E3 2014: Mario vs. Donkey Kong Wii U Hadir Sebagai Demo Nintendo Web Framework

Mario-vs-Donkey-Kong-1

Nintendo pertama kali merilis game puzzle Mario vs. Donkey Kong, serial game yang menjadi bagian dari keseluruhan franchise Mario dan Donkey Kong untuk GameBoy Advance pada tahun 2004 lalu. Game tersebut menandai kembalinya rivalitas Donkey Kong dan Pauline degan Mario. Memang tidak seperti game Donkey Kong klasik yang kita kenal, karena di sini konsepnya berkisar antara kombinasi gameplay platformer dan puzzle, menantang Mario menemukan kunci dan mencapai pintu terkunci, untuk menyelamatkan Mario kecil.

Mario-vs-Donkey-Kong-2

Seri terakhirnya (game kelima), Mario and Donkey Kong: Minis on the Move, seperti sebelumnya, dirilis Nintendo khusus untuk 3DS, melalui Nintendo eShop pada 9 Mei 2013 lalu. Game tersebut menambah keyakinan kita jika Nintendo hanya mau merilisnya untuk handheld saja. Namun selama event Game Developers Conference 2014 Maret lalu, Nintendo memberi petunjuk seri baru Mario vs. Donkey Kong akan dikembangkan untuk Wii U, karena didemokan selama event tersebut.

Mario-vs-Donkey-Kong-3

Berlanjut selma E3 2014 ini, Nintendo resmi mengkonfirmasikannya, dan benar, untuk Wii U. Game tersebut juga menjadi demo real untuk menunjukkan kebolehan Nintendo Web Framework, development kit yang dikembangkan Nintendo dan didemokan selama GDC 2014 lalu, yang bebasis teknologi WebKit dan bisa digunakan developer untuk mempermudah mereka mengembangkan game untuk Wii U melalui banyak bahasa pemrograman, termasuk HTML5, JavaScript, dan CSS.

Mario-vs-Donkey-Kong-4

Seperti Mario vs. Donkey Kong (judul sementara) sebelumnya, tujuan game ini adalah menuntun wind-up toy berwujud Mini Mario ke pintu keluar, menciptakan jalan dengan cara kita menempatkan platform dan obyek pijakan lainnya yang bisa berinteraksi dengannya dan setting dalam game, melalui Wii U GamePad. Jadi intinya bukan mengendalikan mainan tersebut, kita malah ditugasi memanipulasi lingkungan dimana dia akan berjalan. Untuk itu, kamu dibekali stylush, mengarahkannya menghindari jebakan dan rintangan lainnya. Menariknya, kamu juga bisa membuat levelmu sendiri karena ada editor level yang bisa dibagikan melalui Miiverse, sehingga dicapai mode membuat level tanpa batas.

Mario-vs-Donkey-Kong-5

Nintendo bakal menerapka mata uang berbasis star yang bisa digunakan untuk membuka komponen untuk mendukung aktivitas editor, atau juga membuka figurine seperti Luigi. Interaksi dengan pemain lain juga dimungkinkan dengan cara memberikan tips pada pembuat stage yang dipajang di Miiverse. Komentar juga bisa diberikan pada level yang bisa diunduh, jika sewaktu-waktu ada pemain lain yang kesulitan dan mencari solusi, atau komentar tersebut bisa sekadar memberi saran ke pemain lain jika level yang mereka buka saat ini cukup worth dimainkan.

Belum ada kepastian kapan game yang mengandalkan aspek editor dan fungsi share ini hadir di eShop-nya Nintendo, hanya diberikan tahun 2015 kapan kita bisa berharap kehadirannya.

Wii U – Mario vs. Donkey Kong E3 2014 Announcement Trailer

E3 2014: Mario vs. Donkey Kong Wii U Hadir Sebagai Demo Nintendo Web Framework

Nintendo sebelumnya selalu merilis game puzzle Mario vs. Donkey Kong untuk handheld. Dan kini untuk pertama kalinya, sekuel barunya akan hadir untuk Wii U dengan fitur utama kebebasan mengedit level.

Abaikan


SHARE
Previous articleProgram Jepang Bebaskan Visa Bagi Para WNI Menjadi Kenyataan!
Next articleIkuti Perkembangan Piala Dunia 2014 Demi Medali di Lost Saga
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.