Hitman GO Adalah Game Mobile Keren (yang Bukan Final Fantasy) Dari Square Enix

Hitman-GO-1

Kita sudah mengetahui jika Square Enix sedang menyiapkan aksi baru Agent 47 melalui Hitman GO. Namun sayangnya, bukan aksi cepat agen berkepala plontos itu dalam genre third-person berbumbu aksi stealth yang kita dapatkan, melainkan sebuah gameplay turn-based strategy, yang tampaknya memang lebih pas diterapkan untuk platform mobile. Dan akhir pekan kemarin game tersebut sudah dirilis di Android, meskipun versi iOS-nya sendiri sudah eksis sejak 17 April 2014 lalu.

Hitman-GO-6

Sebenarnya Hitman GO lebih tepat disebut sebagai turn-based puzzle sih, daripada strategi. Karena setting pertarungannya berada di atas diorama yang didesain cantik dan mendetail. Memang agak aneh (atau unik?) melihatnya, karena karaktermu dan musuh sekadar patung mungil terlihat melalui sudut pandang isometris yang digerakkan di atas visual scale-model, atau jamak juga dikenal sebagai model kit. Dengan ukuran yang kecil miniatur tiga dimensi, menjadikan setting setiap aksi sang silent assassin legendaris Agent 47 tampak khas, namun tetap mempertahankan aspek strategi yang biasanya kita kenal melalui seri game sebelumnya.

Hitman-GO-2

Memang kita tidak bisa dengan mudah menerimanya, bagaimana unsur strategi dan aksi stealth yang dikenal melalui seri-seri sebelumnta bisa diterapkan di atas diorama seperti ini. Namun pada kenyataannya, Agent 47 masih perlu menghindari musuh atau menghabisi mereka dengan cara diam-diam (artinya, tidak mungkin menyerang musuh dari depan, hanya dari samping atau belakang). Puzzle mengiringi pergerakanmu di setiap misi ber-setting diorama dalam game ini. Seperti tipikal board-game, kamu mengendalikan karakter di atasnya dengan pergereakan yang terbatas, namun tujuannya yang akan berbeda, karena harus menghabisi target yang diminta objective tiap misi.  

Hitman-GO-3

Ketika tiba giliran karakter, kamu bisa menggerakkannya satu space (dengan cara menyapukan jari ke arah yang diinginkan) dan berhenti di titik yang ada di atas diorama tersebut. Musuh juga akan bergerak satu space, dan itulah yang membuatnya susah. Namun karena ini sebuah puzzle, dan artinya tidak langkah yang random, dan ada solusi pasti ke arah mana Agent 47 harus bergerak, atau bagaimana, dan apa yang harus dia lakukan untuk bisa menyelesaikan misi tersebut (mencapai akhir level) dan sukses menghabisi targetnya di tengah perjalanan. Jika salah jalan (penjaga hanya satu space jaraknya, dan dia menghadap karakter), kemungkinan besar agenmu akan tewas, dan kamu perlu memulai kembali misi di tengah model-kit tersebut.

Hitman-GO-4

Mencapai akhir level dan habisi target menjadi syarat utama, sedangkan setiap level pasti memberi beberapa objective tambahan. Seperti berhasil melalui level tersebut tanpa ada kekerasan apa pun (tidak perlu menghabisi penjaga), terkadang menjadi salah satu bagian tantangan yang diberikan. Dan seperti tipikal puzzle lainnya, jika kamu gagal memenuhi syarat salah satu challenge, disediakan tombol “replay” untuk mengulangi misi tersebut.

Hitman-GO-8

Dan karena sejatinya sebuah puzzle dengan pergerakan musuh yang tetap, kecuali Agent 47 yang kamu kendalikan tentunya, maka kamu bisa saja mengatur agar agenmu menghindari langkah penjaga dalam waktu yang pas. Pelajari saja dulu pergerakan mereka (kamu bisa sentuh dan tahan keseluruhan diorama, kemudian menggerakkan sudut pandangnya untuk mempelajari dulu detail model kit tersebut), dan tinggal bagaimana kita menempatkan Agent 47 sedekat mungkin, dan menyusup ketika mereka jauh dari jalur gerakan Agent 47 yang mengarah ke akhir level. Untuk itu, terkadang kamu perlu memutari semua jalur di atas diorama untuk mendapatkan jalur untuk berjalan yang tepat, menyusup ke belakang musuh untuk melumpuhkannya, atau biarkan saja dengan melewatinya, hingga ada dukungan item yang bisa dimanfaatkan untuk mengecoh musuh, sehingga perhatian penjaga tersebut akan teralihkan sementara, sehingga Agent 47 bisa dengan mudah lolos dari pantauannya, atau diam-diam melumpuhkannya.

Hitman-GO-5

Jika ini sebuah board game, ternyata ada unsur kekerasan dan stealth. Namun untuk sebuah Hitman, game ini juga menyuguhkan visualisasi yang unik. Kali ini kami akui Square Enix berhasil menghadirkan sebuah pengalaman baru mengendalikan Agent 47 untuk platform mobile. Dan kami lega yang mereka tawarkan bukan sekadar, mungkin port dari seri game pertamanya. Hitman Go sendiri juga tidak ditawarkan gratis, baik di iOS dan Android dijual dengan harga Rp. 59,000.

Hitman-GO-7

Dan untuk sebuah game berbayar, game yang dikembangkan oleh Square Enix Montreal ini juga tidak bebas in-app purchase, walaupun Square Enix tidak terlalu rakus di sini, IAP yang ditawarkan hanya sekadar akses cepat ke level-level yang tinggi, serta tambahan petunjuk untuk membantu penyelesaian puzzle (default-nya dari awal hanya disediakan 5 kesempatan petunjuk saja).

  • Dapatkan Hitman GO versi iOS melalui Apple App Store. Membutuhkan iOS minimal versi 6.0 dan storage sebesar 236 MB.
  • Dapatkan Hitman GO versi Android melalui Google Play Store. Membutuhkan Android minimal versi 2.3.3 dan storage sebesar 192 MB.

Hitman GO – OUT NOW FOR ANDROID

Hitman GO Adalah Game Mobile Keren (yang Bukan Final Fantasy) Dari Square Enix

Square Enix menghadirkan aksi terbaru Agent 47 melalui Hitman GO. Memang bukan aksi cepat dalam genre third-person berbumbu aksi stealth, namun sebuah gameplay turn-based strategy dengan sebuah setting model kit.

Abaikan


SHARE
Previous articleTeknologi Pemetaan 3D Project Tango dari Google Dapatkan Tablet Bermesin Tegra K1
Next articleHTC One E8 Menjadi Perpaduan One M8 dan One mini 2, Plus Dua Slot Kartu SIM
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.