15 Easter Eggs Menarik dari X-Men: Days of Future Past

X-Men-Days-1

Sebagai film X-Men termahal dan terbesar, tidak dipungkiri bahwa X-Men: Days of Future Past merupakan film X-Men terbaik yang pernah dibuat. Meski, ada beberapa tumpang tindih dalam alur ceritanya. Selain banyak momen-momen menarik yang disajikan, namun film ini juga menyelipkan petunjuk-petunjuk menarik, baik yang berhubungan dengan komiknya, maupun yang berhubungan dengan film selanjutnya. Apa saja itu? Simak ulasannya dibawah ini:

01

1. Munculnya Keluarga Maximoff

Tentunya semua penggemar X-Men tahu bahwa Magneto (Michael Fassbender) adalah ayah kandung dari dua mutan bersaudara Quicksilver (Evan Peters) dan Scarlet Witch. Meski dalam film ini, hal itu tidak dijelaskan secara langsung, namun hubungan tersebut sempat disinggung. Ketika Quicksilver mendengar bahwa Magneto mampu mengendalikan logam dengan pikirannya, dia [Quicksilver] sempat berucap bahwa ibunya mengenal seseorang yang mampu melakukan hal yang sama. Mungkinkah yang dimaksud adalah Magneto? Seperti yang kita tahu, saat Xavier, Logan dan Hank mendatangi rumah Peter (Quicksilver), yang kita lihat hanya ibunya saja. Nama Maximoff sendiri juga tertulis di kotak surat dirumah Quicksilver, jadi, meski tidak dikatakan secara langsung, namun fakta yang didapat disana adalah benar kalau Quicksilver adalah anak dari Magneto. Mungkinkah kebenaran hal ini akan diungkap lebih jelas di X-Men: Apocalypse?

02

2. Apa yang Terjadi Dengan Beberapa Mutan dari X-Men: First Class?

Sebelum X-Men: Days of Future Past tayang di layar lebar, banyak yang bertanya tentang apa yang terjadi dengan beberapa mutan utama dari X-Men: First Class. Karena dari informasi yang ada, banyak dari mereka yang dipastikan tidak akan ambil bagian dalam film ini. Kini kita tahu bahwa, Angel, Banshee, Emma Frost, Riptide dan Azazel telah tewas sebagai bahan percobaan dalam rentang waktu antara X-Men: First Class dan X-Men: Days of Future Past.

03

3. Kameo

Adalah Chris Claremont, penulis alur cerita komik X-Men: Days of Future Past, yang menjadi Senator U.S. bersama dengan Len Wein, orang dibalik terciptanya karakter Storm, Colossus, Nightcrawler dan salah satu mutan paling dikenal, Wolverine. Tidak hanya mereka, sutradara Bryan Singer juga ikutan muncul sebagai kameo dalam film ini. Masih ingat dengan kejadian Mystique yang melompat keluar dari Hotel Paris dan mengagetkan banyak orang yang berkerumun disana? Pada saat itu, Singer berperan sebagai fotografer yang menangkap kejadian tersebut.

04

4. Kitty Pryde dan Colossus Akhirnya Bersama

Di akhir film, usai Logan menyelesaikan misinya, terlihat ada perubahan yang signifikan di masa depan, yang menyajikan akhir bahagia untuk beberapa mutan. Dan dua dari mutan tersebut adalah Kitty Pryde (Ellen Page) dan Colossus (Daniel Cudmore). Dalam komiknya, mereka berdua merupakan sepasang kekasih. Meski tidak dijelaskan secara langsung, namun kita bisa melihat pada akhirnya dua sejoli tersebut akhirnya bersama.

05

5. Dua Masa Depan yang Berbeda

Dalam versi komik X-Men: Days of Future Past, masa depan yang diceritakan adalah tahun 2013, tahun yang sama dimana film ini mulai diproduksi. Apakah ini sebuah kebetulan? Sedangkan dalam film ini, masa depan yang diceritakan adalah tahun 2023.

06

6. Perjalanan Waktu Wolverine

Dalam alur cerita komik, Kitty Pryde-lah yang dikirim ke masa lalu untuk menghentikan Sentinel sebelum mereka memusnahkan ras mutan di masa depan. Sedangkan di dalam filmnya, kita tahu bahwa Wolverine-lah yang dikirim ke masa lalu dan menjadi fokus utamanya. Meski begitu, peran Kitty Pryde dalam film ini juga sangat penting, karena dialah mutan yang sanggup mengirim Logan kembali ke masa lalu untuk memperbaiki masa depan.

07

7. Star Trek dan The Naked Time

Saat cerita terfokus di tahun 70an, ada sebuah adegan dimana Hank McCoy (Nicholas Hoult) tengah melihat sebuah episode lama dari Star Trek di ruang kerjanya, dan episode tersebut adalah The Naked Time. Menariknya, cerita dari episode tersebut mirip dengan cerita X-Men: Days of Future Past. Diceritakan, James T. Kirk dan kru dari Starship Enterprise mengalami sebuah kejadian dimana kru tersebut diselamatkan oleh sebuah ledakan yang mengirim mereka ke tiga hari yang lalu, sehingga mereka memiliki kesempatan untuk merubah nasib mereka di masa depan dan terhindar dari bencana yang mengerikan.

08

8. Siapakah Mutan-mutan Percobaan Tersebut?

Di X-Men: Days of Future Past, kita melihat Mystique (Jennifer Lawrence) menyelamatkan empat mutan yang digunakan oleh William Stryker sebagai bahan eksperimennya. Tetapi siapa saja mereka? Disana kita melihat Toad muda, yang pernah diperkenalkan di film X-Men pertama tahun 2000. Kita juga melihat Ink, mutan yang muncul dalam komik Young X-Men. Selain itu juga ada Spyke, mutan yang ada di serial animasi X-Men: Evolution, dan tidak ketinggalan Havok, mutan yang pernah beraksi bersama Xavier dan Magneto di X-Men: First Class.

09

9. Kehebatan Sentinel Masa Depan

Berkat penangkapan Rogue (Anna Paquin), Sentinel-sentinel masa depan memiliki kemampuan untuk menyerap kekuatan mutan-mutan lain dan membagi kekuatan tersebut diantara mereka sendiri, dan menggunakannya untuk melawan mutan-mutan yang tersisa. Sementara kita melihat mereka menggunakan kekuatan Sunspot dan Iceman untuk menghabisi mutan-mutan bersangkutan, disana kita juga melihat dimana Sentinel-sentinel masa depan tersebut menggunakan kekuatan dari mutan-mutan yang telah tewas seperti Lady Deathstrike, Emma Frost dan Darwin.

10

10. Kesukaan Wolverine dengan Warna Kuning dan Coklat

Meski kita tidak melihat Wolverine mengenakan kostum ikonik tahun 80-an nya yang berwarna kuning dan coklat, namun di apartemennya di tahun 70-an, Bryan Singer mampu menyajikannya warna kesukaan Logan dengan cara yang menarik. Seperti yang bisa kamu lihat pada foto diatas, terlihat jelas bahwa Logan sangat menyukai kombinasi warna tersebut, dengan dinding berwarna kuning dan tirai berwarna kuning dan coklat.

11

11. Kekacauan dalam Timeline

Seperti yang sudah menjadi rahasia umum, timeline di film X-Men memang sering kacau. Tidak terkecuali dengan film terbarunya ini. Sejarah antara William Stryker dan Wolverine di X-Men: Days of Future Past tidak sesuai dengan peristiwa yang kita lihat di X2: X-Men United, dimana dalam film tersebut terungkap bahwa Stryker melakukan eksperimen kepada Wolverine, dengan menanamkan adamantium dalam tulang tengkoraknya. Di X-Men Origins: Wolverine, keduanya bertemu pertama kali di Vietnam. Tapi di X-Men: Days of Future Past, Stryker yang sekarang 20 tahun lebih muda, belum pernah bertemu dengan Wolverine sebelumnya. Tentunya hal ini semakin menambah kekacauan yang ada dalam timeline X-Men yang sudah dibangun sejak tahun 2000 silam.

12

12. Peninggalan X-Men: First Class

Dalam adegan dimana Magneto datang untuk mengambil kembali helmnya, kita bisa melihat beberapa alat peraga lain yang ada dalam prekuelnya, seperti koin Magneto yang dia gunakan untuk membunuh Sebastian Shaw, harness yang rusak milik Havoc, serta salah satu sayap milik Angel Salvadore.

13

13. X-Men Vs The Avengers

Sebuah kejadian unik terjadi dalam dua proyek besar Marvel Studios dan 20th Century Fox, dimana kedua studio besar tersebut sama-sama menggunakan karakter Quicksilver dan Scarlet Witch dalam film mereka masing-masing, Marvel dengan Avengers: Age of Ultron dan Fox dengan X-Men: Days of Future Past. Dan masing-masing dari karakter tersebut pun diperankan oleh aktor dan aktris yang berbeda. Karena Marvel dilarang untuk menggunakan kata mutan dalam filmnya, mereka pun menyebut keduanya sebagai ‘keajaiban’ di Marvel Cinematic Universe. Selain itu, Marvel pun juga tidak diperbolehkan menggunakan karakter Magneto. Jadi, satu-satunya kemungkinan untuk ayah dan anak tersebut bekerjasama adalah di X-Men: Apocalypse.

14

14. Adaptasi Kejadian dalam Komik

Salah satu adegan klasik dari komik X-Men adalah ketika Magneto merobek logam dari tubuh Wolverine. Dalam film ini kita melihat adegan yang mirip dengan kejadian tersebut, dimana Magneto menusukkan batang-batang besi ke tubuh Logan. Meski yang terjadi sangat berbeda, namun kejadian di film ini jelas terinspirasi dengan salah satu halaman X-Men #25 yang dirilis tahun 1993.

15

15. The Four Horseman

Kita tahu bahwa sosok misterius yang muncul di post-credit X-Men: Days of Future Past adalah En Sabah Nur, atau yang juga dikenal dengan Apocalypse. Dia dipastikan akan menjadi tokoh antagonis utama di sekuel selanjutnya, X-Men: Apocalypse, yang akan tayang 2016 mendatang. Tapi tahukah kamu, empat orang berkuda yang muncul sekilas disana adalah Four Horsemen: War, Pestilence, Famine, dan Death? Sepertinya mereka juga dipersiapkan untuk peran yang lebih besar di film selanjutnya.

Disutradarai oleh Bryan Singer dan dibintangi oleh Hugh Jackman, James McAvoy, Michael Fassbender, Jennifer Lawrence, Halle Berry, Nicholas Hoult, Anna Paquin, Ellen Page. X-Men: Days of Future Past tayang pada 21 Mei 2014.


SHARE
Previous articleStranger of Sword City, Seperti Valkyrie Profile Dalam Tampilan Khas Dungeon RPG
Next articleMortal Kombat X Dikonfirmasikan, Saatnya Kembali Lancarkan Fatality!
Art Director di TouchOn Magazine (nama baru dari Zigma dan Omega) Memiliki interest yang besar dalam dunia design dan photography. Merupakan penggemar berat film serta salah satu penggebuk drum di redaksi yang kini menikmati hobi baru sebagai penulis.