Spesial Piala Dunia 2014: Mengintip Persaingan Masing-masing Grup

Beberapa jam lagi Piala Dunia 2014 Brazil akan mulai digelar. Sembari menunggu siaran langsung di televisi, simak dulu sedikit prediksi dari Duniaku mengenai peta persaingan tiap-tiap grup berikut ini.

Spesial Piala Dunia 2014: Mengintip Persaingan Masing-masing Grup

Spesial Piala Dunia 2014: Mengintip Persaingan Masing-masing Grup

Beberapa jam lagi, para penggemar sepakbola di seluruh dunia akan mendapatkan sajian berkelas yang selalu diadakan selama empat tahun sekali, Piala Dunia 2014. Piala Dunia 2014 diselenggarakan di Brazil, mulai tanggal 12 Juni hingga 13 Juli 2014 yang akan datang. Perhelatan tahun ini terasa cukup spesial, karena menandai kembalinya sepakbola ke kiblatnya sejak terakhir kali diselenggarakan di negeri Samba ini tahun 1950 lalu.

Spesial Piala Dunia 2014: Mengintip Persaingan Masing-masing Grup Fuleco, Maskot dari Piala Dunia 2014 Brazil[/caption]

Ya, meskipun prestasinya beberapa tahun ini menurun, namun tidak ada yang menyangkal bahwa Brazil sampai saat ini masih menjadi salah satu kiblat sepakbola dunia. Dengan kekuatan yang dimiliki saat ini, Brazil masih digadang-gadang bakal merebut trofi keenamnya sepanjang sejarah Piala Dunia, dan menjauhkan diri dari kejaran Italia yang sudah mendapatkan empat trofi. Tentu saja perjalanan Brazil bakal tidak mulus, karena banyak negara-negara lain yang siap menghadang mereka. Dari benua Eropa, Spanyol masih menjadi kandidat kuat setelah meraih tiga gelar turnamen besar berturut-turut, mulai dari Euro 2008, Piala Dunia 2010 dan Euro 2012. Dari Amerika Latin, kekuatan klasik seperti Argentina dan Uruguay masih menjadi ancaman terbesar. Dari Asia dan Afrika, meskipun tidak memiliki tradisi yang bagus di Piala Dunia, tetapi berpeluang untuk menciptakan kejutan.

Spesial Piala Dunia 2014: Mengintip Persaingan Masing-masing Grup Brazuca, bola resmi Piala Dunia 2014[/caption]

Menyambut Piala Dunia 2014 kali ini, Duniaku mengajakmu untuk mengintip persaingan masing-masing grup. Siapa yang berpeluang untuk maju ke babak selanjutnya? Atau siapakah yang bakal menjadi kuda hitam? Simak analisis kami berikut ini!

Grup A (Brazil, Kroasia, Meksiko, Kamerun)

Spesial Piala Dunia 2014: Mengintip Persaingan Masing-masing Grup Brazil, berharap tuah menjadi tuan rumah[/caption]

Di Grup A, tuan rumah Brazil akan bersaing dengan Kroasia, Meksiko dan Kamerun untuk merebut satu tempat ke babak 16 besar. Dengan kekuatan yang dimiliki saat ini plus keuntungan sebagai tuan rumah, Brazil diprediksi bakal melenggang dengan mudah ke babak selanjutnya. Satu tempat lain mungkin akan diperebutkan oleh Kroasia dan Meksiko.

Spesial Piala Dunia 2014: Mengintip Persaingan Masing-masing Grup Meksiko, berpeluang menjadi kuda hitam grup A[/caption]

Kroasia tentu ingin kembali mengulang memori manisnya di Piala Dunia 1998, dimana pada saat itu mereka sukses menempati peringkat ketiga dengan mengandalkan kombinasi pemain muda berpotensial seperti Mateo Kovacic dengan pemain yang memiliki mental juara seperti Mario Mandzukic. Meksiko dengan deretan pemain mudanya tentu bukan lawan yang mudah dan memiliki tradisi yang cukup bagus di setiap penyelenggaraan Piala Dunia. Kamerun bisa menjadi kuda hitam, namun rasanya sulit untuk bersaing dengan tiga tim lainnya.

Grup B (Spanyol, Belanda, Chile, Australia)

Spesial Piala Dunia 2014: Mengintip Persaingan Masing-masing Grup Spanyol, pertandingan pertama sebagai penentu langkah ke babak selanjutnya[/caption]

Grup B seolah menjad “nostalgia” final Piala Dunia 2010 antara Spanyol dengan Belanda. Empat tahun lalu, Spanyol boleh saja berjaya dengan mengalahkan Belanda serta menjadi juara dunia. Namun, Belanda datang ke Piala Dunia kali ini dengan semangat revans plus catatan yang impresif selama babak kualifikasi. Menilik kekuatan di Grup B ini, sangat besar kemungkinan keduanya akan menjadi wakil grup ke babak selanjutnya. Pertanyaan mengenai siapa yang akan menjadi juara grup akan ditentukan di laga pertama saat keduanya bertemu di Salvador.

Spesial Piala Dunia 2014: Mengintip Persaingan Masing-masing Grup Belanda, siap melakukan revans final Piala Dunia 2010[/caption]

Dua tim lain, Chile dan Australia mungkin hanya akan sebagai “pelengkap” dan bertarung untuk memperebutkan posisi ketiga. Namun, jika Spanyol dan Belanda tidak dalam performa terbaik mereka, siap-siap saja kedua negara ini memberikan kejutan dan lolos ke babak selanjutnya. Chile lebih berpeluang untuk memberikan kejutan lewat beberapa pemain top mereka yang bermain di Eropa, seperti Alexis Sanchez (Barcelona) dan Arturo Vidal (Juventus).

Spesial Piala Dunia 2014: Mengintip Persaingan Masing-masing Grup Kolombia, akankah bisa berbicara banyak tanpa kehadiran Falcao?[/caption]

Grup C (Kolombia, Pantai Gading, Yunani, Jepang)

Sebenarnya, Kolombia berpeluang sangat besar untuk mendominasi grup ini. Sayangnya, salah satu andalan mereka Radamel Falcao masih berkutat dengan penyembuhan cederanya, dan diyakini belum mencapai puncak performa saat Piala Dunia berlangsung. Jadinya, di grup ini kekuatan sedikit seimbang, dengan Yunani dan Kolombia menjadi kandidat kuat untuk melangkah ke babak selanjutnya. Namun Jepang juga berpeluang untuk menjadi kuda hitam dan merebut satu tempat ke babak perdelapan final jika salah satu dari Yunani atau Kolombia lengah.

Spesial Piala Dunia 2014: Mengintip Persaingan Masing-masing Grup Jepang, siap memanfaatkan pengalaman pemain yang merumput di Eropa[/caption]

Modal Jepang ke Piala Dunia cukup bagus, karena mereka memiliki banyak pemain yang merasakan atmosfer sepak bola di Eropa, sebut saja Yuto Nagatomo (Inter Milan) dan Keisuke Honda (AC Milan). Di sisi lain, kekuatan Pantai Gading juga tidak bisa dianggap remeh, dan peluang mereka untuk “merusak” persaingan tiga tim tadi sangat terbuka lebar.

Grup D (Uruguay, Kosta Rika, Inggris, Italia)

Spesial Piala Dunia 2014: Mengintip Persaingan Masing-masing Grup Uruguay, siap melaju jauh di Piala Dunai 2014[/caption]

Grup D bisa disebut sebagai salah satu grup neraka di Piala Dunia ini selain Grup B karena bercokol tiga kekuatan besar di grup ini, yaitu Inggris, Italia dan Uruguay, plus Kosta Rika yang tidak bisa dianggap remeh. Memprediksi dua tim yang akan lolos cukup sulit, karena Inggris, Italia dan Uruguay memiliki kekuatan yang cukup berimbang. Namun melihat bagaimana performa di babak kualifikasi dan skuad yang dibawa, tampaknya Inggris sedikit lebih diunggulkan untuk menjuarai grup ini, dan bersaing dengan Uruguay.

Spesial Piala Dunia 2014: Mengintip Persaingan Masing-masing Grup Italia, bakal sulit bersaing dengan Inggris dan Uruguay[/caption]

Uruguay bisa menjadi lawan yang menakutkan bagi Inggris, karena disana bercokol Luis Suarez yang menjadi top skor di Liga Inggris, dan pastinya sudah memahami bagaimana karakteristik permainan Inggris. Italia bukannya tidak berpeluang, namun salah satu “penyakit” Italia adalah kurang konsistensi dalam event-event besar. Meskipun di Euro 2012 lalu mereka menjadi finalis, namun mereka sepertinya cukup sulit untuk bersaing dengan Inggris dan Uruguay.

Grup E (Swiss, Ekuador, Prancis, Honduras)

Spesial Piala Dunia 2014: Mengintip Persaingan Masing-masing Grup Prancis, minus Nasri dan Ribery[/caption]

Jika dalam performa terbaiknya, Swiss dan Prancis rupanya akan mewakili grup ini ke babak selanjutnya. Swiss memiliki banyak talenta hebat di semua lini, seperti trio lini tengah Dzemaili, Behrami dan Inler yang membantu Napoli meraih peringkat ketiga di Liga Italia, serta gelandang Bayern Munchen Xherdan Shaqiri.

Swiss, siap menemani Prancis ke babak selanjutnya[/caption]

Sedangkan Prancis didukung oleh tradisi dan para pemain hebat, meskipun minus Samir Nasri yang secara mengejutkan tidak dibawa serta ke Piala Dunia kali ini dan Ribery yang mengalami cedera saat persiapan menjelang Piala Dunia 2014. Namun keduanya patut mewaspadai kekuatan dari benua Amerika seperti Ekuador dan Honduras.

Spesial Piala Dunia 2014: Mengintip Persaingan Masing-masing Grup Argentina, saatnya Messi berbicara[/caption]

Grup F (Argentina, Bosnia & Herzegovina, Iran dan Nigeria)

Argentina dengan Lionel Messi-nya diprediksi bakal merebut satu tempat menuju babak perdelapan final dari grup ini. Sedangkan satu tempat lainnya, akan diperebutkan oleh Nigeria dan juga pendatang baru Bosnia Herzegovina. Nigeria didukung oleh tradisi yang hebat di setiap perhelatan Piala Dunia, dan kali ini John Obi Mikel, Victor Moses dan kawan-kawan siap memberikan kejutan dengan mendampingi Argentina ke babak selanjutnya.

Spesial Piala Dunia 2014: Mengintip Persaingan Masing-masing Grup Bosnia, debutan yang siap mengejutkan[/caption]

Sedangkan Bosnia yang pertama kali lolos ke Piala Dunia akan memberikan tumpuan kepada striker yang membantu Manchester City merebut title Liga Inggris, Edin Dzeko. Melihat ketiga kekuatan di atas, cukup besar kemungkinan Iran akan menjadi lumbung gol bagi tim-tim lainnya, dan akan kesulitan untuk meraih satu poin pun.

Grup G (Jerman, Portugal, Ghana, Amerika Serikat)

Spesial Piala Dunia 2014: Mengintip Persaingan Masing-masing Grup Jerman, kembali menjadi spesialis turnamen?[/caption]

Spesialis turnamen, Jerman akan mencoba peruntungannya kembali tahun ini dan menjadi salah satu kandidat juara selain Brazil dan Spanyol. Hasil kualifikasi mereka pun sangat mentereng, dengan tidak terkalahkan serta saat ini berada di posisi kedua rangking FIFA. Jika mereka tengah dalam performa terbaik, bisa jadi tahun ini giliran mereka yang akan menjuarai event ini untuk keempat kalinya.

Spesial Piala Dunia 2014: Mengintip Persaingan Masing-masing Grup Portugal, berharap Cristiano Ronaldo mencapai puncak performanya[/caption]

Kampanye Jerman untuk menjadi juara akan dihadang oleh Portugal dengan superstar mereka, Cristiano Ronaldo yang tentunya tidak bisa dipandang remeh. Kedua tim ini akan bersaing untuk menjadi juara grup, dan pertandingan pertama yang saling mempertemukan keduanya akan menjadi sangat penting. Dua tim lain, Ghana dan Amerika Serikat mungkin akan kesulitan untuk menandingi dua kandidat kuat tersebut, dan sepertinya harus puas untuk memperebutkan posisi ketiga di grup ini.

Grup H (Belgia, Rusia, Korea Selatan, Aljazair)

Spesial Piala Dunia 2014: Mengintip Persaingan Masing-masing Grup Belgia, generasi emasnya siap meledak[/caption]

Belgia bisa menjadi tim yang akan sangat menyita banyak perhatian dalam perhelatan Piala Dunia ini dengan generasi yang bisa disebut salah satu generasi emas mereka. Tim ini memiliki banyak pemain muda yang berpotensi untuk “meledak” di Piala Dunia dan merata di semua lini, sebut saja Thibaut Courtois di posisi kipper yang baru saja mengantar Atletico Madrid menjuarai La Liga Spanyol, Vincent Kompany (Manchester City) di posisi bek, deretan gelandang yang mematikan dikomando oleh Eden Hazard (Chelsea) dan striker haus gol Romelo Lukaku (Everton).

Spesial Piala Dunia 2014: Mengintip Persaingan Masing-masing Grup Rusia, kans cukup besar untuk menemani Belgia ke babak selanjutnya[/caption]

Jika Belgia dalam performa terbaik, bisa jadi mereka akan melangkah jauh di Piala Dunia kali ini, minimal bisa mencapai perempat final. Tetapi yang pertama tentu saja mereka tidak boleh meremehkan Rusia, Korea Selatan dan Aljazair yang berpotensi menjadi kuda hitam. Jika mencari siapa yang akan mendampingi Belgia lolos ke babak selanjutnya, mungkin Rusia memiliki kans yang cukup besar.

Bagaimana dengan Citizen? Sudah memiliki jagoan untuk Piala Dunia 2014 kali ini? Share siapa jagoanmu di kolom komentar ya!

[Foto-foto dari FIFA]

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU