PlayStation Vita Pets Harusnya Berjudul “Sondogs,” Karena Pilihan Binatangnya Hanya Satu

PlayStation-Vita-Pets-2

Beberapa tahun silam, dunia dibuat bahagia dengan kehadiran Nintendogs dari Nintendo yang sangat populer. Dan Sony merasa kepopuleran game tersebut bisa membantu mendongkrak penjualan sebuah handheld game. Karena itulah pertengahan Agustus 2013 lalu mereka mengkonfirmasikan sebuah game simulasi memelihara binatang lainnya, yang akan menjadi franchise internal Sony, dan berjudul PlayStation Vita Pets.

PlayStation-Vita-Pets-3

PlayStation Vita Pets dikembangkan oleh Spiral House untuk PS Vita, sebuah developer indie asal Liverpool, dan dibantu oleh tim developer dari Sony, yaitu SCE XDev, studio di bawah naungan Sony World Wide Studios yang memang khusus mewadahi developer indie untuk menyalurkan gamenya untuk dipasarkan oleh Sony. Datang dari studio independen, sudah banyak yang berharap game yang jelas akan dihubungkan dengan isah sukses Nintendogs ini tampil berbeda. Dan memang benar, di awal konfirmasinya, Sony langsung sesumbar jika PlayStation Vita Pets bukanlah game pet raising biasa, di mana kamu akan merasakan sesuatu yang sangat nyata dari interaksi karakter dengan hewan peliharannya.

PlayStation-Vita-Pets-4

Sayangnya, meskipun jelas judulnya adalah “pets,” yang bisa berarti sangat luas, ternyata yang bisa kamu pelihara dalam game ini hanya anjing saja — kenapa judulnya tidak “Sondogs” saja ya… hehehe! Game ini meyediakan empat anjing yang bisa dipilih untuk dirawat, sampai didandani dengan kostum khusus, kemudian mengajaknya bertualang di beragam lokasi — gua, dungeon, dan istana untuk mempelajari rahasia legenda mengenai seorang raja dan…. anjingnya! Selain itu juga disediakan mode augmented reality memanfaatkan kamera PS Vita, sehingga kita bisa seakan mengeluarkan anjing yang kita pelihara di kehidupan nyata dan muncul di ruangan dimana kita berada (tentu saja itu hanya akan terlihat pada layar PS Vita kita).

PlayStation-Vita-Pets-5

Membedakan dengan game simulasi dari Nintendo, di sini anjing milikmu tidak hanya bisa melakukan kegiatan-kegiatan lucu khas anjing seperti bermain bola bersamamu, namun kamu juga bisa mendengarnya berbicara, seperti manusia — dengan klaim jumlah dialog yang bisa dijumpai mencapai 10,000 baris. Keempat anjing yang disediakan memiliki sifatnya mereka sendiri-sendiri, yang tentu saja harus kamu pahami untuk terus membuatnya bahagia dan loyal kepadamu sebagai seorang pemilik.

PlayStation-Vita-Pets-6

Mereka juga mengenali siapa majikannya. Begitu kamu memilih anjing tersebut, mereka akan mengamati wajahmu, dan dia akan memastikan bahwa kamulah yang mengajaknya bermain nantinya. Jika tidak, jangan harap mereka akan berlaku manis kepada siapa saja yang mengganggu tidur siangnya! Jangan lupa untuk memastikan anjingmu tampil cantik di depan semua orang dengan memandikannya secara rutin, memberinya makan, serta memakaikannya kostum menarik yang tersedia di dalam game (itu bakal memberimu buddy point). Anjing tersebut juga harus kamu ajak jalan-jalan agar ia terus merasa senang, sekaligus bisa juga menemukan item selama perjalanan, yang kemudian bisa digunakan untuk membeli mainan dan game untuk mereka.

PlayStation-Vita-Pets-8

Bicara kostumnya, developer sudah menyiapkan ratusan kostum untuk para anjing tersebut, mulai kostum mereka secara penuh, topi, jaket, hingga kalung pengenal untuk mereka. Kostum baru bisa didapatkan seiring permainan, dan jika kamu tidak menyukainya, bisa juga kostum tersebut diberikan sebagai hadiah kepada teman PSN-mu. 

PlayStation Vita Pets sudah dirilis sejak 3 Juni lalu di PSN Amerika, dan game ini tersedia secara retail di wilayah Eropa. Berikut launch trailer-nya.

Playstation Vita Pets Launch Trailer

PlayStation Vita Pets Harusnya Berjudul “Sondogs,” Karena Pilihan Binatangnya Hanya Satu

Nintendo merasa game simulasi memelihara anjing Nintendogs cukup membantu membuat handheld mereka laku keras. Sony berpikiran sama, karena itulah mereka merilis game sejenis berjudul PlayStation Vita Pets.

Abaikan

Sony juga menyediakan sebuah companion app berjudul PS Vita Pets: Puppy Parlor untuk Android dan iOS, yang sudah dirilis sejak pertengahan April 2014 lalu, dan dengan memainkannya kamu bisa mendapatkan lebih banyak kostum eksklusif untuk game ini.

PS-Vita-Pets-Puppy-Parlour-

PlayStation Vita Pets Harusnya Berjudul “Sondogs,” Karena Pilihan Binatangnya Hanya Satu

Nintendo merasa game simulasi memelihara anjing Nintendogs cukup membantu membuat handheld mereka laku keras. Sony berpikiran sama, karena itulah mereka merilis game sejenis berjudul PlayStation Vita Pets.

Abaikan


SHARE
Previous articleHarvest Moon: The Lost Valley Wujudkan Bayangan Menjadi Petani di Belanda atau Venesia
Next articleApa Saja Game yang Akan Muncul dalam E3 2014?
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.