Detail Pertama Gameplay Strategy RPG Dalam Versi 3DS Transformers: Rise of the Dark Spark

Transformers-Rise-of-the-Da

Berbeda dengan versi konsol dan PC Transformers: Rise of the Dark Spark yang dikembangkan oleh Edge of Reality, untuk versi 3DS-nya ternyata dikembangkan oleh WayForward Technologies, sebuah developer yang sebelumnya sukses mengembangkan The DuckTales: Remastered.

Perbedaan developer antara versi konsol dan PC dengan versi handheld membuat game ini tampil dengan genre berbeda satu dengan lainnya, dimana untuk versi 3DS-nya tidak merupakan versi porting langsung dari versi konsol dan PC-nya.
Sebelumnya belum banyak informasi yang beredar mengenai gameplay untuk versi ini, namun Hasbro sendiri telah mengungkapkan bahwa genre dalam versi 3DS-nya nanti akan berubah menjadi strategy RPG yang menghadirkan lebih dari 50 karakter Transformers. Hal ini sepertinya akan menjadi sesuatu yang segar, mengingat game-game Transformers sebelumnya yang telah kita kenal kebanyakan sangat kental dengan nuansa action serta shooter yang intens.

Transformers-Rise-of-the-1

Sampai akhir pekan kemarin, kami mendapatkan detail pertama strategy RPG WayForward untuk Nintendo 3DS tersebut. Seperti tipikal strategy lainnya, game ini akan terfokus pertarungan jarak dekat dalam mekanis turn-based, dimana unit yang kalian kendalikan bisa berhadapan langsung dengan musuh. Dalam satu pertarungan terdiri dari tiga ronder ketika karakter kalian dan musuh akan saling menyerang sampai selesai. Jika kalian sukses menghabiskan health musuh, mereka akan dihapus dari map.

Setiap robot Transformer yang kamu kendalikan menyimpan total tujuh serangan yang bisa dilancarkan setiap rondenya, namun setiap serangan memiliki meter yang harus di-charge sebelum bisa menggunakannya. Dengan setiap ronde berlanjut, meter akan terisi, dan kemudian kita bebas memilih serangan yang tepat. Tidak bisa sembarang, karena kita perlu memilih waktu yang tepat, terutama serangan yang memang membutuhkan waktu charge lama. Bisa jadi, serangan yang seharusnya efektif dilancarkan nanti, justru tidak berguna dikeluarkan di awal-awal ronder. Kemudian jika kamu berhasil menahan serangan musuh, kamu juga bisa mendapatkan dua poin charge tambahan.

Transformers-Rise-of-the-2

Mode campaign Rise of the Dark Spark memberimu kebebasan memilih rute Autobot atau Decepticon, dan setiap Transformer memiliki serangan khasnya sendiri, dan juga Super Move berdasarkan pada wujud robot mereka. Seperti serangan Vanguard Optimus Prime, mampu menarik perhatian musuh pada dirinya, dan memberi kesempatan unit lain untuk memulihkan diri atau bergerak ke lokasi yang lebih aman. Untuk setiap misi selama campaign, kamu mendapat sejumlah tertentu Energon yang mana setiap unit bisa gunakan untuk mengaktifkan Super Move mereka, sehigga kita perlu berpikir taktis kapan dan sesering apa Super Move dilakukan.

Yang menarik adalah momen pertarungannya ketika kedua Transformer beradu. Selain tampilan sprite 2D yang terlihat di map, ketika mereka bertarung ternyata tampil dalam wujud full 3D. 

Transformers-Rise-of-the-3

Kita nantikan saja bagaimana Wayforward meramu aksi para robot ini dalam bentuk strategy RPG, bisakah setara kualitasnya dengan third-person shooter dari Edge of reality? Transformers: Rise of the Dark Spark untuk Nintendo 3DS akan dirilis 24 Juni mendatang di Amerika Utara, bersamaan dengan versi PC, X360, X1, PS3, PS4 dan Wii U. Di Jepang sendiri game ini bakal dipasarkan oleh Square Enix 28 Agustus, dan itu pun hanya versi PS4 dan X1-nya saja.


SHARE
Previous articleTemple Run Dibawa Lari 1 Milyar Gamer Mobile, Lebih Dari Separuhnya Adalah Wanita
Next articleSutradara Film John Carter Ungkap Dua Judul Sekuel yang Batal Dikerjakan
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.