Ikuti Kisah Suka Duka Developer Game Lewat Manga dari Touchten Games!

Selama ini kita mengenal Touchten Games sebagai salah satu developer game papan atas di Indonesia lewat berbagai macam karyanya. Sebut saja mulai dari Sushi Chain, Train Legend, Teka Teki Saku, hingga yang terakhir Jumpin’ Apeach yang dikembangkan bekerja sama dengan KakaoTalk. Kali ini, developer yang berbasis di Jakarta ini mengajak kita untuk mengenal seperti apa “kerasnya” dunia pengembangan game lewat cara yang lebih menarik, melalui Manga!

“Manga ini dimulai sebagai salah satu impian saya. Saya memang memiliki impian untuk bisa membuat komik yang menceritakan “suka duka” industri game terutama industri game di tanah air. Dan semoga saja dengan adanya komik ini, pembaca bisa mengerti proses pembuatan suatu game dari konsep ke produksi dan tentunya memiliki nilai edukasi yang bermanfaat bagi para pembacanya,” ungkap Ronald Widjaja, Game Producer dari Touchten Games sekaligus penulis dari Manga ini. “Kami mencoba mengkombinasi antara fiksi dan kisah nyata. Di satu sisi, kami ingin menceritakan soal “bagaimana sebuah game dibuat” dan di satu sisi lagi, kami ingin memperkenalkan siapa itu Touchten dengan adanya komik ini. Tapi memang disini bisa dibilang lebih berat ke fiksi karena banyak yang kami “exaggerate” dengan tujuan menyampaikan point humor-nya disini,” papar Ronald mengenai inspirasi dari kisah-kisah di komik ini.

Manga pertama yang dirilis Touchten berjudul Ten Ten’s Rocket sudah mulai dipublikasikan di website resminya. Selain Ronald, Manga ini juga dikerjakan oleh Community Manager dari Touchten, Sarah Johana yang bertindak sebagai artist-nya. Rencananya, komik ini bakal dirilis satu chapter tiap bulannya. “Namun dikarenakan saat ini, project komik berjalan berbarengan dengan project-project lainnya maka 1 chapter (sekitar 20 halaman) dibagi ke 2 bagian dalam 1 bulan. Jadi 1 bulan 1/2 chapter (sekitar 10-an halaman), tapi diharapkan kedepannya komik ini bisa rilis teratur 1 bulan 1 chapter,” lanjut Ronald.

Penasaran dengan Manga-nya? Simak di bawah ini!

Page 1
Page 1
Page 2
Page 2
Page 3
Page 3
Page 4
Page 4
Page 5
Page 5
Page 6
Page 6
Page 7
Page 7
Page 8
Page 8
Page 9
Page 9
Page 10
Page 10

Lebih lanjut, Ronald juga mengungkapkan bahwa Manga ini dibuat dengan tujuan edukasi, sekaligus untuk meramaikan blog resmi mereka. “Namun kedepannya jika ada publisher komik lokal atau luar yang tertarik dengan project ini then ya siapa tau, komik ini bisa di-publish ke masyarakat luas dalam bentuk buku komik. Hehehe. :),” gurau Ronald.

Tidak sabar dengan kelanjutan nasib Ten Ten berikutnya? Tunggu kelanjutannya di Duniaku.net ya!


SHARE
Previous articleAngel Love Online Menghadirkan Promo Terbaru “Limited Sakura Lucky Bag”
Next articleProgram Jepang Bebaskan Visa Bagi Para WNI Menjadi Kenyataan!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.