Aturan Unik Masing-Masing Negara Selama Piala Dunia 2014, dari Game Sampai Jersey

Selama Piala Dunia 2014 ini akan banyak hal yang terjadi dan setiap negara pastinya ingin yang terbaik terjadi pada timnya. Maka dari itu, banyak aturan yang mereka buat sebelum masuk ke dalam tournament empat tahunan ini. Tapi apakah aturan yang tidak berkaitan langsung dengan teknis sepak bola akan efektif?

Aturan Unik Masing-Masing Negara Selama Piala Dunia 2014, dari Game Sampai Jersey

Aturan Unik Masing-Masing Negara Selama Piala Dunia 2014, dari Game Sampai Jersey

Puas dengan hasil-hasil yang terjadi di beberapa pertandingan awal Piala Dunia 2014 kali ini? Mudah-mudahan saja tim  yang didukung mendapatkan hasil yang maksimal. Bagus atau tidaknya hasil yang didapat, mungkin ada kaitannya dengan beberapa kebiasaan yang dilakukan para pemainnya, atau aturang yang diterapkan manajemen tim.

Berikut ini ada beberapa hal unik yang dilakukan tim dan pemain itu sendiri dalam menghadapi Piala Dunia kali ini. Dan percaya atau tidak, hal ini bahkan tidak secara langsung berkaitan dengan sepak bola secara teknis.

Aturan Unik Masing-Masing Negara Selama Piala Dunia 2014, dari Game Sampai JerseyXbox One-Antoine Griezmann

Salah satu penampakan yang cukup mengejutkan adalah ketika di bandara sebelum Timnas Perancis terbang ke Brazil. Salah satu pemainnya, Antoine Griezmann terlihat menenteng seperangkat Xbox One ke dalam pesawatnya. Aneh memang, bagaimana mungkin dalam tournament penting seperti ini seorang pemain masih sempat bermain game? Apalagi diketahui, pemain 23 tahun ini masuk dalam skuad inti Les Bleus (julukan Timnas Perancis) yang butuh banyak latihan dan istirahat.

Salah satu alasan yang masuk akal adalah Antoine menggunakan Xbox One-nya untuk bermain game sepak bola dan mengetahui kekuatan tim lawan dari situ. Hasilnya? Tidak buruk. Penyerang sayap ini mampu bermain 90 menit dan membantu timnya menang 3-0 atas Honduras di pertandingan pertama.

Aturan Unik Masing-Masing Negara Selama Piala Dunia 2014, dari Game Sampai JerseySocial Media-Rusia dan Italia

Social Media. Pesepakbola pun butuh hal ini. Facebook dan Twitter sudah menjadi hal lazim bagi semua orang, tapi tidak selama piala dunia berlangsung. Fabio Capello dengan tegas mengatakan tim asuhannya (Rusia) dilarang menggunakan Facebook dan Twitter selama piala dunia. Alasannya tidak terlalu jelas, Capello hanya tidak suka orang-orang terus mempublikasikan segala sesuatu di Twitter.

Berbeda dengan Cesare Prandelli, pelatih Italia. Meski sama-sama berasal dari Italia, Prandelli mempersilahkan para pemainnya untuk beristeraksi dengan siapa saja di social media. Hal yang sebenarnya lebih baik, karena pemain juga butuh dukungan dari fans. Italia pun menang di pertandingan pertama melawan Inggris, yang menerapkan aturan tidak boleh membahas transfer pemain selama piala dunia, tapi tidak mempermasalahkan pemainnya yang ini bercinta dengan pasangannya.

Aturan Unik Masing-Masing Negara Selama Piala Dunia 2014, dari Game Sampai JerseyBerhubungan Seks-Meksiko

Hal sebaliknya justru terjadi pada tim Sombrero, Meksiko. Pelatihnya, Miguel Herrera memperingatkan pemainnya untuk tidak berhubungan terlebih dahulu selama kejuaraan ini dengan siapa pun. Meski banyak diperdebatkan, Herrera berpendapat berhubungan seks dapat menurunkan fisik pemain. Entah benar atau tidak, yang jelas Meksiko berhasil mematahkan tabu tidak pernah menang melawan tim Afrika selama piala dunia dengan mengalahkan Kamerun di pertandingan pertama kemarin.

Aturan Unik Masing-Masing Negara Selama Piala Dunia 2014, dari Game Sampai JerseyTukar Jersey-Iran

Satu lagi aturan yang kedengarannya cukup aneh adalah para pemain Iran dilarang untuk bertukar jersey dengan lawan setelah pertandingan. Tradisi ini sudah sangat kental dengan sepak bola, apalagi di tournament besar yang tidak setiap tahun dilaksanakan. Presiden Federasi Sepak Bola Iran (FFI), Ali Kafaschian sendiri yang mengatakan kalau pemain harus bersikap ekonomis dan manajemen tidak menyiapkan seragam baru di setiap pertandingannya. Sebuah aturan yang cukup menyedihkan, mengingat sulitnya menembus piala dunia bagi pesepakbola dan tentunya pemain butuh sesuatu untuk dikenang. Patut ditunggu aturan ini benar-benar dijalankan atau tidak pada pertandingan pertama Iran di Piala Dunia 2014 melawan Nigeria besok.

[Sumber: Metro, Supersport, The Moscow Times]

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU