Asus Transformer Book V Adalah Smartphone / Tablet / Laptop Dengan OS Windows dan Android

Transformer-Book-V-1

Computex Taipei 2014 berlangsung mulai hari ini hingga tanggal 7 besok. Kita bisa berharap ada “mainan elektronik mahal” baru dikonfirmasikan di sana. Masih dari Asus, produsen asal Taiwan ini juga dikenal kreatif dalam desain produknya. Salah satu yang paling sering kami apresiasi ada lini perpaduan tablet dan notebook, Asus Transformer. Dan selama Computex, Asus menunjukkan kemampuannya membawa konsep hibrida tersebut ke level baru melalui melalui Transformer Book V, yang menjanjikan dua sistem operasi (Windows 8.1 dan Android), sekaligus mendapatkan tiga perangkat (tablet, laptop dan smartphone), serta lima mode pengoperasian dalam satu paket. Sedari awal, mari kita berharap kreasi baru Asus ini harganya tidak terlalu fantastis… hehe!

Melalui Transformer Book V, Asus seakan menyatukan konsep PadFone dan Transformer. Prinsipnya, ini sebuah PadFone yang mendapatkan docking keyboard ala Transformer. Namun menjadi makin menarik ketika ternyata bergantung pada bagaimana kita mau mengoperasikannya, ada dua perangkat yang berdiri sendiri di sana, tablet Windows 8.1 serta smartphone Android 4.4. Seperti PadFone, smartphone tersebut bisa bersembunyi di slot khusus di balik layar. Dan seperti Transformer, tablet tersebut bisa berdiri di atas docking keyboard, memberikan bentuk baru, sebuah laptop.

Transformer-Book-V-4

Kelima mode pengoperasiannya datang melalui kombinasi berbeda perangkat yang saling terhubung tersebut, serta dukungan sistem operasi yang saat itu aktif. Mode pertamanya, laptop Windows dengan docking keyboard terpasang. Kedua, sebuah tablet Windows yang berdiri sendiri. Mode ketiga adalah smartphone yang juga berdiri sendiri. Namun ketika kalian memasukkan smartphone tersebut ke dalam slot pada tabletnya, maka didapatkan mode keempat, sebuah tablet Android. Pasangkan kembali pada docking keyboard-nya, maka didapatkan laptoo Android sebagai mode kelima.

Konsepnya memang boleh, dan kami rasa baru pertama ini dikenalkan. Namung mungkin karena baru pertama juga, Asus tidak mau membuatnya lebih “mahal” menjejalinya dengan hardware yang tinggi. Setidaknya bagian tablet yang menjalankan Windows 8.1, mendapat sokongan prosesor generasi baru dari Intel, yang belum terungkap dari model apa dan berapa kecepatannya. Kemudian jatah RAM-nya 4 GB, dipadukan storage yang bervariasi (default-nya 128 GB) hingga 1 TB. Tablet itu sendiri juga memiliki kamera berkualitas HD di depan, dan baterai 28 WH 2-cell, atau sekitar 5600-mAh.

Transformer-Book-V-2

Sedangkan dari sisi smartphone juga sama masih misterius. Yang jelas mesinnya dari Intel, belum diketahui tipenya dan kecepatannya, serta diklaim menjadi smartphone 5-inchi pertama yang sudah mendukung koneksi 4G LTE, dan menggunakan Intel Atom (mungkin mereka lupa ada ZenFone 5 ya, walaupun ZenFone memang belum 4G). Berlanjut untuk memory, RAM-nya 2 GB, internal storage 64 GB, yang tidak bisa diperbesar dengan slot microSD, ada kamera utama 8-megapixel, dan kamera depan 2-megapixel. Yang menurut kami juga kurang, kedua layarnya, baik 5-inchi pada smartphone, serta 12.5-inchi pada tablet, hanya mendukung resolusi HD saja.

Sejauh ini belum ada kabar lain, kapan akan dirilis, dan yang terpenting, berapa harga yang dipatok Asus ketika hibrida ekstrem mereka ini akan dipasarkan nantinya.

Spesifikasi Asus Transformer Book V

Processor Intel® Atom™ Quad-Core Processor Next Gen Intel® Core™ Processor
Operating System Android 4.4 with the Zen UI Windows 8.1
Memory 2 GB 4 GB
Storage Up to 64G eMMC Up to 128G eMMC & 1TB
Display 5” IPS HD 12.5″ IPS HD
Graphics Intel® HD Graphics Intel® HD Graphics
Camera 2MP front Camera
8MP Rear Camera
HD Camera
Battery 2550mah 2cells, 28WH
Dimensions 148 x 73 x 11mm (WxDxH) N/A
NetWeight 140g N/A

Sumber: Asus (1), (2)


SHARE
Previous articleAsus MeMo Pad Naik Kelas, Menjadi Tablet 8-inchi Pertama Dengan Resolusi Full HD
Next articleJupiter Ascending Mundur Hingga Februari 2015
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.