Telat Setahun, Akhirnya Hohokum Dirilis 12 Agustus Khusus Untuk PlayStation

Hohokum sebelumnya dikonfirmasikan akan menjadi game yang menemani peluncuran PlayStation 4. Namun developernya gagal mencapai target, dan baru akan hadir nyaris setahun kemudian.

Hohokum-1

Hohokum sebelumnya dikonfirmasikan akan menjadi game yang menemani peluncuran PlayStation 4. Namun ternyata developernya, Honeyslug gaga mencapai target, sehingga game ini pun harus ditunda. Sampai kemarin mereka mengumumkan kapan game ini akan dirilis untuk PS4, PS3 dan PS Vita sekaligus.

Game yang dikembangkan oleh developer indie asal Inggris, Honeyslug ini bakal dirilis 12 Agustus 2014 mendatang melalui PSN, atau nyaris setahun sejak rencana rilis awalnya bersamaan dengan diluncurkannya PS4. Ketika pertama kali dikonfirmasikan, Hohokum cukup menarik dilihat karena grafisnya yang penuh warna, animasi yang lembut, musik yang menenangkan, dan penggambaran karakternya yang cukup artistik! Selain Honeyslug, game ini juga didukung ilustrator Richard Hogg, dan dianimasikan oleh Kwok Fung Lam.

Hohokum-2

Game ini sebenarnya susah dilukiskan genrenya, dan develoernya sendiri menyebutnya sebagai game dimana kamu tidak perlu diperintah dan tidak perlu kuatir akan gagal. Didesain sebagai sebuah arena untuk sekadar berkeliling, dan digambarkan sebagai sesuatu yang abstrak.

Lead developernya, Richard Hogg mengatakan bahwa game ini sekadar menuntunmu santai di alam terbuka dan menikmati pengalaman bermain serta musiknya. Kamu mengendalikan makhluk mirip ular yang disebut ”Long Mover”. Dan ada beberapa tujuan memainkan game ini, namun non-linear. Tidak ada score, batasan waktu, atau tutorial untuk memainkannya. Ada dua tombol untuk mengendalikan ular tersebut, melambatkan atau mempercepat, dan tombol trigger bisa membuatnya bergoyang dan sementara mem-boost gerakannya. Si Long Mover ini akan berubah warna bergantung pada arah yang dituju, dan warna light bar pada DualShock 4 akan berubah mencocokkan warna ular tersebut.

Hohokum-4

Game yang juga mendukung Trophy ini memang membawa kita untuk menikmati musiknya. Ada sekitar 30 hingga 40 track musik yang mengajak kita untuk rileks, termasuk track dari artis yang tergabung dalam label indie Ghostly International. Selama E3 2014 nanti, Hohokum bakal kembali didemokan. Dan kemarin Richard Hogg memberikan update video behind-the-scene bagaimana game ini bisa dikembangkan.

Hohokum-3

Menurut Hogg, dari awal dia ingin membuat game yang santai dan memberi kebebasan penuh bagi kita untuk memainkannya. Sehingga terlihat saat ini, memainkan Hohokum saja gamer akan mendapatkan kesan santai dan menyenangkan tersebut dengan sekadar menerbangkan Long Mover. Selama E3 nanti, mereka akan mendemokan satu level baru, yang disebut Jungle Plateau. Kita tunggu saja, sesantai apa jadinya gameplay game yang perilisannya harus molor sampai setahun ini.

The Game Design of Hohokum

[youtube id=”dyaHyBvruyU”]

Sumber: PlayStation

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.