“Bella dan Kelima Balon” Aplikasi Dongeng Interaktif untuk Hidupkan Komunikasi Orang Tua dan Anak

image-1024x576

Keterbatasan waktu para orang tua di ibukota menjadi penyebab utama minimnya waktu bercengkerama dengan anak-anak mereka. Padatnya urusan kantor, bisnis dan bahkan kemacetan di jalan raya telah mengurangi kesempatan mereka untuk meluangkan waktu yang berkualitas untuk berkomunikasi dengan anak. Kondisi inilah yang mendorong Rabbit Hole menerbitkan aplikasi dongeng interaktif, “Bella dan Kelima Balon”, berbasis ponsel cerdas dan komputer tablet.

Rabbit Hole sendiri merupakan bisnis yang dikembangkan oleh lulusan psikologi Universitas Indonesia. Sederhana saja bisnis ini bergerak di bidang penerbitan buku, tapi tentu bukan sembarang buku saja. Buku-buku yang dihasilkan oleh Rabbit Hole adalah buku-buku dongeng anak-anak yang mempunyai ilustrasi yang menarik dan juga cerita yang ada pada aplikasi ini bisa disesuaikan dengan hobi ataupun kesukaan sang anak. Sang anak pun bisa menjadi tokoh utama dari buku yang ia pilih ceritanya, misalnya nama sang anak Devi, maka karakter nama Bella dapat diganti dengan nama Devi.

image_3-1024x576

sehingga cerita yang akan dihasilkan seperti ini :

Untitled-1

Bella dan Kelima Balon bercerita tentang petualangan seorang anak perempuan untuk menemukan kembali balon-balonnya yang hilang. Dalam perjalanannya, Bella menghadapi berbagai situasi yang membuatnya harus menentukan pilihan untuk melanjutkan petualangannya.

Aplikasi ini sengaja dibuat dalam versi “mobile” agar mudah diakses oleh para orang tua, terutama di perkotaan yang saat ini dinilainya sudah melek gadget dan teknologi. Jadi aplikasi ini dapat menjadi alat untuk membantu orang tua untuk menghabiskan waktu berkualitas dengan anak.

image-500x332

Devi Raissa, psikolog anak dan juga pendiri dari Rabbit Hole mengatakan aplikasi dongeng berjudul “Bella dan Kelima Balon” itu telah dibuat sesuai dengan kebutuhan perkembangan psikologis anak-anak, terutama pada aspek emosi dan sosial. “Melalui aplikasi dongeng ini anak-anak diharapkan dapat melatih emosi dan menumbuhkan rasa empati. Anak juga bisa belajar mengenai pengambilan keputusan dan mengembangkan imajinasi mereka.”, ujar Devi.

Devi menambahkan bahwa keunikan aplikasi terutama terletak pada interaktifitasnya, dimana anak-anak atau penggunanya seolah-olah bertindak sebagai sutradara yang dapat menentukan sendiri jalan ceritanya. Sehingga sang anak dapat merasa menjadi tokoh utama dalam cerita dongeng tersebut. Ditambah lagi, ilustrasi dongeng ditampilkan melalui gambar yang lucu dan menggemaskan.

image_6-1024x576

Penerbitan aplikasi Bella dan Kelima Balon ini merupakan hasil kerjasama sejumlah psikolog muda Universitas Indonesia yang tergabung dalam Rabbit Hole, dengan Sabda Drupadi sebagai pengembang aplikasi. Rabbit Hole sendiri selama satu tahun terakhir aktif menerbitkan buku-buku dongeng customized yang diterbitkan secara terbatas.

Aplikasi dongeng “Bella dan Kelima Balon” tampil dalam dua pilihan bahasa, yakni bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Untuk tahap awal aplikasi “Bella dan Kelima Balon” baru dapat dinikmati oleh para pengguna gadget berbasis iOS seperti iPod, iPad dan iPhone. Mulai Januari 2014 aplikasi tersebut sudah bisa diunduh melalui Appstore dan iTunes baik secara gratis, maupun berbayar.

“Ke depan Rabbit Hole akan membuat aplikasi bookstand Rabbit Hole yang di dalamnya berisi kumpulan cerita dongeng interaktif yang tidak hanya bertujuan menghibur, tapi juga sarat pesan edukatif bagi anak-anak.”, ujar Devi.

Kamu bisa download lite version disini dan full version-nya disini ya


SHARE
Previous articlePesta Bola Dunia Di Game Football Saga 2 Bersama Agate Studio
Next articleDua Asus Transformer Pad Baru Dapatkan Prosesor Quad-Core 64-bit Dari Intel
Dunia game adalah dunianya, terutama dengan game PC Action War merupakan favoritnya. Perangkat gadget, bermain mobile games adalah hobi sampingan, dia juga suka merakit computer biar bisa ngerasain performance yang maksimal waktu main game.