E3 2014: Code Name S.T.E.A.M., Perpaduan Unik Strategy RPG dengan Action Shooter

Code-Name-STEAM-2

IP baru yang diumumkan Nintendo selama E3 2014 adalah sebuah game turn-based strategy untuk 3DS, yang mengambil setting era dimana mesin uap masih jamak ditemui di London, dan mengajakmu mengendalikan karakter yang tergabung di tengah pasukan elit bernama STEAM yang dibentuk oleh Abraham Lincoln untuk bertarung menghadapi invasi alien.

Game berjudul Code Name: STEAM ini dikembangkan oleh Intelligent Systems, developer first-party Nintendo yang dikenal melalui franchise game strategi seperti Fire Emblem dan Wars (Famicom Wars hingga Advance Wars), dengan target rilis tahun 2015. Nama yang berada di balik tim developernya seperti Hitoshi Yamagami, yang sebelumnya menangani Xenoblade Chronicles, serta serial Fire Emblem dan Pokemon.

Code-Name-STEAM-3

Meskipun dibuat sebagai game turn-based strategy, namun mekanisnya lebih mirip game action dan shooter, karena melibatkan karakter yang bisa bergerak dan menembak dengan arah bidikan yang kita kendalikan. ​Konsepnya sendiri adalah membuat sebuah game strategi turn-based menjadi lebih luas target pasarnya, serta menurunkan sudut pandang kamera hingga level individu agar memberi kesan yang lebih dekat pada mereka. Unit yang kamu kendalikan selama pertarungan ada empat orang, bakal ada beberapa elemen eksplorasi, dan kamu juga bisa men-swap antara karakter berbeda dalam sudut pandang first-person.

Code-Name-STEAM-4

Beralasan developer mencoba mengalihkan pola pikir kita terhadap sebuah strategi dengan fokus ke individu karakter, karena mereka berusaha membuat sebuah figur yang unik dari para petarung dalam Code Name: STEAM ini. Sesuai eranya, mereka bergerak dengan tenaga uap, dan memiliki ketel uang sendiri untuk mentenagai semua serangan. STEAM itu sendiri menjadi singkatan dari “Strike Team Eliminating the Alien Menace.” Bukan itu saja, karakter utama memiliki motif binatang yang akan mempengaruhi desain senjatanya, serta beberapa konsep alien yang sepengetahuan penulis hanya muncul di sini, diadaptasi desainnya dari monster-monster yang eksis dari cerita H. P. Lovecraft.

Campaign utama game ini dibagi menjadi beberapa misi, dan lebih lanjut terbagi ke dalam beberapa map. Kamu bisa membuka senjata, karakter dan boiler baru (untuk memanfaatkan tenaga uap) seiring permainanberlanjut. Seperti disebutkan sebelumnya, senjata didesain berbasis motif binatang, yang sekaligus melukiskan kepribadian karakter tersebut. Setiap karakter juga memiliki ability spesial yang unik yang hanya bisa digunakan sekali dalam setiap map.

Code-Name-STEAM-5

Keseluruhan artwork-nya dibuat seperti tipikal buku komik dengan gaya cel-shading, yang dihadirkan oleh artis Amerika Jack Kirby dan Bruce Timm. Dan menurut art director Takako Sakai, visual kartun dalam game ini dipengaruhi oleh era Silver Age di tengah komik Amerika. Soundtrack-nya ditangani oleh Taishi Senda, yang juga pernah bekerja menangani musik untuk serial Advance Wars.

Selain itu, juga membedakan dibandingkan strategi lainnya, tidak ada overhead map, karena semua aksi disorot melalui sudut pandang unitmu. Kemudian menurut para desainernya, game ini tidak akan sama ketika dimainkan kedua kalinya, tidak ada permadeath, tidak ada permainan online (namun akan ada multiplayer yang bisa online), beberapa mode permainan, serta kamu bisa kumpulkan medal sepanjang permainan yang bisa memulihkan health dan steam. Akan tetapi menggunakan banyak medal bisa mencegahmu mendapatkan banyak senjata yang lebih kuat nantinya.


SHARE
Previous articleE3 2014: Trailer Bloodborne yang Bocor Tampilkan Secepat Apa Gameplay-nya!
Next articleE3 2014: Lara Croft and The Temple of Osiris, Tawarkan Gameplay Co-Op untuk Empat Pemain!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.