Roket Borderlands The Pre-Sequel Meluncur Oktober, Menyusul Neil Armstrong “Berdansa” di Bulan

Borderlands-The-Pre-Seque-1

Setelah pertama kali dikonfirmasikan April 2014 lalu, akhirnya 2K dan Gearbox Software mengumumkan kapan Borderlands: The Pre-Sequel akan dirilis. Game yang mengambil setting waktu di tengah-tengah Borderlands dan Borderlands 2 ini bisa dibilang adalah Borderlands 1.5, atau Borderlands 2.5, dimana dengan ukuran apa pun, game ini bukanlah Borderlands 3. Yah, setidaknya jauh lebih megah dibandingkan sebuah DLC atau ekspansi saja, meskipun bukanlah Borderlands 3. Game yang saat ini sedang dikembangkan bersama Gearbox Software dan 2K Australia ini akan dirilis pada 14 Oktober mendatang di Amerika Utara, dan internasional pada 17 Oktober 2014 untuk X360, PS3 serta PC Windows.

Saat kamu memainkan Borderlands, kamu pasti menyadari adanya sebuah bulan yang menjadi satelit dari planet Pandora yang menjadi setting game tersebut. Ya, dalam The Pre-Sequel kali ini, kita akan menjelajah ke “bulan” tersebut, atau yang bernama Elpis, tepatnya di moonbase berwujud huruf H, yaitu Hyperion. Game ini dikembangkan dengan menggunakan engine Borderlands 2, serta memiliki gaya interface dan HUD yang hampir mirip.

Ya, semua karakter dan musuh memiliki jetpack-nya sendiri selama permainan. Tanpa jetpack pun, gravitasi Elpis yang menjadi setting keseluruhan aksi dalam game, cukup bisa membuat karakter melayang.
Ya, semua karakter dan musuh memiliki jetpack-nya sendiri selama permainan. Tanpa jetpack pun, gravitasi Elpis yang menjadi setting keseluruhan aksi dalam game, cukup bisa membuat karakter melayang.

Meskipun dibangun di atas basis Borderlands 2, namun 2K Australia menjanjikan banyak elemen gameplay baru yang fresh untuk game ini. Keseluruhan, mekanisnya sama, sebuah FPS yang diselingi dengan mekanis umum sebuah game RPG, seperti adanya quest, pengembangan karakter, dan juga loot yang dihasilkan secara random. Campaign-nya juga mendukung multiplayer, dimana kalian bisa koperatip dengan pemain lain. Mode koperatipnya memungkinkan kalian dan teman bermain bersama secara lokal melalui tampilan layar yang terbagi (split-screen), sekaligus online dengan opsi drop-in-drop-out. Dengan koperatipnya yang didesain tanpa perlu jeda permainan, The Pre-Sequel bisa dengan bebas dimainkan gamer sendirian, atau bersamaan dengan teman yang ingin segera masuk ke dalam.

Sedangkan untuk unsur gameplay barunya, ada beberapa yang dikenalkan di sini. Mulai  anti-gravitasi, senjata untuk membekukan target (dan kemudian menghancurkan mereka dengan serangan melee), dan tanki oksigen sebagai “bahan bakar” untuk bergerak dan melakukan serangan spesial.

Borderlands-The-Pre-Seque-3

Gravitasi memberi efek ketika bergerak di bulan, sehingga kamu bisa melompat lebih tinggi, namun gerakannya lambat – yah, seperti yang dirasakan Neil Armstrong ketika pertama kali mendarat di bulan. Pengaruh lainnya pada item seperti loot dan juga mayat musuh yang bisa dengan mudah melayang. Khusus untuk oksigen, kamui harus terus memantau meter oksigennya, yang akan terus tergerus saat kamu menjelajahi Elpis, yang memiliki atmosfer dan gravitasi yang lebih rendah dibandingkan Pandora. Jika oksigen habis, maka health karakter juga terus berkurang. Untuk mengisi kembali meter oksigen ini, kamu harus menemukan gelembung-gelembung oksigen atau O2 Kits (oxygen tank) yang tersedia dalam permainan.

Dikembangkan untuk PC, X360 dan PS3, maka jangan harap ada engine baru, dan tidak ada peningkatan visual yang membuatnya menjadi indikasi contoh Borderlands konsol now-gen. Alasan utamanya jelas, karena mayoritas pemain serial Borderlands masih banyak berkutat di konsol last-gen.
Dikembangkan untuk PC, X360 dan PS3, maka jangan harap ada engine baru, dan tidak ada peningkatan visual yang membuatnya menjadi indikasi contoh Borderlands konsol now-gen. Alasan utamanya jelas, karena mayoritas pemain serial Borderlands masih banyak berkutat di konsol last-gen.

Selain terus tergerus saat kamu beraksi, oksigen ini juga akan menjadi bahan bakar bagi jetpack yang kamu kenakan. Dengan jetpack, kamu bisa melakukan gerakan lompat dua kali, melayang, hingga serangan ground slamming yang menghantamkan musuh ke tanah – yang membutuhkan oksigen dalam jumlah lebih besar. Seperti item lainnya, beberapa tipe O2 Kit yang berbeda bisa memberi bonus status, dan menambahkan efek elemental terhadap serangan ground slam. Keberadaan oksigen dan kebutuhan O2 Kits tersebut memberi aspek strategi baru, dimana kamu harus memperhatikan kebutuhan oksigen selama menyerang musuh, sekaligus juga memberi opsi baru untuk menghabisi musuh, cukup dengan menghancurkan helm musuh saja, maka dia akan kehabisan oksigen. Sayangnya, musuh juga bisa melakukan hal yang sama kepadamu.

Selain itu, akan banyak lagi item, senjata dan kendaraan baru yang bisa kamu temukan dalam game ini. 2K Australia menjanjikan bahwa senjata dan kendaraan yang ditawarkan dalam game ini akan lebih banyak jika dibandingkan dengan Borderlands 2. Contohnya adalah laser, dimana 2K Australia menunjukkan berbagai macam laser dengan tipe berbeda, mulai dari tembakan satu laser, hingga laser yang memiliki mode burst. Selain itu, terdapat juga beberapa senjata yang memiliki elemen, seperti senapan yang menimbulkan efek membeku jika terkena pada musuh.

Borderlands-The-Pre-Seque-2

Selain mengumumkan tanggal rilisnya, 2K dan Gearbox Software memberi insentif bagi siapa saja yang memesan awal game ini. Gamers yang pre-order Borderlands: The Pre-Sequel akan mendapatkan akses ke konten bonus Shock Drop Slaughter Pit. Di sana kamu akan dibawa ke fasilitas tua Dahl (produsen senjata yang sangat kuat pengaruhnya) di bulan Pandora, dan bertemu TR4-NU, yang sebelumnya menjadi bagian rekruitment militer di Dahl, sebelum akhirnya menjadi gila. TR4-NU kini mengelola Shock Drop Slaughter Pit, dan akan memebrikan loot yang sangat berguna bagi siapa saja yang mampu sukses menghadapi musuh terkuat di bulan. Untuk pre-order Borderlands: The Pre-Sequel, langsung saja masuk ke borderlandsthegame.com.

Borderlands: The Pre-Sequel Moon Dance Trailer

Roket Borderlands The Pre-Sequel Meluncur Oktober, Menyusul Neil Armstrong “Berdansa” di Bulan

Setelah pertama kali dikonfirmasikan April 2014 lalu, akhirnya 2K dan Gearbox Software mengumumkan kapan Borderlands: The Pre-Sequel akan dirilis.

Abaikan


SHARE
Previous articleKoei Memboyong Samurai Warriors 4 Keluar Jepang, Menjadi yang Pertama Untuk PS4
Next articleAniCultID Press Conference at Java Paragon, First Anime Culture Con in Surabaya!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.