Artoncode Indonesia, Bersama Emtek Group Siap Wujudkan Platform Lintas Animasi-Game!

Artoncode Indonesia saat mengikuti Indie Prize Casual Connect Asia 2014 lalu
Artoncode Indonesia saat mengikuti Indie Prize Casual Connect Asia 2014 lalu

Satu lagi developer game Indonesia yang membuat gebrakan baru. Kali ini adalah Artoncode Indonesia, yang beberapa bulan lalu meluncurkan satu game kasual Faunia Paw bekerja sama dengan Lyto Mobi. Kali ini, Artoncode Indonesia ingin lebih memperluas kreatifitas dan pasar mereka dengan menggandeng Emtek Group. Emtek Group sendiri merupakan salah satu induk perusahaan media terbesar di Indonesia, yang membawahi beberapa stasiun televisi seperti SCTV, O Channel dan siaran televisi kabel Nex Media.

Kerja sama antara Artoncode dan Emtek Group ini adalah dalam hal investasi, dimana Emtek Group sudah memulai investasi awalnya kepada Artoncode Indonesia dalam jumlah yang tidak disebutkan. Dengan beberapa channel televisi yang dimiliki, Emtek sendiri memiliki cakupan pemirsa yang sangat luas di Indonesia, dan investasi kepada Artoncode ini adalah langkah awal mereka untuk merambah dunia game. Artoncode merupakan salah satu developer yang bisa dibilang masih muda di Indonesia, namun sudah mendapatkan beberapa penghargaan seperti gelar Game Developers Award 2013 yang berujung kepada kerja sama dengan Lyto Mobi untuk mempublikasikan Faunia Paw.

cover-fauniapaw0

Menanggapi kerja sama dan investasi ini, Duniaku mendapatkan kesempatan untuk mewawancarai Indra Gunawan, CEO dari Artoncode Indonesia. Kepada Duniaku, Indra mengungkapkan kisah dibalik kerja sama ini, dan juga harapan Artoncode untuk mewujudkan mimpi mereka membangun platform lintas animasi dan game (cross gaming-animation platform) bersama Emtek. Simak wawancaranya berikut ini!

Duniaku (D): Bisa ceritakan sedikit, bagaimana awal mula kerja samanya antara Artoncode dengan Emtek Group?

Indra Gunawan (IG): Emtek sedang mau memperkaya digital content perusahaannya. Gaming adalah salah satunya. Setelah beberapa kali pertemuan, kita merasa mempunyai visi dan misi yang sama.

Visi kami adalah untuk menjadi game dan IP (Intelectual Property) developer terdepan di Indonesia dan manca negara. Misi kami adalah untuk membangun dan melestarikan IP-IP  lokal, dan menciptakan ekosistem yang sehat untuk gaming industry di Indonesia.

D: Apa sih harapan terbesar Artoncode dengan menggandeng Emtek?

IG: Emtek adalah salah satu perusahaan media terbesar di Indonesia dengan jumlah komunitas yang sangat besar. Dengan Emtek, kami berharap Artoncode bisa mendapatkan exposure yang lebih besar di Indonesia dan mancanegara. Selain itu, Emtek sendiri mempunyai network yang sangat besar, memudahkan kami untuk berkreasi dan berbisnis.

D: Apa saja bentuk kerja sama yang sudah dan akan dilakukan antara Artoncode dengan Emtek?

IG: Kami merencanakan untuk merilis beberapa games tahun ini, dengan IP yang kita buat sendiri. Emtek akan mendukung dan memfasilitasikan proses development game-game tersebut.

D: Dengan kerja sama ini, apakah Artoncode ingin menjamah bidang lain selain game? Ke bidang animasi atau film mungkin? 

IG: Betul sekali. Salah satu Goal kami adalah menciptakan cross gaming-animation platform. Kita ingin menciptakan animasi dan film yang juga memiliki gamenya. Banyak sekali perpaduan animasi-game yang sukses di dunia, seperti yang dilakukan oleh Warner Bros, Bandai, dll.

D: Apa langkah yang paling dekat yang akan dilakukan oleh Artoncode setelah mendapatkan invest dari Emtek?

IG: Kita akan membangun Artoncode menjadi perusahaan yang lebih baik dari segi talenta, fasilitas, strategi dan kualitas produk.

D: Artoncode sendiri saat ini tengah sibuk mengembangkan game apa pasca merilis Faunia Paw?

IG: Saat ini kami akan merilis kembali Melodi dengan nama Harmoni! Kami juga sedang bekerja sama dengan Vandaria untuk membangun IP-nya dan membuat Vandaria eksis tidak hanya di dunia novel, tapi di animasi dan games juga.

D:  Kapan nih rencana perilisan Harmoni?

IG: Kami merencanakan bulan ini akan bisa dirilis.

D: Terima kasih buat kesempatannya. Sukses terus buat Artoncode Indonesia dan ditunggu juga karya-karyanya!

IG: Terima kasih juga!