E3 2014: Super Smash Bros. Dapatkan Tiga Karakter Baru, Versi 3DS Dirilis Lebih Awal

Super-Smash-Bros.-2

Super Smash Bros. for Nintendo 3DS dan Super Smash Bros. for Wii U sepertinya akan menjadi game yang paling diunggulkan oleh Nintendo untuk menjaring gamer memainkan Wii U dan 3DS. Meskipun kehadirannya sangat ditunggu, namun ternyata pengembangannya pun juga tidak bisa secepat harapan penggemarnya. Apalagi selama E3 2014 kemarin, Nintendo juga memastikan jika game ini menjadi salah satu yang mendukung Amiibo, sehingga menjadikannya sebagai Super Smash Bros. pertama yang memugkinkan transfer konten yang dikembangkan gamer (dalam bentuk statistik karakter yang datanya disimpan dalam figurine Amiibo) antara versi Wii U dan 3DS.

Super-Smash-Bros.-3

Game ini pertama kali diungkapkan melalui E3 2011 silam, dan dikembangkan oleh Sora Ltd. dan Bandai Namco Games untuk Nintendo 3DS dan Wii U. Keduanya mewakili seri keempat dan kelima dari keseluruhan serial Super Smash Bros., yang merupakan game 3D fighting yang mengadu karakter dari banyak franchise Nintendo saling bertarung. Versi 3DS-nya bakal dirilis di Jepang 13 September nanti, dan menyusul versi Amerika Utara dan Eropa pada 3 Oktober 2014. Sedangkan untuk versi Wii U, sejauh ini belum diketahui tanggal pastinya, hanya akhir tahun 2014 ini saja disebutkan perilisannya.

Selama E3 2014 kemarin, Nintendo menjadikan game ini sebagai andalan mereka. Tidak heran, mereka menggelar turnamen khusus di lokasi yang sama mereka juga meggelar media briefing di NOKIA Theater. Dan mereka yang dapat ke turnamen ini dengan berdandan ala karakter Super Smash Bros., dipastikan mendapatkan tempat duduk di kursi terdepan, dan dengan mudah melihat ke-16 player peserta turnamen lebih awal mendapat kesempatan mencoba game ini.

Super-Smash-Bros.-4

Bersamaan dengan turnamen tersebut, Nintendo juga mengungkapkan jika game ini bisa dimainkan dengan kontroler GameCube (memerlukan adapter khusus yang dijual mulai akhir tahun ini seharga US $10), yang jelas memberi feedback yang jauh lebih baik dibandingkan GamePad atau kombinasi Wii-mote Nunchuk. Nintendo juga mengungkapkan item baru menjelang E3 kemarin, berupa senjata Boomerang, yang seperti kita ketahui bersama, akan kembali pada karakter setelah dilemparkan. Dan jika karakter berhasil menangkapnya, maka kekuatan serangannya akan terus bertambah dari setiap lemparan — itu jika musuh tidak menangkap boomerang tersebut selama dilemparkan.

Super-Smash-Bros.-5

Beberapa update yang diberikan Nintendo berhubugan dengan E3 2014 antara lain karakter Ike dari serial Fire Emblem. Dia diadaptasi dari gaya visualnya selama dalam Fire Emblem: Radiant Dawn. Senjatanya yang berupa pedang juga disebutkan mampu menghasilkan damage yang tinggi, selain dia juga bisa menggunakan combat skill yang sangat kuat, yaitu Aether.

Super-Smash-Bros.-6

Selain Ike, kamu juga bisa memainkan Mii, avatarmu dalam Miiverse-nya Nintendo. Mereka bisa dipilih dalam tiga wujud, Brawler, Swordfighter dan Gunner. Setiap tipe bisa memilih hingga empat gerakan spesial, dari 12 opsi. Totalnya ada 36 gerakan spesial Mii yang bisa kalian coba melalui Mii Fighter tersebut.

Super-Smash-Bros.-7

Para Mii juga bisa menggunakan senjata. Beberapa yang sudah diungkapkan adalah Shurikens of Light, Chakram, dan Gale Strike yang akan digunakan oleh Mii Swordfighter. Kamu bisa mengendalikan arag gerakan Chakram ketika dilemparkan, atau bahkan membuat gerakannya melambar di udara. Chakram juga bisa digunakan bersamaan dengan item lainnya.

Super-Smash-Bros.-8

Karakter lainnya yang diumumkan selama E3 2014 adalah Palutena, Dewi Cahaya dari serial game Kid Icarus. Dan seperti yang sudah diduga sebelumnya, Pac-Man akhirnya diungkapkan sebagai karakter playable dalam Super Smash Bros.for Nintendo 3DS dan Wii U.

Super-Smash-Bros.-9

Berbeda dengan kemampuan standar yang kita kenal, di sini dia seakan menjadi pemadam kebakaran, bisa membuat fire hydrant yang menembakkan air. Dia bisa berubah menjadi kabinet arcade untuk menyerang, sekaligus membesar ukurannya dan memakan segalanya. Pac-Man juga datang dengan special move yag disebut Bonus Fruit. Seiring kalian men-charge gerakan tersebut, bonusnya bakal berubah, dan semuanya memiliki karakteristik dan pola gerakan khusus ketika dilemparkan.

Super-Smash-Bros.-10

Konfirmasi tersebut menjadikan Super Smash Bros. terbaru ini makin lengkap dengan 33 karakter playable. Selain para veteran game sebelumnya, termasuk kembalinya karakter third-party Sonic the Hedgehog, ada sembilan karakter baru yang sudah diumumkan di sini: Mega Man, Wii Fit Trainers, Villager, Rosalina, Little Mac, Greninja, Mii Fighters, Palutena, dan Pac-Man. Karakter yang sebelumnya memiliki wujud perubahan di tengah game, yaitu Zelda dan Sheik, kini mereka tampil secara terpisah.

Super-Smash-Bros.-11

Selain karakter, melalui presentasi selama E3 2014, Nintendo juga menyebutkan sistem lain dalam Super Smash Bros. baru ini. Di sini kamu bisa mengkustomisasi gerakan karakter, dengan cara mengatur gaya bertarung mereka. Setiap karakter memiliki empat serangan spesial, yaitu Up, Down, Side dan Standard. Kini menurut Nintendo, ada tiga gerakan lainnya untuk setiap kategori tersebut. Misalnya, Mario bisa memilih Fireball, Fast Fireball atau Fire Orb. Opsi kustomisasi tersebut hanya bisa dilakukan ketika kalian bertarung dengan teman — jadi bukan untuk permainan online.

Super-Smash-Bros.-12

Kustomisasi kedua adalah pada equipment. Kamu bisa mendapatkan item yang bisa dikenakan selama memainkan versi Wii U dan Nintendo 3DS-nya, yang kemudian bisa dipasangkan ke karakter. Kamu bisa mudah mendapatkan item tersebut dengan memainkan mode Smash Run. Jadi tinggal mainkan saja di 3DS game ini, dan setelah karakter makin lengkap equipment-nya, tinggal ditransfer ke Wii U. Setiap karakter bisa mengenakan tiga jenis gear. Misalnya, Mario bisa mengenakan High-Power Gloves, yang mampu meningkatkan serangannya namun memperlambat gerakannya. 

Super-Smash-Bros.-13

Kemudian untuk mini-game, dalam Super Smash Bros. baru ini akan mendapatkan mini-game baru yang disebut “Trophy Rush.” Sayangnya, detail mini-game tersebut masih dangkal. Mini-game lain yang kembali adalah mini-game Home-run Contest, yang bakal kalian temui pada versi 3DS.

Nintendo 3DS – Super Smash Bros. for 3DS E3 2014 Trailer

E3 2014: Super Smash Bros. Dapatkan Tiga Karakter Baru, Versi 3DS Dirilis Lebih Awal

Super Smash Bros. for Nintendo 3DS dan Super Smash Bros. for Wii U sepertinya akan menjadi game yang paling diunggulkan oleh Nintendo untuk menjaring gamer memainkan Wii U dan 3DS. Berikut info karakter barunya...

Abaikan

Play Nintendo – Super Smash Bros. Roundtable with Masahiro Sakurai

E3 2014: Super Smash Bros. Dapatkan Tiga Karakter Baru, Versi 3DS Dirilis Lebih Awal

Super Smash Bros. for Nintendo 3DS dan Super Smash Bros. for Wii U sepertinya akan menjadi game yang paling diunggulkan oleh Nintendo untuk menjaring gamer memainkan Wii U dan 3DS. Berikut info karakter barunya...

Abaikan


SHARE
Previous articleBerbagai Reaksi Kocak di Internet Menyambut Tersingkirnya Spanyol dari Piala Dunia 2014
Next articleIndahnya Art Cover Novel A Song of Ice and Fire Versi Jepang

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY – yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi “ngoprek” smartphone.