Nasi Tumpeng Presiden, Ketika Capres dan Cawapres Berebut Mendapatkan Nasi Tumpeng!

Seperti yang kami bahas dalam artikel sebelumnya, banyak kegunaan game diluar sebagai media hiburan semata. Salah satunya adalah advergame, yang seringkali digunakan untuk mengiklankan suatu produk, atau bahkan citra seseorang, termasuk pemimpin negara. Menyambut Pemilu Presiden dan Wakil Presiden yang akan diselenggaraka 9 Juli 2014 yang akan datang, semakin banyak developer-developer yang merilis game bertema politik, namun tidak semuanya memiliki muatan kampanye atau “mengiklankan” citra satu sosok tertentu. Salah satunya adalah Madfal Studio, yang justru merilis sebuah game yang bertema politik, namun dikemas dalam cara yang unik dan lucu berjudul Nasi Tumpeng Presiden.

Jika sepanjang Juni dan Juli ini kita disuguhi dengan “pertarungan” calon presiden dan wakil presiden dalam bentuk debat dan pemaparan visi misi, maka dalam Nasi Tumpeng Presiden ini para calon presiden dan wakil presiden bertanding suit untuk memperebutkan tumpeng! Ya, kamu cukup menebak suit mana yang akan digunakan calon presiden favoritmu sambil menunggu lawan untuk memilih suit-nya. Gameplay-nya cukup simpel, namun game ini menyisipkan sedikit elemen edukasi di dalamnya. Jika kamu masih bingung untuk memilih siapa presiden favoritmu dalam Pemilu nanti, kamu bisa membaca visi dan misi mereka yang disediakan pihak pengembang dalam halaman pemilihan capres dan cawapres yang akan digunakan dalam game ini.

Kamu hanya memiliki waktu 3 detik untuk berpikir sebelum menentukan langkah yang kamu ambil. Jatah nasi tumpeng hanya 10 kali suapan, sehingga setelah 10 suapan tersebut, pemain yang mendapatkan suapan terbanyak akan menjadi pemenangnya. Dalam deskripsi resminya, Madfal Studio mengungkapkan bahwa latar belakang pembuatan game ini didasari oleh banyaknya kampanye hitam yang dilakukan para simpatisan masing-masing pasangan capres dan cawapres menjelang Pemilu. Kampanye hitam ini banyak berisi fitnah, saling menjatuhkan satu sama lain dan berjalan tidak adil. Nah, lewat game Nasi Tumpeng Presiden ini, Madfal Studio berpesan bahwa kampanye hitam ini harus dihilangkan dan bisa diganti dengan kampanye yang bersifat menghibur dan positif seperti yang mereka lakukan dalam game ini.

Game ini tersedia untuk dua platform berbeda, PC dan Android yang keduanya bisa kamu dapatkan secara gratis. Untuk versi PC, kamu bisa men-download-nya di sini, dan untuk Android kamu bisa dapatkan melalui Google Play Store di sini. Ayo kita galakkan kampanye yang positif dan menghibur!


SHARE
Previous articleSemaraknya Puncak Acara Q Challenge, dengan Segudang Hadiahnya
Next articleKerajaan Masa Silam Indonesia Jadi Tempat Baru Atlantica Online
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.