Driver Sudah Tersedia, Kita Bisa Mainkan Game PC Menggunakan Kontroler Xbox One

Xbox-One-PC-Controller-2

Seperti yang pernah kami tuliskan sebelumnya, Microsoft memang berencana memberikan dukungan untuk membuat agar kontroler Xbox One bisa digunakan untuk memainkan game di PC berbasis Windows. Setelah menunggu hampir setahun, akhirnya Microsoft mulai menyediakan driver untuk menjadikan kontroler X1 sebagai pengendali ketika memainkan game di PC Windows.

Sebelumnya gamer pengguna Xbox 360 bisa memanfaatkan kontroler mereka untuk memainkan game PC. Jika kontrolernya berkabel lebih mudah, karena tinggal hubungkan ke port USB. Namun yang nirkabel lebih susah, karena mengharuskanmu membeli receiver-nya. Sedangkan untuk kontroler X1 ini, Microsoft sudah menyediakan drivernya, sehingga kalian tinggal menghubungkannya dengan desktop / tablet ber-OS Windows melalui kabel USB. Sementara ini driver tersebut disediakan terpisah, dan nantinya Microsoft berencana menjadikannya sebagai bagian Windows update. Unduh driver tersebut melalui tautan di bawah (sesuaikan dengan sistem, gunakan driver x64 untuk sistem 64-bit):

Tentu saja tidak semua game didukung oleh kontroler X1 ini. Hanya game yang memang memberikan dukungan gamepad untuk kontroler X360 yang bisa kalian mainkan menggunakan kontroler X1. Dan bicara kenyamanan, sejatinya game PC lebih baik tetap pada kombinasi mouse dan keyboard. Namun banyaknya permintaan dukungan gamepad X360 membuktikan jika gamer PC juga menyukai pengendalikan dengan gamepad eksternal. Apalagi kini untuk kontroler X1, Microsoft banyak memberikan perbaikan dibandingkan kontroler X360. Mulai bagian D-pad, penempatan kompartemen baterainya, serta desain keseluruhan yang lebih nyaman digenggam.

Lebih detail mengenai apa saja fitur kontroler X1 tersebut, bisa kalian buka kembali artikel dalam tautan ini.

Sumber: Major Nelson


SHARE
Previous articleThe Night Comes for Us, Satu lagi Tontonan Bermutu dari Merantau Films
Next articleJika Xperia T2 Seakan Pria Berbadan Besar, Xperia T3 Tampil Seperti Wanita Ramping
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.