PewDiePie Dapatkan “Gaji” Rp 40 Miliar Pertahun dari Bermain Game!

PewDiePie

Ketika saya menyebutkan nama Felix Kjellberg, mungkin banyak diantara kalian yang mengernyitkan dahi dan bertanya, siapa dia? Namun, ketika saya menyebutkan nama PewDiePie, pasti kalian sudah tidak asing dengan reviewer kocak dari Swedia ini. Ya, nama PewDiePie yang lebih dikenal dibanding nama aslinya ini merupakan salah satu “superstar” di ranah YouTube, dimana videonya saat memainkan game selalu mendapatkan jutaan kali view di situs tersebut. Popularitas yang tinggi ini tentunya sebanding dengan jumlah uang yang dia kantongi setiap tahunnya. Namun tahukah kamu berapa “gaji” yang dia terima per tahunnya?

Dikutip dari wawancaranya dengan Wall Street Journal, hanya memainkan game, me-review, dan meng-upload video review tersebut di YouTube, PewDiePie dikabarkan mengantongi uang rata-rata US $4 Juta (lebih dari Rp 40 Miliar) setiap tahunnya! Sebagian besar, pendapatan tersebut diterimanya dari iklan yang muncul di videonya yang rata-rata mendapatkan jutaan viewer. “Sangat keren saat memiliki pengaruh seperti ini, namun di saat yang sama juga menakutkan,” ungkap Kjellberg dikutip dari wawancaranya. “Saya menjadi bagian sentral dari YouTube sekarang, dan mendapatkan banyak pertanyaan seperti ‘mengapa dia sangat tenar?’,” lanjutnya.

PewDiePie Dapatkan “Gaji” Rp 40 Miliar Pertahun dari Bermain Game!

Hanya me-review game, merekam videonya dan mengunggahnya di YouTube, Felix "PewDiePie" Kjellberg ternyata mengantongi lebih dari Rp 40 Miliar setiap tahunnya!

Abaikan

PewDiePie juga sedikit menganalisa mengapa dirinya begitu populer di dunia maya. “Tidak seperti banyak produksi profesional lainnya, saya merasa telah membangun kontak yang lebih dekat dengan para penonton, menghilangkan jarak antara penonton dengan apa yang terjadi di layar,” ungkapnya. Selain itu, dirinya juga mengungkapkan alasan dibalik penggunaan nama PewDiePie sebagai channel-nya, yang akhirnya membuat dirinya sangat populer ini. Awalnya, dia menggunakan nama PewDie sebagai nama channel-nya, “Pew” terinspirasi dari suara yang dikeluarkan oleh senapan laser, dan “Die” artinya tewas. Namun karena dia lupa dengan password akun tersebut, akhirnya dia menambahkan nama “Pie” di belakangnya seperti yang kita kenal sekarang.

PewDiePie menjadi orang dengan jumlah penonton terbanyak dalam paruh kedua tahun 2013 lalu. Sebelumnya, studio tempat PewDiePie bernaung, Maker Studio juga diakuisisi oleh Disney pada tahun 2012 dengan angka yang cukup fantastis, US $500 juta. Bagaimana nih Citizen, ada yang tertarik untuk mengikuti jejak Felix Kjellberg alias PewDiePie ini?

[Sumber: CVG/WSJ]


SHARE
Previous articleE3 2014: Bumi Ditinggalkan Dalam Xenoblade Chronicles X, Manusia Pun Mulai Bangun Koloni Angkasa
Next articleHappy Meal McDonald’s Super Mario Berlanjut ke Mario Kart!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.