkan Crime Syndicate. Setelah Lex Luthor membunuh Alexander Luthor (versi dirinya di Earth 3) yang menjadi supervillain karena memiliki kekuatan Mazahs (Shazam Earth 3), Crime Syndicate pun juga tertumpas dan hanya menyisakan Owlman yang masih melarikan diri, Super-Woman yang kini sedang mengandung anak Alexander Luthor, dan Ultraman yang lumpuh karena kekurangan kryptonite dan terlalu terforsir sinar matahari (berkebalikan dengan kekuatan dan kelemahan Superman). Namun akhir dari Forever Evil menyisakan beberapa misteri yang masih menggantung, yang tidak tuntas hingga Crime Syndicate tertumpas sekalipun.

Apakah Crime Syndicate benar-benar hancur?

Crime Syndicate mungkin takluk oleh Injustice League (kelompok supervillan dari New 52 yang dipimpin oleh Lex Luthor. Secara teknis, merekalah yang menyelamatkan dunia). Namun, tidak semua anggota Crime Syndicate tewas. Ultraman mungkin sedang dalam keadaan yang menyedihkan, tapi bagaimana dengan Super-Woman? Dia mungkin terkurung di penjara, tapi dia sedang mengandung anak, yang menurutnya anak itu akan membuat “zaman kegelapan baru,” sepertinya cerita dari Crime Syndicate tidak berakhir di sini.

Dengan Owlman yang masih berkeliaran di dunia New 52, kita akan menantikan apakah ia mencoba untuk membebaskan dua mantan rekan nya. Atau kemungkinan plot lainnya, bisa jadi Owlman akan kembali mencoba merekrut Dick Grayson sebagai side kick nya. Sebagai Batman dari Earth 3, tentu aksinya akan sulit untuk ditebak.

Bagaimana Batman dapat terhubung dengan Wonder Woman yang terkurung?

Untuk membebaskan anggota Justice League yang terperangkap dalam tubuh Firestorm, dibutuhkan seseorang dengan ikatan emosional yang dekat dengan Diana (Wonder Woman) dan harus terhubung dengannya melalui Lasso Kebenaran. Saat itu Steve Trevor yang memperoleh lasso tersebut, dan sepertinya ialah yang akan membebaskan anggota Justice League. Namun tanpa terduga keadaan berbicara lain dimana Batman lah yang akhirnya terhubung dengan Wonder Woman. Bagaimana Batman bisa melakukan hal itu?

forever evil 02

Bruce (Batman) menanggapi dengan datar, bahwa mereka telah “saling kenal lama.” Tapi seperti yang menjadi pertanyaan Catwoman, apakah hanya sesederhana itu? Jujur , sulit untuk memperkirakan apa yang sebenarnya telah terjadi. Jika seandainya saja Batman memiliki hubungan yang dekat juga dengan Wonder Woman, maka bisa saja hubungan antara Superman, Wonder Woman, dan Batman di masa ke depan akan berlangsung dengan canggung.

Bagaimana kelanjutan nasib Booster Gold?

Pada awal refresh New 52, kita melihat nasib Booster Gold menghilang ketika Superman mencium Wonder Woman, mengindikasikan adanya peristiwa yang berbahaya akibat percintaan dua superhero itu. Hingga kini kita belun tahu pasti apa peristiwa yang akan terjadi, namun anehnya New 52 kembali menuturkan cerita yang misterius dengan memunculkan Booster Gold di Kota Gotham pada abad ke-19. Apakah artinya Booster Gold tetap beraksi sebagai penjaga alur waktu?

forever evil 01

Dan melihat perkembangannya, akhir dari Forever Evil memunculkan Ted Kord muda, yang kemungkinan nantinya akan menjadi side kick Booster Gold sebagai Blue Beetle. Namun Ted Kord ini dihadapkan kenyataan bahwa perusahaan ayahnya, Kord Industries nyaris diambil alih oleh Lex Luthor, namun Lex memutuskan agar Ted tetap yang menjalani perusahaan itu. Sedikit banyak, kehidupan Ted dalam pengaruh Lex Luthor. Apakah hal ini nantinya akan berdampak pada kelanjutan Blue Beetle? Dan bagaimana nanti pengaruhnya terhadap eksistensi Booster Gold?

 forever evil 03

dan, berkaitan dengan Lex Luthor…

Apa yang akan Lex Luthor lakukan setelah mengetahui identitas sesungguhnya dari Batman?

Peran sentral dari Forever Evil bisa dikatakan adalah Lex Luthor. Sebagai pemimpin Injustice League dalam menghadapi Crime Syndicate, ia juga menyelamatkan Justice League dari kehancuran. Dampaknya adalah sepertinya Lex Luthor sepertinya akan menjadi lebih heroik dari biasanya. Sempat ingin bergabung dengan Justice League (walaupun tidak ada yang percaya dengannya), Lex Luthor membangun kembali Justice League dengan memperbaiki Watchtower, markas Justice League yang hancur oleh Crime Syndicate. Walaupun tidak diterima oleh para superhero, ia mewanti-wanti Justice League bahwa, apapun yang menyebabkan kehancuran Earth 3 yang membuat Crime Syndicate menyeberang semesta, ia masih eksis di suatu semesta.

Batman sepakat dengan hal ini walaupun Justice League memutuskan tidak akan bergerak terlebih dahulu. Dan berkat kepintarannya, Lex Luthor mengetahui identitas asli dari Batman, yaitu Bruce Wayne

 forever evil 04

Pertanyaan yang muncul adalah tentu saja, apakah Lex Luthor benar-benar telah berubah? Walaupun pernyataan darinya telah dalam pengaruh Lasso Kebenaran milik Wonder Woman, tapi kita tidak pernah akan bisa menebak apa rencana sesungguhnya dari Lex Luthor. Dan dengan mengetahui identitas Batman, apa yang akan ia lakukan dengan informasi tersebut? New 52 adalah satu dari sedikit semesta dimana Lex Luthor mengetahui identitas Batman. Apakah hal ini akan berpengaruh pada hidup Batman? Atau informasi ini akan ia gunakan untuk bersama menghadapi bahaya yang pernah menghancurkan Earth 3?

Misteri tentang hancurnya Earth 3 pun terungkap di akhir Forever Evil #7, dimana ternyata pelaku penghancuran semesta ini adalah…

Apa dampak kehadiran Anti-Monitor pada Justice League dan New 52?

forever evil 05

Di akhir halaman Forever Evil #7 kita menemukan fakta bahwa yang menghancurkan Earth 3 adalah bukan Darkseid, melainkan Anti – Monitor. Berbeda dengan Anti-Monitor yang biasanya, ia mempunyai motivasi untuk mencari Darkseid. Apa kaitannya Darkseid dengan Anti-Monitor? Apakah nanti Anti-Monitor akan bersinggungan dengan New 52? Bagaimana Justice League akan menghadapinya? Sepertinya kita harus menunggu kelanjutan kisah di DC universe ini.


SHARE
Previous articleEA Ingkari Janji Manisnya, Plants vs. Zombies: Garden Warfare Juga Untuk PlayStation
Next articleRasakan Serunya Aksi Running Man dan Ji Sung di Lapangan Hijau Dalam Asian Dream Cup!
Toto yang merupakan pemerhati dunia komik dan game ini pernah menjalani karier sebagai editor buku anak selama 3 tahun. Bekerja dalam dunia anak membuat jiwa mudanya selalu ada dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini, orang yang melanjutkan karier nya sebagai perancang pameran ini suka bereksplorasi seni melalui tulisan dan gambar (desain), yang kebanyakan terinspirasi dari berbagai komik dan game kesukaannya.