Jadwal Konferensi Pers Selama E3 2014

Kurang beberapa hari lagi, atau tepatnya tanggal 10 hingga 12 Juni 2014 mendatang Electronic Entertainment Expo 2014 atau yang kita kenal dengan E3 2014 akan segera diselenggarakan. Menguak tradisi tahun-tahun sebelumnya, E3 2014 menjadi salah satu ajang yang prestisius, dimana di ajang inilah biasanya para perusahaan game mengkonfirmasikan kejutan-kejutan mereka. E3 tahun lalu menjadi salah satu E3 yang paling bersejarah karena bertepatan dengan tahun dimulainya era baru konsol, Microsoft dengan Xbox One-nya, dan Sony dengan PS4-nya. Bagaimana dengan tahun ini?

Mengusung jargon “The Future Revealed”, ajang yang kembali diadakan di Los Angeles Convention Center Amerika Serikat ini seolah-olah ingin menunjukkan bagaimana masa depan dari video game nantinya. Seperti tahun lalu, dua raksasa industri konsol, Sony dan Microsoft siap memberikan kejutan dengan konferensi di atas panggung. Berbeda dengan Nintendo, yang tahun ini lebih memilih untuk tidak tampil di atas panggung, dan hanya menyiarkan konferensi mereka secara online lewat program video yang mereka beri nama dengan Nintendo Digital Event. Selain tiga nama tersebut, terdapat dua nama publisher yang juga akan mengisi panggung konferensi, antara lain EA dan Ubisoft.

Kapan mereka akan melaksanakan konferensinya? Catat jadwalnya berikut ini di kalendermu ya!

Halo Launch Title Xbox One

Microsoft

Senin, 9 Juni 2014 pukul 09.30 waktu setempat (Senin, 9 Juni pukul 23.30 WIB)

Dalam blog-nya, Larry Hryb atau yang kita kenal sebagai Major Nelson, Director of Programming Xbox Live mengungkapkan bahwa Microsoft siap memberikan update mengenai judul-judul yang sebelumnya sudah dikonfirmasikan, plus membuka beberapa judul baru yang akan mereka rilis di masa yang akan datang. Konferensi bertajuk Xbox: Game On ini bisa kamu saksikan secara live streaming di Xbox.com, Xbox Live dan Windows Phone.

Halo-5-Guardians-1

Selain konferensi pers, Microsoft juga siap menghelat berbagai macam event offline bagi para fans yang angsung datang ke booth mereka. Banyak penggemar yang menantikan, apakah dalam E3 2014 ini Microsoft akan mengkonfirmasikan Halo 5 (akhirnya dikonfirmasikan dengan judul Halo 5: Guardians), yang pertama kali ditampilkan teaser-nya dalam perhelatan E3 2013 lalu. Sudah setahun berlalu pasca teaser pertama tersebut, dan Microsoft masih belum banyak memberikan update tentang gameplay dan kisahnya. Padahal pada saat itu, mereka mengkonfirmasikan bahwa Halo 5: Guardians ini akan menjadi debut franchise tersebut di Xbox One tahun 2014 ini juga, lantas mundur ke tahun 2015 saat konfirmasi judul pertengahan Mei 2014 lalu.

duniaku-inquisition-8

EA

Senin, 9 Juni 2014 pukul 12.00 waktu setempat (Selasa, 10 Juni pukul 02.00 WIB)

Beberapa game dikabarkan bakal menjadi menu utama EA dalam konferensi pers ini, salah satunya adalah EA Sports UFC yang bakal dirilis sekitar satu minggu setelah perhelatan E3 berakhir. EA sepertinya juga akan menggunakan kesempatan di panggun ini untuk memberikan detail baru beberapa game yang akan mereka rilis tahun ini, seperti Madden NFL 15, Dragon Age: Inquisition dan The Sims 3.

cover-battlefront
Akankah ada detail lebih banyak untuk Battlefront?

Selain itu, tentunya kita menunggu judul apa saja yang tengah disiapkan EA di tahun-tahun mendatang. Mass Effect baru, Star Wars: Battlefront yang dikonfirmasikan tahun lalu dan Battlefield: Hardline menjadi beberapa judul yang banyak diharapkan muncul dalam konferensi mereka tahun ini.

duniaku-acunity-04

Ubisoft

Senin, 9 Juni 2014 pukul 15.00 waktu setempat (Selasa, 10 Juni pukul 05.00 WIB)

Sama seperti EA, Ubisoft hanya mengkonfirmasikan jadwal konferensi mereka, dan tidak banyak memberikan hint mengenai apa yang akan mereka sajikan dalam konferensi tahun ini. Namun, banyak fans memprediksi bahwa beberapa game siap ditampilkan dalam konferensi ini, mulai dari Assassin’s Creed: Unity yang mungkin akan mendapatkan trailer gameplay perdananya, game balap The Crew hingga MMO mereka The Division yang akan mendapatkan demonya.

cover-farcry4

Selain beberapa judul tersebut, banyak spekulasi lain mengenai konferensi pers Ubisoft nantinya. Apakah mereka akan mengkonfirmasikan secara resmi Assassin’s Creed: Comet yang selama ini banyak dirumorkan bakal dirilis untuk Xbox 360 dan PS3? Akankah Far Cry 4 juga akan mendapatkan detail lebih banyak? Kita tunggu saja!

cover-destiny

Sony

Senin, 9 Juni 2014 pukul 18.00 waktu setempat (Selasa, 10 Juni pukul 08.00 WIB)

Sony sendiri cukup terbuka dalam mengkonfirmasikan jadwal ini, dengan mengatakan bahwa fokus mereka tahun ini adalah dengan memamerkan game-game yang akan dirilis tahun ini untuk PS4. Salah satunya adalah Destiny, yang akan mendapatkan porsi cukup besar dalam konferensi nantinya. Sony juga memberikan hint bahwasanya mereka siap mengkonfirmasikan beberapa hal “spektakuler” yang akan datang untuk PS4 tahun depan.

Project-Morpheus-2

Selain itu, Sony juga menjabarkan bahwa inovasi akan menjadi salah satu fokus utama mereka. Mungkinkah ada detail lebih banyak mengenai device Virtual Reality (VR) mereka, Project Morpheus? Game lain yang disebutkan Sony secara spesifik akan hadir dalam konferensi nanti adalah Uncharted 4. Game ini sendiri sempat dikonfirmasikan dengan sebuah teaser saat PS4 diluncurkan tahun lalu. Namun sayang, Sony belum membeberkan detailnya lebih banyak hingga saat ini. Mereka mengatakan, bahwa judul eksklusif untuk PS4 ini adalah salah satu hal paling menarik untuk diikuti selama E3 2014 mendatang.

Sepuluh Game Paling Ditunggu di Tahun 2014

Nintendo

Selasa, 10 Juni 2014 pukul 09.00 waktu setempat (Selasa, 10 Juni 2014 pukul 23.00 WIB)

Tidak seperti tahun lalu, dalam E3 2014 Nintendo memilih untuk tidak menggunakan panggung untuk melakukan konferens pers. Mereka hanya melakukan konferensi secara tertutup, dan menayangkan videonya secara online lewat sebuah program yang bertajuk Nintendo Digital Event. “Setiap tahun, Nintendo mencari cara terbaik untuk menunjukkan game dan membagikan berita-berita terbaru mereka kepada fans dan media,” tulis Nintendo dalam pernyataan resminya. “Tahun 2013, Nintendo memutuskan untuk melakukan konferensi pers tradisional dan menggunakan sebuah video Nintendo Direct untuk membagikan berita dari E3. Tahun ini, Nintendo membagikannya melalui Nintendo Digital Event, sebuah program video baru yang akan membuka dan memaparkan detail baru mengenai pengalaman bermain dan platform Nintendo di 2014 dan seterusnya,” tulis pernyataan tersebut lebih lanjut.

Sonic Boom

Sebagai tambahan, Nintendo juga akan menyiarkan sebuah program bertajuk Treehouse yang akan berisi semua aktivitas yang ada di booth mereka selama E3 2014, termasuk demo game yang mereka pamerkan di booth tersebut. Beberapa judul yang sudah dikonfirmasikan rilis tahun ini seperti Sonic Boom dan Super Smash Bros. kemungkinan besar akan mengisi konferensi Nintendo ini, ditambah dengan kemungkinan detail baru dari Bayonetta 2 atau bahkan judul Legend of Zelda baru.

[Sumber: IGN]


SHARE
Previous articleTren Video Game: Single Player dan Multiplayer Mulai Menyatu
Next article[Mr. Jas’ lecture] Game Publisher and Developer
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.