Uji Pengetahuan Piala Dunia Bersama Altermyth dan Bhimz dalam Football Champ: World Cup Quiz!

Pagelaran Piala Dunia 2014 di Brazil tinggal menghitung hari lagi. Bagi kamu yang sudah tidak sabar menantikan pertandingan demi pertandingan di ajang empat tahunan tersebut, sembari menunggu kamu bisa menguji pengetahuan Piala Duniamu dengan memainkan Football Champ: World Cup Quiz yang dikembangkan Altermyth bersama dengan Bhimz.com ini. Ya, dalam Football Champ ini, kamu akan disuguhi dengan berbagai macam pertanyaan seputar Piala Dunia, mulai dari Piala Dunia modern hingga yang klasik, namun dikemas unik seakan-akan kamu berada di sebuah pertandingan sepakbola sungguhan!

Game ini terbagi menjadi beberapa level utama, dimana setiap level merepresentasikan satu pagelaran Piala Dunia. Sebagai contoh, di level pertama kamu akan disuguhi dengan pertanyaan seputar Piala Dunia 2010, yang terbagi lagi menjadi beberapa sub level di bawahnya. Karena bertema sepakbola, masing-masing sub level ini menggunakan istilah yang lazim ditemui di sebuah turnamen sepakbola, utamanya Piala Dunia, mulai dari fase kualifikasi, penyisihan grup, perdelapan final, hingga Final. Kamu membutuhkan jumlah gol tertentu agar bisa lolos dari satu fase dan membuka fase selanjutnya.

Bagaimana mendapatkan gol dalam game ini? Di setiap fase, kamu akan mendapatkan 20 pertanyaan yang terbagi menjadi dua babak, masing-masing sepuluh pertanyaan tiap babaknya. Seperti pemain sepakbola sungguhan, kamu harus berlari 100 yard agar bisa melakukan tembakan ke gawang guna mencetak gol. Untuk berlari ini, tentunya kamu harus menjawab pertanyaan yang disediakan, yang terbagi menjadi beberapa topik, mulai dari Nations (tentang negara peserta Piala Dunia), Player (Pemain) hingga Stadium (Stadion penyelenggara Piala Dunia). Masing-masing pertanyaan memiliki bobot dan tingkat kesulitan berbeda, ditentukan dari angka yard yang kamu tempuh setelah menjawab pertanyaan tersebut. Setiap kamu berhasil menjawab sebuah pertanyaan dengan benar, maka kamu akan “berlari” sejauh angka yard yang diberikan oleh pertanyaan tersebut plus mendapatkan fakta menarik mengenai jawaban tersebut.

Kamu hanya memiliki toleransi tiga kali menjawab salah. Menjawab salah dalam game ini sama dengan melakukan pelanggaran di sepakbola, dimana jawaban salah pertama akan mendapatkan peringatan dari wasit, kesalahan kedua kamu akan mendapatkan kartu kuning, dan kesalahan ketiga kamu akan mendapatkan kartu merah, yang membuat permainanmu otomatis berakhir. Tetapi jangan khawatir, pihak pengembang menyediakan beberapa “power up” untuk membantumu mencetak gol dan melaju ke fase selanjutnya, mulai dari menganulir kesalahan, melipatgandakan lari setelah menjawab pertanyaan, hingga mendapatkan akses langsung untuk menuju 100 yard.

Setelah mencapai angka 100, maka ini saatnya bagimu untuk mencetak gol. Karena memang game ini berjenis kuis atau triva, tentu untuk mencetak gol kamu juga harus menjawab pertanyaan. Bedanya, jika di pertanyaan-pertanyaan sebelumnya menggunakan metode pilihan ganda, maka pada saat mencetak gol ini kamu harus menjawab pertanyaan dengan menyusun huruf-huruf membentuk jawaban yang benar, dan dibatasi dengan waktu. Jika kamu menjawab dengan benar, kamu akan mendapatkan satu gol. Tetapi jika kamu kehabisan waktu, maka peluang mencetak gol akan melayang, dan kamu akan kembali ke angka 0 yard untuk memulai kembali “larimu”.

“Inspirasi membuat game ini datang karena sudah mendekati Piala Dunia 2014 Brazil, dan kebetulan Altermyth dan Bhimz.com (Aria Bima Mahesa) sebagai partner mempunyai ide untuk mengembangkan game trivia atau quiz yang memiliki konsep yang ringan namun dikemas dengan tidak semata mata hanya berupa quiz belaka, namun berupa pertandingan bola yang menggunakan trivia atau quiz sebagai sarana untuk melakukan operan dan mencetak goal,” ungkap Aditya Sumantri, Game Producer dari game ini.

Aditya juga melanjutkan, bahwa fakta-fakta menarik dari Piala Dunia inilah yang ingin ditonjolkan Altermyth dan Bhimz dalam game ini. “Yang ingin Altermyth dan Bhimz tonjolkan, seperti yang sudah tertulis di atas adalah fakta-fakta menarik seputar Piala Dunia sepanjang masa. Kenapa begitu? karena saat ini kebanyakan quiz hanya menekankan pada pertanyaan dan jawaban tanpa ada tujuan dari pertanyaan itu apa? Apakah menantang player dengan pengetahuan mereka? Dan pengemasan lewat pertandingan bola yang menggunakan trivia ini ingin menonjolkan ‘feel’ bahwa trivia pun bisa di kemas dengan ‘rasa‘ Sepakbola yang kental. Tidak hanya dalam konteks jenis soal dan jawaban saja,” ungkap Aditya yang menjagokan Jerman dan tuan rumah Brazil dalam gelaran Piala Dunia kali ini.

Selain keunikan trivia yang dikemas dalam pertandingan sepakbola, satu hal yang penulis rasakan selama memainkan game ini adalah transisi antar pertanyaan dan menu yang sangat lancar. Selain itu pertanyaan-pertanyaan yang diberikan juga cukup menantang. Adanya batasan waktu saat akan mencetak gol juga memberikan rasa “panik” tersendiri, apalagi huruf-huruf jawaban disusun secara acak yang membuat kepanikan kian terasa karena dikejar waktu. Aditya sendiri juga menambahkan, bahwa ada beberapa fitur yang akan diimplementasikan dalam waktu dekat untuk game ini. Update berikutnya (dan dalam waktu secepatnya) antara lain konten baru untuk Piala Dunia lama (classic) dan setelah piala dunia 2014 berakhir, tentu saja soal yang ditunggu, yaitu soal soal seputar piala dunia 2014. Selain itu juga Leaderboard dan achievement agar player lebih kompetitif,” ungkapnya.

Aditya juga mengungkapkan, bahwa ada kemungkinan mereka akan menyelenggarakan event-event offline untuk memanjakan pemain game ini. “Saat ini fokus kita adalah mendapatkan momentum Piala Dunia 2014 dan juga mengedukasi para fans bola Indonesia terhadap fakta-fakta menarik seputar Piala Dunia. Jika ada event yang berdekatan kita pasti akan mengadakan event offline dengan para penggemar game dan bola,” paparnya.

Tertarik untuk menguji pengetahuan seputar Piala Dunia bersama Altermyth dan Bhimz sembari menunggu kick off Piala Dunia 2014 mulai 12 Juni mendatang? Game ini sudah tersedia di Google Play Store, dan kamu bisa men-download-nya melalui alamat ini.


SHARE
Previous articlePhantasy Star Nova Banyak Mengambil Elemen Dari Phantasy Star Online
Next articleBagian Perayaan 30 Tahun, Ubisoft Hadirkan Tetris Ultimate Untuk Platform Modern
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.