Kualitas GTA V Versi Xbox One, PS4 dan PC Ternyata Membuat Hideo Kojima Sedih

duniaku-kojima-1

Menjadi sebuah kepuasan bagi developer apabila bisa menghasilkan sebuah game yang tampil sangat baik, dan laris di pasaran. Termasuk Rockstar, yang saat ini tentunya sudah menikmati hasil dari jerih payah mereka setelah merilis Grand Theft Auto (GTA) V September 2013 lalu di PS3 dan Xbox 360. Namun mereka tidak berpuas diri, dan melalui E3 2014 lalu mereka mengumumkan bakal merilis versi PS4, Xbox One dan PC dari game tersebut. Trailer perdana sudah dirilis, dan banyak gamer menyambut dengan gembira rencana Rockstar. Namun tidak demikian dengan Hideo Kojima, yang justru sedih setelah melihat kecantikan grafis dari GTA V versi current gen tersebut. Ada apa?

Saat wawancara dengan CVG, Hideo Kojima rupanya terharu dengan bagaimana Rockstar bisa memberikan standar visual yang tinggi dalam game tersebut. Kojima sendiri saat ini tengah sibuk menyiapkan Metal Gear Solid (MGS) V: The Phantom Pain, yang berkali-kali harus diakuinya bukan kompetitor yang sebanding bagi GTA V. “Sedikit berbeda, karena Rockstar mengambil jalur yang sangat berbeda dengan apa yang saya coba untuk buat dalam The Phantom Pain,” ungkap Kojima dalam wawancara tersebut.

hideo kojima serial mgs

Kualitas GTA V Versi Xbox One, PS4 dan PC Ternyata Membuat Hideo Kojima Sedih

Kojima kembali menunjukkan kekagumannya terhadap GTA V. Kali ini, bahkan dia mengaku sedih saat melihat trailer versi PS4 dari game tersebut. Ada apa?

Abaikan

Kojima juga mengungkapkan, bahwa Rockstar sudah memberikan standar yang tinggi pula untuk game open world. “Ketika kami mengatakan bahwa kami tengah mengerjakan sebuah game open world, banyak yang beranggapan bahwa kami ingin coba membuat sama dengan apa yang mereka (Rockstar) kerjakan. Tetapi game ini sangat berbeda. Kami mencoba untuk membuat sebuah game free-infiltration,” ungkapnya.

Di beberapa bagian wawancara, lagi-lagi Kojima sangat kagum dengan apa yang coba dilakukan Rockstar dengan versi PS4, Xbox One dan PC dari GTA V. “Apa yang Rockstar sudah buat dan dunia yang sudah mereka ciptakan sangat impresif. Dan sejujurnya, ketika saya melihat versi PS4 dari GTA V beberapa hari lalu, saya merasa sedih kembali. Ini bukan hal mengenai game design, ini hanyalah perasaan saya. Kualitas yang mereka tunjukkan dalam trailer versi PS4 sangat-sangat impresif,” lanjutnya.

Jangan sedih Kojima.. Trailer The Phantom Pain juga tidak kalah keren kok. Kita juga yakin, The Phantom Pain juga bakal menjadi game yang hebat. Bener kan Citizen? :D

[Sumber: CVG/GI]