Murdered Soul Suspect, Ketika Kematian Bukan Akhir Dari Segalanya

Murdered-Soul-Suspect-5

Developer: Airtight Games
Publisher: Square Enix
Engine: Unreal Engine 3
Platform: PC Windows, PS3, PS4, X360, X1
Release Date: 3 Juni 2014

Bayangkan dirimu ternyata harus meninggal karena terbunuh dengan cara yang mengenaskan, namun kamu tidak tahu siapa pembunuhmu. Apakah kamu mau mencari pembunuhnya bila diberi kesempatan?

Dia tidak tewas karena rokok, namun sepertinya Ronan lebih nyaman melakukan penyelidikan dengan sambil merokok...
Dia tidak tewas sambil menghisap rokok, namun sepertinya Ronan lebih nyaman melakukan penyelidikan dengan sambil merokok…

Hal ini lah yang diangkat dalam game terbaru dari developer Quantum Conundrum yang berjudul Murdered: Soul Suspect. Kamu akan bermain sebagai Ronan O’ Connor, seorang detektif yang tinggal di kota Salem, Massachusetts (selanjutnya disebut dengan Salem Mass). Awalnya ia bukanlah laki-laki yang sembrono, namun semua berubah ketika istri yang sangat ia sayangi meninggal dunia. Akibat dari sikap Ronan yang terlalu berani ini, ia akhirnya menemui ajalnya di tangan seorang kriminal misterius yang menyembunyikan mukanya dengan tudung saat ia sedang berurusan dengan kasus perampokan di kota tersebut.

Waktu untuk tubuh fisik Ronan memang usai, namun rohnya harus terus "hidup" untuk memburu Bell Killer yang juga menembaknnya. Bangkit sebagai hantu, Ronan bertemu dengan arwah istrinya... namun mereka tidak bisa bersatu dulu, sebelum tugasnya sebagai detektif arwah dibereskan.
Waktu untuk tubuh fisik Ronan memang usai, namun rohnya harus terus “hidup” untuk memburu Bell Killer yang juga menembaknnya. Bangkit sebagai hantu, Ronan bertemu dengan arwah istrinya… namun mereka tidak bisa bersatu dulu, sebelum tugasnya sebagai detektif arwah dibereskan.

Kisah Ronan ternyata tidak berhenti ketika jiwanya keluar dari jasadnya, ia berusaha secepat mungkin untuk kembali ke dalam badannya, namun ternyata kriminal tersebut langsung menghabisinya dengan tiga tembakan di dada yang membuatnya tidak dapat kembali lagi ke dalam raganya. Apakah Ronan pergi ke surga dan menemui istrinya? Tidak. Ronan yang tidak mengetahui mengapa ia dibunuh dan oleh siapa ini ternyata terperangkap di dunia yang berada di antara dunia kehidupan dan dunia kematian, Dusk. Dusk adalah dunia di mana para roh yang sudah meninggalkan jasadnya namun belum bisa pergi ke surga karena berbagai macam hal. Istilah umumnya adalah, Dusk sama dengan dunia para hantu penasaran.Saat berada di Dusk, ia sempat melihat istrinya yang sudah pergi ke surga namun ternyata ia tidak bisa menyusulnya. Saat itulah ia menyimpulkan bahwa untuk menyusul istrinya di surga, Ronan harus menemukan siapa pembunuh dirinya dan benar-benar melepaskan dirinya dari dunia kehidupan.

Namun Ronan kini bukan lagi manusia, ia memiliki berbagai macam keterbatasan sekaligus kelebihannya sendiri. Contohnya, ia tidak akan bisa menyentuh bendabenda fisik atau berbicara dengan orangorang yang masih hidup. Namun, ia mempunyai kemampuan untuk bergerak tanpa terlihat, ia sudah tidak harus takut pada kematian, dan ia mampu menembus dinding (hampir semua dinding, lebih tepatnya, karena beberapa bangunan di Salem Mass telah diberi pelindung untuk menangkal hantu). Meskipun di dalam demo dari game ini terdapat sesuatu yang janggal, di mana Ronan harus menaiki tangga meski ia tidak bisa menyentuhnya secara fisik.

Suasana Massachusets pada jaman dahulu yang terkesan kelam, dan makin membangun sisi horor tersendiri dari game ini, developer memilih tone warna yang gelap.
Suasana Massachusets pada jaman dahulu yang terkesan kelam, dan makin membangun sisi horor tersendiri dari game ini, developer memilih tone warna yang gelap.

Airtight Games selaku developer dari game ini berusaha untuk membawa suasana Massachusets pada jaman dahulu yang terkesan kelam. Mereka juga membangun sisi horor tersendiri dari game ini dengan mengambil tone warna yang gelap dan kasus-kasus yang cukup sadis dengan hantu-hantu lain yang memiliki berbagai macam latar belakang.

Bagi kamu yang pernah memainkan L.A. Noire mungkin akan langsung merasa familier dengan nuansa dan atmosfer yang dibawa game ini. Murdered: Soul Suspect akan memberikan sensasi yang berbeda dalam dunia game detektif, di mana kamu akan bergerak sebagai hantu, bukan manusia, dan kamu harus menyelidiki kasus pembunuhanmu sendiri. Siap untuk menguak misteri pembunuhmu?

Game ini tidak banyak menyuguhkan momen pertarungan, kamu tidak akan terlalu sering bertemu dengan setan jahat yang bernama Lost Soul yang berkeliaran dalam Dusk, dan begitu kamu bertemu dengan mereka, kamu hanya perlu bersembunyi sampai para makhluk tersebut lengah dan begitu mereka lengah, kamu bisa memasuki mereka dan menghancurkan mereka dari dalam. Tanpa senjata atau adu fisik. Namun hal ini tidak terlalu berpengaruh pada perkembangan game ini sendiri.

“Spooktitle” - Bentuk subtitle unik dengan gaya tulisan tangan untuk menambah kesan seram di dalam game ini dieksekusi dengan baik oleh Airtight Games. Subtitle ini menggambarkan apa yang ada di pikiran Ronan saat ia sedang kamu mainkan.
“Spooktitle” – Bentuk subtitle unik dengan gaya tulisan tangan untuk menambah kesan seram di dalam game ini dieksekusi dengan baik oleh Airtight Games. Subtitle ini menggambarkan apa yang ada di pikiran Ronan saat ia sedang kamu mainkan.

Sebagai Ronan yang notabene adalah seorang hantu, kamu tentu tidak akan bisa menyentuh barang-barang fisik secara langsung. Padahal kamu harus menemukan petunjuk dengan menyentuh barang-barang tersebut. Sisi menarik dari game ini dimulai dari sini. Kamu harus merasuki para manusia hidup di Salem Mass, di mana dikatakan bahwa kamu bisa merasuki hampir semua dari NPC yang ada dan menemukan petunjuk dengan badan mereka. Kamu bisa menyentuh benda-benda fisik ketika kamu merasuki para NPC ini. Dan tidak hanya itu, kamu juga bisa menyuruh mereka untuk melakukan hal-hal yang kamu inginkan dengan memanipulasi pikiran mereka.

Bahkan merasuki seekor kucing...
Bahkan merasuki seekor kucing…

Hal ini juga diaplikasikan saat kamu melakukan side-quest untuk membantu para hantu di dalam Dusk yang masih memiliki hal yang belum terselsaikan di dunia manusia. Dalam side quest, kamu tidak hanya akan membantu para hantu yang berkeliaran, namun juga kamu dapat mendalami ingatan dari orangorang yang kamu rasuki. Contohya, (Spoiler Alert!) nanti di dalam game ini kamu akan menemui pasangan orang tua yang terlihat sangat normal dan tidak bersalah, mereka terlihat sebagai NPC biasa yang memang diletakkan di game ini tanpa ada tujuan apapun selain untuk tujuan visual. Namun ternyata, ketika kamu mengambil side-quest dari sebuah hantu tertentu, kasus ini menuju kembali kepada pasangan orang tua ini. Dan ternyata, mereka tidak seperti apa yang kamu bayangkan sebelumnya karena ternyata mereka adalah bagian dari kelompok yang merencanakan pembunuhan dari hantu yang memberimu side-quest tersebut.

Sebagai hantu, Ronan bisa merasuki tubuh manusia dan mempengaruhi mereka, tidak hanya manusia namun juga binatang, dia juga bisa melakukan teleport, hingga menggerakkan obyek untuk menakut-nakuti makhluk hidup.
Sebagai hantu, Ronan bisa merasuki tubuh manusia dan mempengaruhi mereka, tidak hanya manusia namun juga binatang, dia juga bisa melakukan teleport, hingga menggerakkan obyek untuk menakut-nakuti makhluk hidup.

Game ini mampu membawa NPC-NPC yang terlihat tidak penting menjadi lebih penting dengan adanya side-quest dari para hantu penasaran yang berkeliaran di Salem Mass, karena bisa jadi side quest mereka berkaitan dengan para NPC yang kamu anggap lalu. Game ini juga ingin menunjukkan bahwa, semua manusia tidak selalu terlihat seperti permukaannya. Meski terlihat sebagai orang biasa yang normalnormal saja, namun semua pasti, memiliki rahasianya masing-masing.

Petunjuk bertebaran di sepanjang perjalanan Ronan.
Petunjuk bertebaran di sepanjang perjalanan Ronan.

Game ini juga memiliki sisi yang cukup bagus dalam bagian pengembangan karakter, terutama dengan adanya fitur di mana kamu bisa merasuki orang lain dan melihat sisi asli mereka. Lalu dimana sisi Action dari game ini? Yah, nemang sepertinya Airtight Games lebih mengutamakan sisi Adventure-nya saja daripada sisi Action. Terutama dengan tidak adanya musuh yang pasti di dalam game ini sebelum Ronan menemukan pembunuh dirinya yang sebenarnya. Tetapi bagi kamu penggemar Action, jangan khawatir karena kamu akan mendapatkan porsinya sendiri dengan menghajar para setan jahat yang berkeliaran di dalam Dusk. Namun, yah, jangan berharap kamu akan menemukan ini dalam 80% masa permainanmu.

Hadirnya hantu jahat macam Lost Soul ini justru menambah elemen stealth dalam game ini.
Hadirnya hantu jahat macam Lost Soul ini justru menambah elemen stealth dalam game ini.

Kurangnya sisi Action karena dirimu adalah seorang hantu sebenarnya membawa sebuah berkah, karena dalam game ini, kamu tidak bisa mati, karena kamu sudah mati. Tidak ada kata game over, namun kamu akan dinilai dari progress yang sudah kamu lakukan selama memainkan game ini. Skor ini dinilai dari bagaimana kamu melakukan pendekatanpendekatan terhadap bukti-bukti yang sudah disediadakan diseluruh penjuru Salem Mass. Kamu juga mendapatkan nilai daripada kamu mengambil keputusan dari deduksi yang tersedia, ketika kamu mengambil keputusan yang salah, maka kamu akan kehilangan sejumlah poin.

Murdered: Soul Suspect — 101 Trailer

Murdered Soul Suspect, Ketika Kematian Bukan Akhir Dari Segalanya

Bayangkan dirimu ternyata harus meninggal karena terbunuh dengan cara yang mengenaskan, namun kamu tidak tahu siapa pembunuhmu. Apakah kamu mau mencari pembunuhnya bila diberi kesempatan?

Abaikan

Murdered Soul Suspect — Launch Trailer

Murdered Soul Suspect, Ketika Kematian Bukan Akhir Dari Segalanya

Bayangkan dirimu ternyata harus meninggal karena terbunuh dengan cara yang mengenaskan, namun kamu tidak tahu siapa pembunuhmu. Apakah kamu mau mencari pembunuhnya bila diberi kesempatan?

Abaikan


SHARE
Previous articleReview Maleficent: Dongeng Peri (Jahat) dari Moors
Next articlePewDiePie is Satisfied and Scared After Reviewing DreadOut
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.