Oppo N1 mini Akan Dirilis di Indonesia, Siap Bersaing Dengan IMO Clarity, V-Gen S1 dan Himax Pure III

Oppo-N1-mini-3

Oppo mengumumkan smartphone dengan kamera berputar yang menjadi pertama di dunia, yaitu Oppo N1, akhir September 2013 lalu. Banyak yang memuji konsep desainnya yang unik, namun tidak sedikit juga yang terkejut ketika mendapati bentuk fisiknya yang sangat besar. Bisa jadi dengan alasan ukuran yang tidak lumrah tersebut, atau sekadar ikut-ikutan tren versi mini (toh mereka sebelumnya juga mengajukan Oppo Find 5 mini, dan terbukti cukup laku), Oppo kini menawarkan versi mini dari Oppo N1.

Oppo-N1-mini-7

Overall versi miniatur dari Oppo N1 ini masih serupa dengan kakak besarnya. Namun layarnya mengecil, menjadi 5-inchi (dari 6-inchi) dengan resolusi yang juga menyusut, menjadi HD 720p (dari full HD 1080p). Dibandingkan smartphone mini lainnya, ukuran tersebut masih tidak layak masuk kategori mini. Namun ketika membandingkannya dengan Oppo N1, jelas Oppo N1 mini ini berbeda. Ciri khas kakaknya, sensor kamera berputar juga masih kalian dapatkan di sini. Yang diajukan pun juga sama, 13-megapixel dengan 6 lapisan filter (seperti Lumia 925 dan Lumia 1020), atau yang juga diterapkan Oppo pada Oppo R1. Spesifikasi lain kameranya, diafragmanya f/2.0 melalui sensor berukuran 1/3.2.

Berkat mekanisme kamera putar, siapa pun penggemar foto selfie mendapatkan jaminan hasil terbaik, karena yang digunakan adalah sensor utamanya. Selfie di ruangan gelap pun juga tidak masalah, mengingat modul kamera putarnya juga sekaligus mengalihkan pancaran LED flash-nya ke arah depan. Perbandingan lain yang kami dapati diantara N1 mini dengan kakaknya adalah lebih ringan, dengan berat 150-gram, dibandingkan Oppo N1 pada  213-gram. Lalu baterainya pun juga diperkecil menjadi 2140-mAh saja, dari 3610-mAh pada versi maxi-nya.

Oppo-N1-mini-2

Oppo memang belum mengumumkan detail lainnya dari Oppo N1 mini ini (rencananya peluncuran resminya nanti berlangsung 10 Juni di Tiongkok), namun website teasernya yang sudah mengudara menyebutkan jika Oppo N1 mini akan menjalankan Color OS 1.4, mendukung jaringan data 4G LTE, serta akan ditawarkan dengan beberapa pilihan warna casing, bukan hanya putih seperti Oppo N1 yang beredar di Indonesia. Lalu juga seperti Ni, kemungkinan besar pasarnya juga terbatas (tidak semua pengguna Android menyukai kamera berputar), namun melihat eksistensi N1 di Indonesia, sepertinya versi mini ini akan dirilis juga di pasar lokal. Berharap saja ada slot micro SD untuk versi mini ini.

Oppo-N1-mini-1

Bicara apakah akan dirilis di Indonesia, penulis yang memantau listing pengajuan sertifikat di Ditjen Postel mendapati Oppo N5111, yang menjadi kode dari Oppo N1 mini, ternyata sudah mendapatkan sertifikat penjualannya di Indonesia sejak akhir April 2014 lalu. Sepertinya ini menjadi indikasi jika versi mini N1 juga akan dijual resmi di Indonesia. Dan menariknya, memburu kode N1 mini tersebut, mengarahkan pada racikan hardware yang menggiurkan. Setidaknya kalian bisa berharap chipset MediaTek MT6592, keluarga prosesor kelas atasnya MediaTek tersebut memiliki delapan core prosesor ARM Cortex-A7 pada kecepatan 1.7 GHz, GPU ARM Mali-450MP4 dengan 4 core pada kecepatan maksimal 700 MHz, 16 GB internal storage (sayangnya data yang kami dapat tidak menyebutkan slot micro SD), dan sayangnya lagi, jatah RAM-nya juga belum diketahui.

Pilihan smartphone dengan chipset sekelas itu di pasar lokal sudah banyak bertaburan, dan ditawarkan di rentang harga Rp. 3 jutaan (tidak di atas Rp. 4 juta). Dan dengan Oppo N1 yang dibanderol seharga Rp. 7 jutaan, kami memperkirakan versi mini yang dibekali mesin berkekuatan cukup tinggi tersebut akan ditawarkan di rentang harga 5-6 jutaan. Bicara octa-core dari MediaTek, pendamping Oppo N1 mini nantinya antara lain Himax Pure IIIV-Gen S1, dan IMO Q8 Clarity. Paling menarik jelas Himax Pure III, karena juga mengadopsi lensa kamera berputar 13-megapixel seperti N1 mini, namun harganya hanya Rp. 2,4 jutaan saja!

Sumber: Oppo


SHARE
Previous article10% WavePoint Bonus, Welcoming OBT Fantasy Saga Online
Next articleGalaxy S5 Active Dibuat “Tidak Manja,” Menggunakan Kostum Berstandar Militer
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.