Touchten Games: Kisah Dibalik Kerja Sama dengan KakaoTalk Lewat Jumpin’ Apeach

Seperti yang kami beritakan sebelumnya, Touchten Games mengkonfirmasikan kerja sama mereka dengan KakaoTalk, salah satu perusahaan instant messaging besar dari Korea. Kerja sama ini terwujud dalam bentuk sebuah game, Jumpin’ Apeach yang dikembangkan Touchten untuk platform tersebut. Jumpin’ Apeach ini terasa sangat istimewa, karena selain merupakan game pertama dari Touchten dan developer Indonesia yang dikembangkan untuk Kakao, game ini juga merupakan game pertama yang mengangkat maskot resmi dari KakaoTalk, KakaoFriends sebagai karakternya.

Di tengah-tengah perhelatan Casual Connect Asia 2014 yang diselenggarakan di Singapura pada 20 hingga 22 Mei lalu, Duniaku mendapatkan kesempatan untuk mewawancarai Anton Soeharyo, CEO dari Touchten Games yang menjadi salah satu pembicara dalam acara tersebut. Anton banyak bercerita mengenai bagaimana latar belakang kerja sama Touchten dengan KakaoTalk, hingga apa yang ingin mereka capai ke depannya dengan adanya kerja sama tersebut. Simak wawancaranya berikut ini!

jumpin-1

Duniaku: Bisa ceritakan sedikit, bagaimana awal mula kerja samanya dengan KakaoTalk?

Anton Soeharyo (AS): Kami sudah berkenalan dengan tim KakaoTalk selama satu tahun. Dan saat waktunya tepat untuk bekerja sama, secara natural kita langsung mem-propose ide game kita dan langsung kita jalankan.

D: Apa sih harapan Touchten dengan menggandeng KakaoTalk ini?

AS: Kami tahu bahwa ini bukan hanya kolaborasi untuk satu game saja, namun beberapa game-game kita dengan KakaoTalk, bukan hanya di Indonesia, tapi juga di Korea dan di manca negara. Itulah harapan kita, dan relasi kita inilah yang ingin saya bina.

D: Ide game dari Jumpin’ Apeach ini sendiri terinspirasi dari mana?

AS: Dari game kita sendiri yang berjudul Panda Adventures. Namun, Jumpin’ Apeach lebih berwarna dan lebih keren tentunya.

Touchten Games: Kisah Dibalik Kerja Sama dengan KakaoTalk Lewat Jumpin’ Apeach

Touchten Games dan KakaoTalk bekerja sama menghadirkan Jumpin' Apeach yang mengangkat maskot resmi KakaoFriends. Simak hasil wawancara Duniaku dengan Anton Soeharyo, CEO dari Touchten Games mengenai kerja sama tersebut!

Abaikan

D: Kerja sama dalam bentuk apa saja yang dilakukan Touchten dengan KakoTalk selama mempersiapkan game ini?

AS: KakaoTalk mendukung kami dalam event offline maupun online, dan KakaoTalk juga dengan baiknya memberikan banyak hadiah untuk user game kita ini. KakaoTalk pun juga dengan baiknya membantu kita melakukan QA dan game making process dengan baik. Kita banyak belajar dari perusahaan besar seperti KakaoTalk ini.

D: Apakah ke depan setelah Jumpin’ Apeach ini Touchten juga akan merilis lebih banyak game untuk KakaoTalk?

AS: Semoga saja, dan itu pasti adalah harapan kita :)

D: Mengenai platform Online to Offline (O2O) milik Touchten sendiri, sejauh ini seperti apa pencapaiannya?

AS: Sampai saat ini kita sudah ada 75.000 registered users, dengan 400-600 Redemption perharinya. Platform kita ini dari satu game sudah mencapai 25.000 Daily Active Users :)

touchten-4

D: Platform yang dibuat Touchten ini memberikan reward sebagian besar untuk merchant yang ada di Jakarta. Bagaimana dengan pemain yang berada di daerah lain?

AS: Merchant kami juga banyak yang nusantara kok, seperti beberapa perusahaan e-commerce ternama :)

D: Bisa dikasih bocoran dong, inovasi apa sih yang ingin diimplementasikan dalam platform tersebut di masa yang akan datang?

AS: Ke depan, kami ingin juga me-reward user yang mengajak teman mereka untuk men-download game kita, semacam sistem affilate referral reward. Of course, sebagai gamer, platform kami juga bisa digunakan untuk menantang teman kamu di game ini, dan ada sistem leaderboard yang lebih lucu.

D: Dan apa game lain yang juga tengah disiapkan untuk platform tersebut?

AS: Ada 9 game lagi yang akan di luncurkan tahun ini, ditunggu tanggal mainnya yah! :)

D: Apakah nantinya TouchTen juga akan mengintegrasikan game-game lama milik Touchten seperti Train Legend atau Ramen Chain ke dalam platform tersebut?

AS: Sedang dalam proses, dan jawabannya adalah iya :). Sebenarnya Train legend sudah mulai sih.

D: Terima kasih buat waktunya. Sukses terus buat kerja sama Touchten dengan KakaoTalk, dan juga platform barunya!

AS: Terima kasih juga!

Jumpin’ Apeach saat ini baru tersedia untuk platform Android, dan kamu bisa men-download-nya dengan mengunjungi halaman aplikasinya di Google Play Store.


SHARE
Previous articleInikah Kostum Baru Superman di Batman v Superman: Dawn of Justice?
Next articleSekuel World War Z Akhirnya Mendapatkan Penulis Naskah
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.