E3 2014: Sony Luncurkan PlayStation TV, Lengkapi Ekosistem Hiburan PS4 dan PS Vita

PS-Vita-TV-3

Indonesia menjadi salah satu negara Asia selain Jepang yang beruntung mendapatkan konsol mikro PlayStation Vita TV lebih awal Januari 2014 lalu. Dan meskipun kepopulerannya masih belum terlihat sebesar handheld utamanya, atau bahkan kakaknya yang murni konsol, namun Sony Computer Entertainment terus memperluas ketersediaannya. Kini selama E3 2014, mereka mengumunkan jika micro console tersebut bakal mulai dijual di Amerika Utara, Eropa dan region PAL kuartal ketiga mendatang.

PS-Vita-TV-1

Usaha Sony ini jelas, bersama bundel Ultimate Gamer, ingin terus mengenalkan konsep Remote Play yang membuat PlayStation 4 dan handheld serta konsol mikro mereka ini bisa saling terhubung satu sama lain dalam sebuah ekosistem pusat hiburan keluarga. PS Vita TV yang di wilayah barat bakal dikenalkan sebagai PlayStation TV (PS TV) hadir dengan warna Hitam, mulai Musim Gugur nanti, dengan harga hanya US $99/€99, atau sekitar Rp. 1,2 jutaan untuk konsol mikronya saja, dan bundel yang menyertakan kontroler wireless DualShock 3, 8GB memory card, serta game The LEGO Movie Videogame dari Warner Bros. Interactive Entertainment ditawarkan dengan harga hanya US $139.99 (sekitar Rp. 1,7 jutaan) saja di Amerika Utara.

PS-Vita-TV-4

PS TV mengadopsi chipset dan software sistem yang sama dengan PlayStation Vita, namun menariknya, dari sisi dimensi eksternal, PS TV bisa sangat kompak ukurannya, hanya 6.5cm × 10.5cm saja. Itulah yang membuat Sony menyebutnya sebagai platform PlayStation termungil yang bisa dihubungkan ke TV. Sony sendiri juga menambahkan, alasan mereka merubah namanya untuk pasar Barat adalah karena permintaan user di sana. Bisa jadi agar PS TV lebih bisa diasosiasikan sebagai platform hiburan yang sangat portabel, sehingga dengan fungsi PS4 Remote Play plus dukungan Wireless Controller (DualShock 3 atau DualShock 4), memungkinkan para gamer PS4 yang biasa bermain di ruang keluarga, masih bisa melanjutkan permainan mereka tanpa mengganggu anggota keluarga lainnya melalui PS TV di kamar pribadi.

PS-Vita-TV-5

Lebih lagi PS TV juga mendukung ekosistem baru Sony dalam menawarkan akses layanan beta PlayStation Now, memungkinkan konsol mikro ini memainkan kembali game-game lama PlayStation 3 secara streaming. Selain kemungkinan memainkan game PS4 secara remote, dan juga game PS3 secara streaming cloud, PS TV juga sudsah pasti bisa memainkan lebih dari 1,000 software game PS Vita, PSP (PlayStation Portable) dan juga game klasik PS One, termasuk Disney Infinity: Marvel Super Heroes (Disney Interactive), Minecraft (Mojang/4J Studios), God of War: Collection (SCE WWS), dan Killzone Mercenary (SCE WWS). Untuk menambah game, user tinggal mengunduhnya melalui PlayStation Store, atau memasukkan cartridge PS Vita ke dalamnya.

Beberapa fitur unik dan menarik dari PS TV

  • User PS TV bisa bermain bersama pengguna PS Vita secara Ad Hoc melalui koneksi lokal.
  • Hingga 2 kontroler DualShock 3 atau DualShock 4 bisa dihubungkan ke PS TV, hingga memungkinkan memainkan game sampai dari masa PS One secara multiplayer
  • PS TV memungkinkan user mengakses movie dan episode TV yang ditawarkan melalui PlayStation Store
  • User PS TV bisa mengakses layanan yang sama seperti yang ditawarkan untuk PS Vita, seperti PlayStation Plus.
  • Video atau foto yang tersimpan di Memory Card atau yang diputar melalui “Browser” di PS Vita bisa dengan mudah ditransfer ke PS TV untuk dilihat melalui layar yang lebih besar. Selama ditransfer, PS Vita bisa digunakan sebagai remote control melalui interface aplikasi video player.

PS-Vita-TV-8