Galaxy S5 Active Dibuat “Tidak Manja,” Menggunakan Kostum Berstandar Militer

Galaxy-S5-Active-2

Tahun lalu kita mengetahui Samsung mulai melakukan strategi marketing dengan membagi brand Galaxy S4 mereka menjadi beberapa tipe untuk memenuhi kebutuhan pasar yang berbeda. Ada sebagian orang yang mencari nama Galaxy S4 untuk mendukung hobi fotografi, maka disediakan Galaxy S4 Zoom. Merasa Galaxy S4 terlalu besar, maka muncullan Galaxy S4 mini. Dan karena pesaing utamanya dari Sony menggunakan senjata anti debu dan air sebagai syarat sebuah flagship mumpuni, Samsung pun menjawabnya dengan Galaxy S4 Active. Namun ketika Galaxy S5 secara default sudah anti debu dan air, apakah Samsung masih perlu menawarkan varian Active?

Terjawab ketika salah satu operator Amerika, AT&T, membuka kedok versi “yang lebih tangguh” dari Galaxy S5 yang sudah tangguh tersebut, setelah beberapa kali sekadar dirumorkan saja. Jika versi Active untuk Galaxy S4 ditawarkan juga untuk pasar internasional, maka penerusnya ini muncul eksklusif sebagai bagian bundling AT&T. Setidaknya, sampai sejauh ini baru operator itu saja yang menawarkannya. Dan jika Galaxy S4 Active masih bisa diunggulkan karena kemampuannya menahan deraan debu dan air, untuk Galaxy S5 Active ini keseluruhan fiturnya nyaris sama seperti Galaxy S5 yang kita kenal.

Galaxy-S5-Active-3

Perbedaannya terbaca jelas pada gambar smartphone tersebut, terlihat lebih kokoh dan lebih kuat, dan untuk tipe Active ini Samsung juga membuang sensor sidik jari, karena seperti Active sebelumnya, Samsung lebih suka membedakannya dengan varian standar dengan keberadaan tombol fisik, dan seperti S4 Active, ada satu tombol yang berfungsi sebagai jalan pintas mengakses fitur software yang mendukung aktivitas fisik penggunanya.

Dan nyaris sama di sini memang ada beberapa perbedaan. Seperti dimensi layarnya, yang sedikit lebih kecil dengan ukuran 5.1-inchi (Galaxy S5 5.2-inchi) resolusi full HD 1080p pada material AMOLED. Kemudian untuk prosesornya, di sini yang dipilih Qualcomm Snapdragon 801 dengan empat core prosesor 2.5 GHz, 2 GB RAM, 16 GB internal storage, yang bisa didukung micro SD hingga 128 GB, kamera 16-megapixel, dan tentu saja, ada sensor detak jantung yang memang fungsinya sejalan dengan konsep smartphone untuk pengguna aktif seperti Galaxy S5 Active ini.

Galaxy-S5-Active-4

Perbedaan lainnya dari kedua tipe Galaxy S5 tersebut, selain keduanya sama-sama mengantongi sertifikat IP67 untuk anti debu dan air, Galaxy S5 Active memang terlihat lebih kokoh dan kuat karena Samsung melapisi tubuhnya dengan MIL-STD 810G, versi baru dari bahan perlengkapan anti benturan yang menjadi standar militer, selain juga lebih toleransi terhadap perubahan suhu, kelembaban, tempat yang tinggi, dan juga guyuran air hujan. Di sisi software, Samsung juga menambahkan di dalamnya aplikasi Activity Zone, yang sebenarnya sekadar menjadi pusat dari semua aplikasi berbasis aktivitas dan kesehatan lainnya.

Semantara ini Galaxy S5 Active hanya tersedia melalui operator AT&T, dan mereka menjualnya secara kontrak dengan harga US $200, dan untuk harga bebas kontraknya ternyata lebih mahal dari Galaxy S5, yaitu US $715, atau sekitar Rp. 8,5 jutaan!

Samsung Galaxy S5 Active Features and Specs

Galaxy S5 Active Dibuat “Tidak Manja,” Menggunakan Kostum Berstandar Militer

Meskipun Galaxy S5 dibekali kemampuan anti debu dan air, Samsung masih saja merilis varian yang lebih kuat, Galaxy S5 Active. Jika masih ada rasa was-was Galaxy S5 jatuh dan cidera, versi Active bisa menjadi alternatif.

Abaikan

[cb type=”company”]Samsung Electronics[/cb]

Sumber: AT&T (1), (2)


SHARE
Previous articleOppo N1 mini Akan Dirilis di Indonesia, Siap Bersaing Dengan IMO Clarity, V-Gen S1 dan Himax Pure III
Next articleAndroid Kedatangan Rival Baru, Samsung Z Menyapa Dengan Bahasa Tizen
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.