E3 2014: Usaha Nintendo Melawan Skylanders dan Disney Infinity Lewat Amiibo

Sekitar awal Mei 2014 lalu, Nintendo membawa sebuah kabar yang mengejutkan. Dalam sebuah rapat internal tertutup, Presiden Nintendo Satoru Iwata memperlihatkan sebuah platform yang menggunakan teknologi Near Field Communication (NFC), yang mengintegrasikan figurine dengan game digital ala Skylanders dan Disney Infinity. Belum ada nama resmi dari konsep tersebut, dan Iwata pada saat itu hanya menyebutkan bahwa platform integrasi baru ini sebagai Nintendo Figurine Platform atau NFP. Nah, dalam Nintendo Digital Event E3 2014 yang sudah berlangsung kemarin, akhirnya Nintendo mengkonfirmasikan secara resmi nama platform ini. Perkenalkan Amiibo, platform NFC baru dari Nintendo yang siap melawan dominasi Skylanders dan Disney Infinity!

Sama seperti platform besutan Activision dan Disney tersebut, kamu bisa “memasukkan” figurine-figurine karakter khas Nintendo ke dalam game digital yang kamu miliki. Untuk pertama kali, Nintendo mengkonfirmasikan bahwa platform ini akan diimplementasikan dalam Super Smash Bros. Bukan hanya memasukkan figurine ke dalam game digital, tetapi nantinya kamu juga bisa menggunakan figurine ini untuk menyimpan statistik dan gaya bertarungmu, sehingga kamu bisa membawanya dan bermain di konsol milik siapa saja.

E3 2014: Usaha Nintendo Melawan Skylanders dan Disney Infinity Lewat Amiibo

Nintendo siap meramaikan persaingan antara Skylanders dan Disney Infinity dengan mengkonfirmasikan platform Near Field Communication (NFC) baru bernama Amiibo!

Abaikan

Saat mengkoneksikan figurine Amiibo ke Gamepad Wii U, maka sejurus kemudian karakter figurine tersebut akan muncul di dalam game. Kamu bisa menggunakan karakter ini untuk bertarung satu lawan satu, membantu karakter lain untuk bertarung secara co-op, atau bahkan bertarung secara otomatis (dikendalikan oleh AI) melawan karakter lain yang kamu kendalikan. Karakter yang muncul dari Amiibo bisa naik level dan meningkat statusnya, sehingga di konsol manapun kamu memainkan Super Smash Bros, maka kamu bisa membawa dan menggunakan figurine yang sudah kamu “latih” tadi.

Kamu bisa mengkustomisasi status, gaya bertarung, dan skill yang dimiliki oleh figurine-mu, sehingga meskipun kamu dan temanmu memiliki figurine karakter yang sama, maka saat bertarung keduanya pasti memiliki perbedaan tergantung “latihan” yang diberikan. Saat bertanding melawan figurine lainnya, Amiibo akan naik level lebih cepat dibandingkan dengan melawan AI CPU. Dalam Nintendo Digital Event kemarin, Nintendo sudah menyiapkan beberapa karakter yang akan hadir dalam wujud Amiibo, mulai dari Mario, Pikachu, Samus Aran, Donkey Kong, hingga Yoshi.

Nantinya, Amiibo akan diimplementasikan dalam game-game Nintendo lain seperti Mario Kart 8 dan Mario Party 10. Namun sampai saat ini, Nintendo belum memberikan detailnya lebih lanjut. Iwata sendiri sempat mengungkapkan, bahwa latar belakang perilisan platform baru ini dikarenakan Nintendo kecewa dengan hasil penjualan Wii U yang terus menurun. Selain hadir untuk Wii U, platform ini kabarnya juga akan diimplementasikan untuk 3DS pada awal 2015 yang akan datang dengan perantara sebuah device khusus.

[Sumber: CVG]


SHARE
Previous articleE3 2014: DLC Ketiga Infamous Second Son, First Light Bertabur Kekuatan Neon Dari Abigail
Next articleE3 2014: Trailer yang Menyentuh Hati dari Valiant Hearts: The Great War
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.