5 Hal yang Menghilang dari X-Men : Days of Future Past

X-Men: Days of Future Past

X-Men : Days of Future Past adalah film X-Men ke-7 (termasuk spin-off Wolverine) yang dirilis oleh Twentieth Century Fox. Seperti yang dikemukakan pada sub-judulnya, X-Men : Days of Future Past mengadaptasi dari komik Uncanny X-Man : Days of Future Past. Sayangnya ada beberapa hal yang menghilang atau tidak hadir di film X-Men : Days of Future Past terkait dengan ikon maupun produk tie-ins pendukung. Hal-hal yang menghilang dari X-Men : Days of Future Past antara lain :

Cover The Uncanny X-Men 141

x-men-days-of-future-past_uncanny-comic-cover

Cover The Uncanny X-Men 141 ( terbit pada bulan Januari 1981) karya John Byrne and Terry Austin merupakan salah satu cover X-Men yang ikonik. Cover ini menjadi ikonik karena adegan yang ditampilkan dianggap mewakili inti cerita Days of Future Past. Di cover ini, terlihat adegan di masa depan dimana Wolverine berusaha melindungi Kitty Pride (Shadowcat) yang tersorot lampu dan di belakangnya terdapat tembok bertempelkan poster dafter buronan yang menunjukkan status mutant yang diburu, yaitu SLAIN atau APPREHENDED.

Keunikan cover ini terbukti berkesan di trend pop kultur pada franchise lainnya. Beberapa franchise terinspirasi meniru pola cover ini pada berbagai media sebagai tribute (penghargaan) pada komik Days of Future Past. Tentunya sangat disayangkan pop kultur seperti ini tidak diteruskan pada versi filmnya. Walaupun mungkin secara logika adegan ini tidak ada pada versi filmnya, namun dengan tidak menjadikan cover ikonik ini sebagai poster tentu menjadi hal yang perlu disesalkan -walaupun semestinya orang yang kreatif bisa saja mengakalinya-.

Di sini ada beberapa versi cover The Uncanny X-Men 141 dari produk di luar judul Marvel. 

 days of future past star wars

cover Star Wars Insider

days of future past teen titans

Cover Tales of the Teen Titans

days of future past bioshock infinite

Promotional Art Bioshock Infinite

days of future past marvel vs capcom 3

Salah satu Arena di Ultimate Marvel vs Capcom 3

Sedangkan seseorang membuat fanart poster film X-Men : Days of Future Past berdasarkan cover The Uncanny X-Men 141. Sayangnya ide fanart ini tidak diwujudkan oleh film X-Men : Days of Future Past.

days of future past fanart

Cameo Stan Lee

Jika citizen merasa melewatkan adegan cameo di X-Men : Days of Future Past, maka sebenarnya perasaan citizen tidak meleset. Stan Lee yang terkenal dengan kebiasaannya menjadi cameo di film-film Marvel memang menjadi salah satu momen yang paling ditunggu. Apalagi mengingat tokoh X-Men merupakan kreasi dari Stan Lee juga. Dan Stan Lee memang pernah menjadi cameo di film X-Men sebelumnya yaitu X-Men dan X-Men : Last Stand.

Sayangnya kali ini Stan Lee tidak muncul di X-Men : Days of Future Past. Tidak ada keterangan lengkap mengenai alasan absennya Stan Lee di film namun Stan Lee mengaku tidak bisa mendatangi lokasi shooting X-Men : Days of Future Past yang berlokasi di Canada. Dalam suatu kesempatan Stan Lee mengemukakan alasan dengan maksud bercanda.

“In the new X-Men movie, I don’t have a cameo because it was shot, I think, somewhere in Europe and I wasn’t able to go there… It could also be they didn’t want me to do the cameo, because without my cameo the movie will make more money. Somebody watches the movie, and the movie ends, and the person says: ‘Wow, I didn’t see Stan’s cameo. I must have missed it.’ So what do they do? Right back to the box office, buy another ticket, and watch the movie again. I think it’s a big money making ploy on the part of the producers.”

Menurut Stan Lee, justru dengan tidak adanya cameo dari dirinya orang mengira bahwa mereka kelewatan momen tersebut… dan menonton filmnya kembali untuk memastikannya.. (ya gak gitu juga kali..)

Berikut ini adalah beberapa cameo Stan Lee di film X-Men sebelumnya.

x--menscreenshot.jpg

Cameo Stan Lee sebagai penjual hot dog di X-Men

days of future past stan lee

Cameo Stan Lee di X-Men : The Last Stand

Tie-In Game

Salah satu hal yang tidak ada untuk X-Men : Days of Future Past, yang bukan bagian dari filmnya, adalah salah satu produk  tie-in. Tidak seperti film Marvel yang lainnya, kali ini X-Men : Days of Future Past tidak memiliki video game tie-in nya. Ada isu yang menyebutkan bahwa Marvel sendiri memboikot produk tie-in dari X-Men : Days of Future Past karena Twentieth Century Fox enggan mengembalikan franchise film X-Men kepada Marvel. Mengingat produk tie-in diharapkan dapat mengatrol kepopuleran filmnya, tentu saja tanpa adanya dukungan Marvel di produk tie-in menjadi pukulan berat untuk film-film X-Men seterusnya.

Game yang paling mendekati franchise Days of Future Past adalah game Uncanny X-Men : Days of Future Past yang rilis untuk Apple iPhone 4 , iPad 2 dan iPod touch 5th Gen. Tapi tentunya game ini tidak terkait dengan filmnya melainkan lebih mengadaptasi komik Uncanny X-Men : Days of Future Past.

5 Hal yang Menghilang dari X-Men : Days of Future Past

X-Men : Days of Future Past merupakan film adaptasi dari komik Uncanny X-Man : Days of Future Past. Sayangnya ada beberapa hal yang menghilang atau tidak hadir di film X-Men : Days of Future Past terkait dengan ikon maupun produk tie-ins pendukung. Berikut adalah hal-hal yang menghilang dari X-Men : Days of Future Past.

Abaikan

Tie-In Toys

Salah satu produk tie-ins yang yang tidak ada untuk X-Men : Days of Future Past adalah produk toys (mainan). Kembali lagi ini terkait isu yang menyebutkan bahwa Marvel sendiri memboikot produk tie-in dari X-Men : Days of Future Past karena Twentieth Century Fox enggan mengembalikan franchise film X-Men kepada Marvel.

Minimates-X-Men-Days-of-Future-Past

Walaupun begitu terdapat toys yang akan rilis terkait  X-Men : Days of Future Past yaitu Marvel Minimates Wave 58 yang terdiri dari paket pasangan Future Professor X dengan Past Magneto, Future Past Magneto dengan Mystique, Future Wolverine dengan Future Storm, dan Past Logan dengan Past Charles Xavier yang baru akan rilis di musim gugur 2014. Tentunya perilisan yang jauh dari penayangan film X-Men : Days of Future Past menjadi tidak lazim dan mungkin saja merupakan salah satu pemboikotan Marvel terhadap produk tie-ins film X-Men.

The Fastball Special

The Fastball Special adalah jurus manuver khas di mana Colossus melemparkan Wolverine pada lawan, dengan cakarnya menghujam ke arah lawan. Ini adalah jurus yang lazim dilakukan oleh Wolverine dan Colossus (atau dalam kasus tertentu, dengan siapa pun yang bisa melempar Wolverine ke arah lawan seperti She-Hulk, bahkan Spider-Man sekalipun). Jurus kombinasi ini pertama kali muncul di Uncanny X-Men #100

days of future past fastball special01

days of future past fastball special00

days of future past fastball special02

Fastball Special juga bisa dilakukan oleh orang lain, seperti diperagakan oleh X-23 dan Rockslide ini

Jurus ini sebenarnya muncul di versi film, tepatnya di X-Men : The Last Stand dalam 2 adegan yaitu : ketika simulasi Danger Room melawan Sentinel, dan ketika perang melawan Brotherhood-nya Magneto.

Tentu sangat disayangkan bahwa jurus ini tidak kembali muncul di  X-Men : Days of Future Past, padahal baik Colossus maupun Wolverine hadir di film ini. Apakah sebegitu mustahilnya menyisipkanThe Fastball Special di  X-Men : Days of Future Past?


SHARE
Previous articleAcer Iconia Tab 8 Ikut Masuk ke Dalam Barisan Android Intel
Next articleParamount Pictures Hadirkan Trailer Kedua Hercules
Toto yang merupakan pemerhati dunia komik dan game ini pernah menjalani karier sebagai editor buku anak selama 3 tahun. Bekerja dalam dunia anak membuat jiwa mudanya selalu ada dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini, orang yang melanjutkan karier nya sebagai perancang pameran ini suka bereksplorasi seni melalui tulisan dan gambar (desain), yang kebanyakan terinspirasi dari berbagai komik dan game kesukaannya.