HP Konfirmasikan Slatebook 14, Saatnya Android Tampil Berwujud Notebook

Chromebook-11-3

Selain Acer, Toshiba dan Samsung, HP juga menjadi salah satu produsen PC consumer yang mendukung Google melalui program laptop ber-OS Google Chrome OS, yaitu Chromebook, yang meskipun banyak diasosiasikan dengan Android, namun lebih banyak menggunakan aplikasi berbasis web yang minimalis dan hanya terfokus pada penggunaan web browser Google Chrome. Awalnya HP menyediakan Chromebook 14 dengan layar 14-inchi pada September 2013 lalu, kemudian menyusul Oktober 2013 mereka mengkonfirmasikan Chromebook 11.

Masuknya HP ikut mendukung Chromebook masih dekat dengan produk consumer mereka sebelumnya. Namun yang satu ini cukup mengejutkan, awal Juni kemarin HP mengkonfirmasikan laptop baru (bukan perangkat 2-in-1 seperti Transformer-nya Asus, atau HP sendiri pernah menyediakannya melalui SlateBook x2 tahun lalu), yang OS-nya di luar dugaan adalah Android-nya Google. HP Slatebook 14 tersebut diumumkan bersamaan dengan peluncuran warna baru untuk Chromebook 11.

HP-Slatebook-14-5

Karena Play Store-nya Google masih belum menawarkan penjualan langsung gadget mereka ke pasar lokal, serta karena pengguna laptop Indonesia masih nyaman dengan Windows, atau sudah mulai menilik Android, kita lompati saja Chromebook 11 yang baru saja mendapatkan warna baru, Ocean Turqoise dan Snow White. Slatebook 14 yang menarik perhatian, karena HP mengganti OS yang memang didesain sangat portable, yaitu Chrome OS dengan Android. Kemudian di sisi hardware, kebutuhan OS yang lebih besar juga memaksa HP menyesuaikan spesifikasinya.

Setidaknya kalian mendapatkan layar sentuh 14-inchi multitouch 10 titik, dengan resolusi full HD 1920×1080-pixel, serta chipset eksklusif (karena tidak banyak produk non-nVidia yang menggunakannya) Tegra 4. Model keyboard-nya sendiri juga mirip seperti keyboard pada laptop Windows dari HP lainnya, meskipu di sini ada beberapa tombol yang ditujukan untuk pengoperasian Android.

Sisa spesifikasinya seperti RAM dan internal storage-nya disebutkan memasang modul 2 GB dan 16 GB (ada juga pilihan 32, atau 64GB, plus slot micro SD). Kemudian disebutkan juga adanya konektivitas seperti WiFi, Bluetooth, 2x USB 2 dan 1x USB 3, audio jack dan HDMI. HP Slatebook 14 dengan OS Android 4.3 ini juga akan memiliki slot SIM untuk melakukan koneksi internet dimana saja, dukungan miracast untuk sharing konten ke layar yang lebih lebar, dan baterai dengan klaim ketahanan hingga 9 jam. HP berusaha membuatnya sebagai laptop yang terjangkau, seperti menggunakan material polycarbonate, dan pemilihan motif warna yang berbeda dari pakem HP sebelumnya.

HP-Slatebook-14-6

HP Chromebook 11 dengan warna-warna baru tersebut dijual HP dengan harga US $249, atau lebih rendah dari harga sebelumnya ketika pertama kali dirilis, serta juga ada opsi menambah opsi koneksi 3G. Kemudian HP Slatebook 14, mulai dijual pada 20 Juli mendatang dengan harga US $399 untuk pilihan internal storage 16 GB yang sayangnya ini adalah varian dengan koneksi WiFi saja (yang memiliki akses 3G ditawarkan mulai dengan internal 32 GB dan harga yang lebih mahal), dengan pilihan warna dasar dengan aksen warna kuning.

[cb type=”company”]hp-enterprise-services[/cb]

Sumber: HP


SHARE
Previous articlePenampakan Robot-robot baru di Trailer Transformers: Age of Extinction Versi Rusia
Next articleWarna-warni Baru Android Acer Melalui Liquid Z200, E600, E700 dan Liquid X1
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.