Sejarah Game Piala Dunia, Tradisi dari Masa ke Masa

Untuk menemanimu sembari menunggu siaran langsung pertandingan Piala Dunia 2014, kali ini kami memberikan sebuah artikel khusus mengenai sejarah panjang game bertema Piala Dunia dari masa ke masa.

Sejarah Game Piala Dunia, Tradisi dari Masa ke Masa

Sejarah Game Piala Dunia, Tradisi dari Masa ke Masa

Bagi developer game, terutama yang selama ini selalu berkutat untuk mengembangkan game sepakbola, momen World Cup mungkin menjadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu. Sudah menjadi tradisi, bahwa setiap menjelang perhelatan sepak bola besar, beberapa developer berlomba-lomba untuk menghadirkan game atau konten khusus bertema ajang empat tahunan tersebut. Salah satu developer yang rajin dan hampir tidak pernah melewatkan momen ini untuk merilis game Piala Dunia selama lebih dari satu dekade terakhir adalah EA, yang tahun ini juga tidak absen dengan merilis 2014 FIFA World Cup Brazil. Bukan hanya EA, Konami dan PES Productions pun tidak mau ketinggalan dengan merilis DLC World Challenge untuk PES 2014, yang mensimulasikan ajang tersebut.

Sejarah Game Piala Dunia, Tradisi dari Masa ke Masa

Pertanyaannya, apa sih yang mendasari developer untuk merilis game khusus Piala Dunia? Toh mereka setiap tahun juga sudah merilis game sepakbola, lengkap dengan klub dan timnas seluruh dunia serta jajaran starting line up terbaru. Tradisi untuk ikut “meramaikan” ajang ini mungkin menjadi alasan teratas bagi developer. Alasan kedua, mungkin untuk menghadirkan nuansa Piala Dunia yang lebih terasa dibandingkan judul tahunan yang dirilis. Jika di judul tahunan, mungkin akan sangat sulit menemukan timnas negara dunia ketiga dalam sepak bola seperti Indonesia untuk dimainkan, karena jajaran tim yang dimainkan sudah “penuh sesak” dengan klub dan timnas papan atas. Maka, game Piala Dunia ini menjadi kesempatan bagi developer untuk memunculkannya, karena dalam game Piala Dunia ini, praktis mereka tidak memunculkan klub.

Untuk menemanimu menunggu pertandingan demi pertandingan Piala Dunia 2014 yang tengah berlangsung, kali ini kami mengajakmu untuk kembali menengok bagaimana sejarah panjang game Piala Dunia, yang ternyata sudah dimulai sejak tahun 1986 lalu. Selamat menyimak!

Sejarah Game Piala Dunia, Tradisi dari Masa ke Masa

World Cup Carnival

Platform: ZX Spectrum, Commodore 64, Amstrad CPC

Game resmi Piala Dunia pertama dibuat berdasarkan World Cup 1986 yang diadakan di Meksiko. Sayangnya, game ini tampil sangat mengecewakan, mengingat pihak developer menjanjikan game ini sebagai standar baru bagi genre simulasi sepak bola. Nyatanya, game ini seperti “rilis ulang” dari sebuah game berjudul World Cup Football, dan hanya menambahkan embel-embel lisensi saja. Tak pelak, beberapa gamer yang sudah membeli game tersebut sempat marah dan mengirimkan surat yang mengungkapkan kekecewaan mereka karena merasa seperti membeli kembali game yang sudah usang.

Sejarah Game Piala Dunia, Tradisi dari Masa ke Masa

Italy 1990

Platform: Amiga, Atari ST, PC, Commodore 64, ZX Spectrum, Amstrad CPC

Terdapat setidaknya tiga game yang dirilis untuk menyambut Piala Dunia 1990 yang dianggap banyak penggemar bola sebagai Piala Dunia paling membosankan sepanjang sejarah. Entah karena bosan dengan pertandingan Piala Dunia yang ditayangkan, atau memang game ini cukup bagus, banyak yang menganggap bahwa game ini jauh lebih menarik dibandingkan World Cup Carnival yang dirilis empat tahun sebelumnya.

Sejarah Game Piala Dunia, Tradisi dari Masa ke Masa

Italia 1990

Platform: Amiga, Atari ST

Game kedua yang dirilis menyambut Piala Dunia 1990 adalah Italia 1990 yang dikembangkan oleh Codemasters. Dibanderol dengan harga yang cukup murah, 4.99 Poundsterling (Rp 95.000, kurs saat ini), game ini hanya menyajikan delapan tim yang bisa kamu mainkan. Lucunya, tidak ada satupun dari delapan tim tersebut adalah Italia!

Sejarah Game Piala Dunia, Tradisi dari Masa ke Masa

World Cup Italia 90

Platform: Mega Drive, Master System

Mungkin game ini yang terlintas dalam ingatan saat membicarakan Piala Dunia 1990 dibandingkan dua game sebelumnya. Meskipun tergolong game yang sulit dimainkan dan pengaturan kamera top down yang aneh, tetapi grafis yang menarik (pada saat itu) dan juga musik atmosfer Piala Dunia yang disajikan membuat game ini asyik untuk dimainkan. Akhirnya, game buatan Sega ini di-porting untuk beberapa konsol dan mengambil judul baru, World Championship Soccer.

Sejarah Game Piala Dunia, Tradisi dari Masa ke Masa

World Cup USA 94

Platform: Mega Drive, Mega CD, SNES, Master System, Game Gear, Game Boy, Amiga, PC

Setelah memberikan lisensi World Cup untuk World Cup Carnival dan Italy 1990, US Gold kembali memberikan lisensi untuk World Cup USA 94 ini. Game ini sebenarnya tidak tampil terlalu bagus, namun kredit layak diberikan kepada versi Mega CD-nya yang sudah menyertakan render FMV untuk stadion dan juga soundtrack yang terdiri dari dua lagu yang dinyanyikan band Scorpions.

Sejarah Game Piala Dunia, Tradisi dari Masa ke Masa

FIFA: Road to World Cup 98

Platform: PlayStation, N64, Saturn, Mega Drive, SNES, Game Boy, PC

Di pertengahan era 90-an, lisensi game Piala Dunia milik US Gold habis, dan datanglah EA untuk mengakuisisi lisensi tersebut yang membuat mereka bisa melanjutkan tongkat estafet pengembangan game-game Piala Dunia. Lahirlah game ini, yang dibuat untuk meramaikan perhelatan Piala Dunia 1998 yang diselenggarakan di Prancis. Bukan hanya mengembangkan satu game khusus, dengan lisensi ini EA pun memaksimalkannya dengan memasukkan mode Piala Dunia di seri FIFA tahunannya termasuk FIFA 98. Sayangnya, mode Piala Dunia di FIFA 98 tidak menyertakan stadion Piala Dunia yang lengkap.

Sejarah Game Piala Dunia, Tradisi dari Masa ke Masa

World Cup 98

Platform: PlayStation, N64, Game Boy, PC

Setelah mengawali dengan FIFA: Road to World Cup 98, saat perhelatan Piala Dunia 1998 dimulai, EA pun mulai merilis game Piala Dunia yang “sebenarnya”. Game ini dikembangkan dengan menggunakan engine FIFA 98, dan sampai saat ini lebih dikenal gamer dibandingkan game sebelumnya. Game ini memiliki beberapa fitur menarik, seperti mode World Cup Classic yang menyajikan 15 pertandingan final klasik World Cup yang bisa dimainkan, lengkap dengan gaya grafis “jadul” atau hitam putih dan juga komentar dari komentator populer dari BBC, Kenneth Wolstenholme.

Sejarah Game Piala Dunia, Tradisi dari Masa ke Masa

Jikkyou World Soccer: World Cup France 1998

Platform: Nintendo 64

Banyak yang berharap Konami mendapatkan lisensi untuk mengembangkan game World Cup. Harapan tersebut akhirnya terkabul seiring dengan kebijakan FIFA yang akhirnya memberikan lisensi kepada Konami untuk mengembangkan game Piala Dunia. Namun syaratnya, Konami hanya boleh merilis dan menjualnya di Jepang saja. Itulah mengapa, game ini akhirnya membawa judul yang berbeda, International Superstar Soccer (ISS) 98 saat memasuki pasar barat, dan menjadi langkah awal Konami untuk menantang EA dalam genre sepakbola di tahun-tahun setelahnya.

Sejarah Game Piala Dunia, Tradisi dari Masa ke Masa

World Soccer Jikkyou Winning Eleven 3: World Cup France ‘98

Platform: PlayStation

Di sisi lain, game PlayStation yang dikenal sebagai ISS Pro 98 di barat ternyata juga mendapatkan versi Piala Dunianya di Jepang, lengkap dengan nama tim dan pemain resmi. Ya, mungkin banyak dari kalian yang belum mengetahui, bahwa cikal bakal Pro Evolution Soccer (PES) ini sempat mendapatkan lisensi Piala Dunia sebelum akhirnya “dikuasai” oleh EA sepenuhnya sampai saat ini.

Sejarah Game Piala Dunia, Tradisi dari Masa ke Masa

2002 FIFA World Cup

Platform: PS2, Xbox, GameCube, PlayStation, PC

EA melanjutkan pengembangan game Piala Dunia di tahun 2002 untuk meramaikan turnamen empat tahunan tersebut saat mampir di Jepang dan Korea Selatan. Game yang juga menjadi salah satu launch title dari GameCube ini menggunakan soundtrack yang dimainkan oleh Vancouver Symphony Orchestra. Game ini tergolong cukup sukses dan diterima oleh gamer dimana saja selain di Jerman. Kok bisa? Usut punya usut ternyata game ini dilarang peredarannya di sana setelah kiper timnas Jerman saat itu, Oliver Kahn memenangkan tuntutan terhadap EA yang dianggap sudah memasukkan dirinya ke dalam game tanpa mendapatkan persetujuan darinya.

Sejarah Game Piala Dunia, Tradisi dari Masa ke Masa

FIFA 06: Road to FIFA World Cup

Platform: Xbox 360

Bersamaan dengan peluncuran Xbox 360, EA memutuskan untuk melakukan trik serupa seperti yang pernah mereka lakukan pada FIFA 98 dengan merilis satu game “pemanasan” Piala Dunia enam bulan sebelum event-nya berlangsung. Sayangnya, trik ini tidak berjalan dengan mulus sesuai perkiraan, karena versi Xbox 360 dari FIFA 06 ternyata tampil sangat mengecewakan, salah satunya adalah mode kualifikasi yang ternyata tidak berakhir di turnamen sebenarnya. Artinya, kamu tidak pernah memainkan timmu di putaran final Piala Dunia dan mengangkat trofinya. Plus, banyak yang mengkritik desain pemain dan pelatih dalam game ini, salah satunya adalah Sven Goran Eriksson, pelatih Inggris pada saat itu yang memiliki wajah cukup menyeramkan..

Sejarah Game Piala Dunia, Tradisi dari Masa ke Masa

2006 FIFA World Cup

Platform: Xbox 360, PS2, Xbox, GameCube, PC, DS, PSP, GBA

Setelah gagal dengan game sebelumnya, akhirnya EA merilis game Piala Dunia yang “sesungguhnya” lewat 2006 FIFA World Cup ini. Game ini dirilis dan hadir cukup impresif di delapan platform berbeda, termasuk handheld dan juga smartphone. Game ini menandai kemunculan mode Scenario, yang berisi 40 momen klasik dari sejarah World Cup dan mengajak pemain untuk menyelesaikan misi yang ada di dalamnya.

Sejarah Game Piala Dunia, Tradisi dari Masa ke Masa

2010 FIFA World Cup South Africa

Platform: PS3, Xbox 360, Wii, PSP, iOS

Game ini tampil lebih megah dibandingkan game Piala Dunia empat tahun sebelumnya, dengan menampilkan 199 negara dan 55 misi baru dalam mode Scenario yang bisa dimainkan. Versi 2010 ini juga menyertakan satu metode kontrol baru dengan hanya menggunakan dua tombol untuk membuat game ini lebih “ramah” bagi pemain yang baru memainkan seri FIFA.

Sejarah Game Piala Dunia, Tradisi dari Masa ke Masa

2014 FIFA World Cup Brazil

Platform: PS3, Xbox 360

Dan akhirnya, pada bulan April kemarin EA merilis 2014 FIFA World Cup untuk menyambut kembalinya World Cup di negeri Samba, Brazil. Menampilkan total 203 tim nasional dari seluruh dunia, mode Road to the FIFA World Cup dengan kampanye kualifikasi penuh, dan sebuah mode online Road to Rio de Janeiro, game ini menjadi salah satu pilihan menarik bagi para penggemar sepak bola yang masih setia dengan konsol last gen mereka. Ada yang sudah memainkannya?

[Sumber: CVG]

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU